Drama Chelsea masih Berlanjut: 3 Syarat Zidane Dan Ancaman Sanksi FA

Drama Chelsea dengan Maurrizio Sarri belum usai, Chelsea masih harus menunggu waktu yang baik untuk bisa memecat pelatih asal Italia tersebut pasalnya pemecatan pelatih pasti akan mempengaruhi kondisi pemain yang saat ini tengah mengejar gelar di Carabao Cup dan piala FA.

Selain menunggu waktu yang tepat, Chelsea juga ingin memastikan calon pengganti Sarri. Setelah Lampard, Zidane dan Allegri, sekarang muncul lagi nama baru meramaikan drama ini. Steve Holland, Asisten pelatih Gary Southgate di Timnas Inggris disebut-sebut ikut menjadi kandidat pengganti Sarri.

3 Syarat Zidane

Dari semua calon yang disebutkan, nama Zidane yang paling santer diberitakan menjadi kandidat terkuat menggantikan Sarri. Zidane sudah mengungkapkan ketertarikannya melatih The Blues, tetapi dengan mengajukan 3 syarat:

  1. Eden Hazard harus tetap berada di Chelsea dengan kontrak baru.
  2. Dana sebesar 362,5 juta Dollar untuk membangun tim termasuk jika itu harus dengan menjual pemain yang sekarang dimiliki Chelsea.
  3. Rekruitmen melalui  Marina Granovskaia, Direktur The Blues bukanlah pilihan.
Zinedine Zidane

Kabar yang menyebutkan bahwa dana yang diminta Zidane itu akan digunakan untuk membeli Kalidou Koulibaly, Alex Telles, Mauro Icardi dan Isco pada bursa transfer mendatang.

Sanksi FIFA

Untuk ketiga syarat tersebut, Chelsea dikabarkan telah menyanggupi. Tetapi persoalan lain yang tengah dihadapi Chelsea di sini adalah hukuman yang mungkin akan diterima Chelsea dan beberapa klub Liga Inggris mengenai pelanggaran aturan transfer 29 pemain muda. Chelsea sendiri tengah mengajukan banding keberatan dan meminta hukuman ini diundur tahun depan karena akan berdampak pula terhadap rencana kedatangan Zidane ke Stamford Bridge.

Saat ini Chelsea masih diberi kesempatan oleh FIFA untuk memperbaiki situasi ini selama 90 hari dan juga denda sebanyak 460 ribu dollar. Pihak The Blues berargumen bahwa mayoritas pemain yang kontraknya bermasalah tersebut adalah pemain trial di Cobham Academy dan bukan milik klub. Untuk informasi, Cobham Academy adalah akademi sepakbola milik Chelsea.

Bertrand Traore

Sementara itu, bukti kuat yang dimiliki Fifa adalah kasus rekrutan lawas, Bertrand Traore yang secara resmi bergabung dengan klub pada bulan januari 2014 tetapi sebelumnya telah membela klub muda Chelsea beberapa kali ketika umurnya baru menginjak 16 tahun. Selain Traore, masih ada lebih dari 100 kasus yang sedang diselidiki oleh FIFA.

Jika hukuman tetap dijatuhkan, Chelsea terancam tidak bisa mendatangkan pemain baru selama 18 bulan atau 2 transfer window mendatang hingga bulan Januari 2021. Itu artinya, semua syarat yang diajukan Zizou kepada Chelsea tidak dapat dipenuhi. Jika pelatih berdarah Prancis-Aljazair itu tidak mendarat di Stamford Bridge, Juventus siap memboyong mantan pemainnya tersebut ke Turin.