Chelsea Bersiap Mencari Pelatih Baru

sarri
Maurizio Sarri

Setelah kekahalan 0-2 dari Manchester United di Piala FA, Maurizio Sarri mendapat peringatan terakhir dari manajemen Chelsea. Tekanan Sarri semakin besar setelah hubungannya dengan suporter memburuk. Kalau dia tidak bisa mengubah trend negatif Chelsea,  Dia akan menjadi pelatih ke sembilan yang dipecat Chelsea di era Roman Abramovich sejak tahun 2003.

Tekanan Sarri datang tak lepas dari hasil buruk yang diterima, kalah 2-0 dari Bournemouth, kalah 2-0 dari Arsenal dan tentu saja juga karena kalah 6-0 dari Manchester City. Pelatih berumur 60 tahun itu sekarang menghadapi masalah besar karena seminggu ke depan Chelsea harus berhadapan dengan 3 lawan yang berat; Malmo di Liga Eropa, Manchester City dan Tottenham di Premiere League. Masa depannya tergantung hasil yang diperoleh seminggu ke depan.

Lampard, Zidane, atau Allegri

The Blues pun sudah ancang-ancang untuk merekrut pelatih baru. Rumor yang beredar Zinedine Zidane, Frank Lampard dan Massimilliano Allegri siap didatangkan untuk menahkodai Chelsea. Frank Lampard menjadi kandidat paling kuat menggantikan Sarri di Chelsea setelah supporter meneriakkan yel-yel mendukung pelatih Derby County itu menukangi The Blues. Tetapi Frank Lampard sendiri belum begitu berpengalaman sebagai pelatih mengingat musim ini adalah musim pertamanya di Derby County. Reputasinya belum cukup teruji.

Zinedine Zidane

Zinedine Zidane telah membuktikan reputasinya dengan meraih trofi Liga Eropa bersama Real Madrid. Dia juga telah mengatakan bersedia melatih The blues tetapi hanya jika sesuai dengan syarat dan ketentuannya.   Lagipula Zidane adalah pelatih yang idealis sehingga jika tawaran Chelsea tidak cukup mengakomodasi keinginannya, dipastikan dia tidak akan menerima tawaran tersebut.

Kandidat ketiga adalah Max Allegri. Kapabilitasnya menangani klub-klub besar sudah tak diragukan lagi. Tetapi masalahnya, apakah Allegri mau menangani The Blues mengingat kontraknya dengan Juventus masih panjang.

Nasib Sarri

Kontrak Sarri sendiri baru berakhir tahun 2021. Jika dia dipecat, dia akan menjadi pelatih dengan kompensasi termurah yang pernah dibayarkan The Blues karena di dalam kontrak perjanjian, pelatih yang dipecat hanya akan mendapat kompensasi 1 tahun gaji. Kemungkinan besar, asisten pelatih Sarri, Gianfranco Zola akan menjadi caretaker hingga akhir musim ini.