Daftar Pemain Unggulan Yang Angkat Koper Lebih Awal Di Turnamen Singapore Open 2019

Daftar Pemain Unggulan Yang Angkat Koper Lebih Awal Di Turnamen Singapore Open 2019

Beberapa pemain unggulan turnamen Singapore Open harus rela angkat koper lebih awal. Hari kedua turnamen, Rabu (10/04/2019), tercatat ada empat pemain berstatus unggulan yang tidak mampu melanjutkan perjuangannya ke babak selanjutnya.

Sayaka Takahashi, wakil sektor tunggal putri asal Jepang menjadi pemain pertama yang kembali pulang kenegaranya. Sayaka Takahashi harus menyerah kalah dari pemain asal Cina dengan status non unggulan, Li Xuerui. Takahashi, unggulan kedelapan turnamen, kalah dalam dua set langsung dengan skor 21 – 13, 21 – 16. Keduanya hanya melakoni pertandingan selama 37 menit.

Berstatus sebagai pemain unggulan memang tidak menjamin seorang Sayaka dapat lolos dengan mudah. Bertemu dengan Li Xuerui di babak awal semakin menyulitkan langkah Sayaka ke babak selanjutnya. Pasalnya Li Xuerui secara head to head jauh unggul dibandingkan Sayaka. Kemenangan Li Xuerui atas Sayaka di ajang ini menjadikan head to head keduanya 4 – 1 untuk keunggulan Li Xuerui.

Nasib yang sama juga dialami oleh pemain wakil sektor tunggal putra Indonesia, Tommy Sugiarto. Tommy Sugiarto yang saat ini berada di peringkat 14 dunia harus rela dikalahkan wakil Cina, Lu Guangzu, peringkat 19 dunia.

Tommy Sugiarto berstatus pemain unggulan kedelapan turnamen tidak mampu mengungguli permainan sang lawan yang berstatus non unggulan. Walaupun terlihat Tommy cukup membuat repot sang lawan namun pada akhirnya perjuangan Tommy harus terhenti dalam dua set dengan skor 21 – 17, 21 – 18.

Kekalahan Tommy Sugiarto dari Lu Guangzu memperburuk catatan head to head keduanya menjadi 2 – 0 dengan keunggulan untuk Lu Guangzu.

Selain di sektor tunggal putri dan sektor tunggal putra, sektor ganda campuran pun mengalami hal yang sama. Pasangan top dunia peringkat 3, Yuta Watanabe / Arisa Higashino kembali gagal untuk merasakan podium juara setelah dikalahkan pasangan non unggulan asal Malaysia, Tan Kian Meng / Lai Pei Jing.

Yuta / Arisa berjuang keras merebut poin dari pasangan Malaysia. Kedua pasangan ini bermain hingga satu jam lebih enam menit dalam tiga set pertandingan. Sayangnya Yuta / Arisa hingga saat ini memang belum mampu menemukan celah kelemahan pasangan asal Malaysia.

Pertemuan kedua pasangan tersebut di ajang turnamen Singapore Open 2019 ini adalah untuk yang ketiga kalinya. Dan dalam tiga kali pertemuan tersebut, Yuta / Arisa belum pernah sama sekali memetik kemenangan. Head to head mereka tercatat 3 – 0 untuk keunggulan pasangan Malaysia.

Status sebagai unggulan kedua turnamen dan peringkat 3 dunia ternyata belum mampu mematahkan perlawanan pasangan Malaysia yang saat ini bertengger di peringkat 26 dunia.

Masih di sektor ganda campuran, selain pasangan Yuta / Arisa yang harus tersingkir lebih awal, masih ada pasangan unggulan lainnya yang turut mengikuti jejak Yuta / Arisa. Pasangan asal Cina, He Jiting / Du Yue, dengan status unggulan kedelapan turnamen tidak mampu melaju ke babak selanjutnya setelah dikalahkan pasangan non unggulan asal Indonesia, Ronald / Annisa Saufika.

Ajang Singapore Open 2019 menjadi pertemuan kedua mereka. Sebelumnya kedua pasangan tersebut bertemu di ajang Malaysia Open 2018 dimana pertandingan dimenangkan oleh He Jiting / Du Yue.

Ronald / Annisa Saufika berhasil menyamakan kedudukan head to head dengan catatan 1 – 1 setelah memenangkan laga yang berlangsung dalam 3 set dalam waktu kurang dari sejam.