9 Manfaat Pencak Silat Bagi Fisik dan Mental

Pencak silat merupakan jenis olahraga bela diri yang juga termasuk dalam seni bela diri tradisional Indonesia. Pencak sendiri merupakan suatu permainan tari yang didasarkan pada kesigapan dan langkah yang memiliki banyak gaya serta bunga. Sedangkan silat merupakan suatu kepandaian dalam menjaga diri dari serangan-serangan tidak terduga, kepandaian tersebut didasarkan pada kesigapan dan tangkas serta cerdik dalam memperhatikan gerakan dan gerik yang dilakukan oleh lawan. Untuk melakukan pencak silat sendiri diperlukan teknik dasar pencak silat yang harus dikuasai, seperti sikap dasar, gerak dasar, serangan, dan teknik dasar pembelaan.

Olahraga pencak silat sendiri memang dikategorikan sebagai suatu seni karena memiliki keselarasan dan keseimbangan antar wirama, wirasa, dan wiraga, atau keserasian dalam irama. Selain itu, didalam olahraga pencak silat juga terdapat unsur bela diri, budi pekerti, serta pembentukan sikap. Oleh sebab itu, pencak silat memiliki manfaat yang sangat beragam bagi. Salah satu manfaat pencak silat dapat diambil dari gerakan-gerakan olah tubuh dalam melakukannya yang bermanfaat dalam memelihara kesehatan serta kesegaran jasmani dan rohani. Selain itu manfaat pencak silat juga didapat dari keharusan adanya kepribadian yang kuat dan semangat kebangsaan yang berguna dalam pembentukan manusia pembangunan.

Berikut ini ada beberapa manfaat pencak silat secara umum sebagai suatu seni bela diri:

  • Baik Bagi Tubuh – Pencak silat sebagai suatu seni bela diri bermanfaat dalam peningkatan stamina, otot, fleksibelitas, keseimbangan tubuh, hingga kekuatan tubuh. Hal ini disebabkan karena senin bela diri pencak silat sendiri memerlukan suatu latihan tinggi aerobik, dimana didalamnya pasti menggunakan setiap kelompok otot dalam tubuh.
  • Peningkatan Massa Otot – Pencak silat juga dapat menambah massa otot, karena biasanya seluruh olahraga seni bela diri memerlukan latihan yang keras dan menggunakan kekuatan otot dan tubuh yang tinggi. Oleh sebab itu pencak silat juga bermanfaat dalam peningkatan massa otot, dimana semakin tinggi massa otot maka semakin tinggi pula sistem metabolisme tubuh. Ketika sistem metabolisme tubuh tinggi maka banyak kalori yang akan terbakar setiap harinya, kondisi tersebut dapat bermanfaat dalam mencegah obesitas atau kelebihan berat badan.
  • Penurunan Berat Badan – Seperti hal nya dengan peningkatan massa otot yang dapat mengurangi kalori, pencak silat dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan dalam setiap sesi satu jam latihan dengan intensitas sedang, pencak silat dapat membakar hingga 500 kalori. Oleh sebab itu, pencak silat juga efektif untuk menurunkan berat badan.
  • Peningkatan Kesehatan Jantung – Seni bela diri dipercaya mampu meningkatkan sistem kardiovaskular dalam tubuh karena gerakan atau kegiatannya dapat menekankan jantung, termasuk juga seni bela diri pencak silat. Oleh sebab itu, pencak silat juga bermanfaat dalam peningkatan kesehatan jantung.
  • Membantu Gaya Hidup Sehat – Selain yang berhubungan dengan kesehatan dalam tubuh, pencak silat juga bermanfaat dalam membantu pembentukan gaya hidup sehat. Hal ini disebabkan karena pencak silat menggunakan seluruh kekuatan tubuh, dan banyak kalori jahat akan terbakar serta sistem metabolisme tubuh juga akan terpengaruh menjadi lebih baik, seperti tubuh sering berkeringat. Selain itu, dengan mengikuti pelatihan pencak silat maka pola makan juga akan menjadi teratur, ditambah lagi dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang lebih sehat dan dapat menambah stamina tubuh.
  • Peningkatan Percaya Diri – Manfaat pencak silat juga dapat dilihat dari kepercayaan diri yang meningkat bagi para peserta nya. Bukan hanya manfaat fisik yang didapat dari pencak silat, namun juga ada manfaat mental bahkan spiritual karena pencak silat memang digunakan sebagai suatu sarana untuk melatih kepercayaan diri dan kecerdasan anak secara menyeluruh. Kondisi tersebut didukung juga dengan tuntutan para peserta pencak silat untuk bisa yakin terhadap diri sendiri dalam setiap gerakan dan serangan yang dilakukan.
  • Peningkatan Refleks Tubuh – Pencak silat juga ternyata dapat meningkatkan refleks tubuh atau meningkatkan reaksi tubuh terhadap berbagai macam hal lebih cepat. Peningkatan refleks tubuh juga bermanfaat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, seperti saat mengemudi.
  • Peningkatan fokus – Dalam melakukan olahraga pencak silat memang dibutuhkan fokus dan ketenangan yang tinggi, oleh sebab itu pencak silat bermanfaat dalam peningkatan fokus bagi seseorang. Selain itu, dalam berlatih pencak silat juga akan diajarkan apa itu menjadi diam, menantang, dan terfokus.
  • Peningkatan Moral dan Nilai – Manfaat pencak selat yang terakhir secara umum adalah sebagai suatu sarana dalam peningkatan moral dan nilai dalam diri seseorang. Hal ini disebabkan karena dalam pencak silat diajarkan mengenai kebijaksanaan dan sikap saling menghargai dan menerima satu sama lain, terutama bagaimana keputusan diambil oleh lawan. Oleh sebab itu peningkatan moral dan nilai sosial dapat didapatkan lewat seni bela diri pencak silat ini.

Itulah beberapa manfaat pencak silat secara umum sebagai suatu olahraga seni bela diri. Selain pencak silat, ada pula beberapa olahraga bela diri yang juga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, seperti teknik dasar taekwondo, teknik dasar muay thai, teknik dasar tinju, dan lain sebagainya. Semoga dapat bermanfaat.