Home » Olahraga A - Z » Bersepeda » Teknik shifting sepeda mtb

Teknik shifting sepeda mtb

by nanda rizky


Pengalaman bersepeda akan menjadi lebih menyenangkan jika para goweser terbiasa mengunakan Teknik Shifting Gear Sepeda mtb mereka. Umumnya pada sepeda gunung buatan pabrik ataupun hasil rakitan dari toko sepeda mempunyai tuas pemindah gigi pada stangnya. Untuk pe-sepeda gunung pemula baiknya luangkan waktu untuk mengenal dan mengatur tuas pemindah gigi, supaya ketika bersepeda dan hendak berlatih teknik pemindah gigi, pe-sepeda tidak mengalami kesulitan dalam mengayuh pedal sepeda gunungnya.


Irama


Alamiahnya, irama bersepeda bisa di ukur dari kenyamanan pe-sepeda ketika mengayuh pedal pada medan yang datar. Tuas pemindah gigi pada sepeda gunung sangat membantu pe-sepeda dalam mengatur irama dengan cara memilih gigi, apakah mengunakan gigi yang lebih tinggi ataupun gigi yang rendah ketika melewati tanjakan ataupun turunan.


Cobalah melatih cincin-rantai dengan mengunakan tuas pemindah gigi ketika bersepeda di medan yang datar. Rasakan perubahan irama bersepeda ketika menaikkan ataupun menurunkan gigi. Cincin-rantai yang besar memberikan kemudahan dalam meningkatkan kecepatan bersepeda tanpa usaha yang keras dari kaki, dan cincin-rantai yang kecil memaksa kaki anda bergerak lebih cepat agar meningkatkan kecepatan bersepeda. Memilih cincin-rantai gigi serta mengunakan tuas pemindah gigi dengan tepat untuk mendapatkan irama bersepeda yang nyaman adalah dasar dari Teknik Shifting Gear pada Sepeda Gunung.


Transisi


Perubahan irama yang yang tajam terjadi ketika awalnya bersepeda pada medan yang datar tiba tiba bertransisi ke medan yang menanjak tanpa merubah gigi, ini akan membuat pe-sepeda mengeluarkan tenaga lebih dalam mengayuh pedal agar bisa mempertahankan kecepatan. Dan begitu pula ketika pe-sepeda melakukan transisi ke medan yang menurun. Perubahan setiap saat bisa terjadi pada medan yang dilalui selama bersepeda, karna itulah dibutuhkan mendalami Teknik Shifting Gear pada Sepeda Gunung, agar bisa bersepeda dengan nyaman di medan manapun.


Teknik Shifting Gear Sepeda Gunung Pada Medan Menanjak


Latihan sebelumnya membuktikan bahwa peningkatan gigi akan membuat pedal sepeda berputar lebih mudah. Untuk menjaga irama bersepeda ketika hendak melalui medan yang menanjak, gunakanlah Teknik Shifting Gear pada Sepeda Gunung sebelum ataupun pada saat baru mendaki, rubah ke gigi rendah dengan cara mempercepat kayuhan pedal. Dan kalaupun pe-sepeda terlambat menukar ke gigi rendah bisa diantisipasi dengan menurunkan satu per-satu gigi belakang tanpa menurunkan kekuatan pada pedal. konsekwensi dari keterlambatan menurunkan gigi sepeda ketika mendaki adalah kecepatan akan menurun dan kayuhan akan terasa lebih berat dan tidak jarang pe-sepeda akan dipaksa untuk menuntun sepedanya.


Teknik Shifting Gear Sepeda Gunung pada Medan Menurun


Persis sama ketika mengendarai mobil ataupun motor balap ketika mencapai puncak tanjakan pengendara akan memindahkan gigi ke yang paling tinggi dan menjaga kestabilan kecepatan ketika menurun dengan menekan rem. Ketika memasuki tikungan lakukan dengan teknik, turunkan gigi dan lepaskan rem. dan gunakan tuas pemindah gigi untuk menaikan gigi saat keluar dari tikungan.


Tips dan Trik Bersepeda di Tanjakan


Bersepeda memang sangat menyenangkan, rute dan trek yang kita tempuh tentunya sangat beragam. Trek yang cenderung flat dan turun tentunya tidak memberikan banyak masalah bagi kebanyakan orang, akan tetapi bagaimana ketika kita menemui trek dengan medan tanjakan yang cukup ekstrim.
Zona sepeda kali ini memberikan tips dan trik untuk mengatasi kesulitan ketika kita bersepeda pada trak tanjakan (climb). Persipan fisik yang matang dan kondisi sepeda yang fit tentunya menjadi hal pokok ketika kita bersepeda dimedan atau trek apapun baik flat trek (mendatar), descent (turunan) dan Climb (tanjakan).


Para penggemar Road bike (sepeda balap) tentunya bersepeda dijalan aspal yang cenderung halus, tidak menuntup kemungkinan para rider MTB juga bersepeda dijalan aspal untuk Cross Country atau keseharian dalam bersepeda baik untuk bekerja, sekolah ataupun sekedar berolahraga (fitness).
Medan aspal lebih cenderung digemari para roadbiker sedangkan medan offroad lebih cenderung untuk rider MTB, tips dan trik apakah yang tepat mengatasi medan tanjakan (climb) baik untuk road biker ataupun rider MTB.
Penyesuaian suspensi, teknik shifting (gigi transmisi), posisi ketinggian seatpost dan posi badan sangat menentukan kenyamanan kita ketika melibas tanjakan.

You may also like