‘Epic Comeback’ Arsenal Favorit Juara Europa League

selebrasi Aubameyang setelah mencatak gol ke gawang Rennes

Kekalahan menyakitkan di kandang Rennes 1 – 3 pada leg pertama babak 16 besar Liga Eropa membuat Arsenal harus menang besar tanpa kebobolan di Emirates Stadium. Beruntung, akhir pekan kemarin tim asuhan Unai Emery berhasil mengalahkan Manchester United 2 – 0 sehingga momentum kemenangan masih terbawa saat laga melawan Rennes.

Unai Emery hanya mengganti 2 pemain dari formasi tim utama yang mengalahkan Man United karena larangan bermain. Petr Cech melapis Bernd Leno dan Shkodran Mustafi menggantikan Sokratis.

Arsenal membutuhkan pelecut semangat untuk membuat banyak gol dan mengalahkan Rennes. Pierre – Emerick Aubameyang menjawab tantangan tersebut dengan golnya pada menit ke – 5 lewat kerjasama apik dengan Aaron Ramsey.

Keunggulan Arsenal bertambah 10 menit berselang berkat lesahan gol Ainsley Maitland – Niles hasil kreasi Aubameyang.

Dengan 2 gol cepat yang masuk ke gawang Tomas Koubek, membuat organisasi permainan Rennes kacau sehingga serangan yang dibuat tak mampu meruntuhkan pertahanan Arsenal.

Untuk mengejar ketinggalan Rennes meningkatkan intensitas serangan balik mereka, namum sayang lini pertahanan Arsenal mersepon dengan solidnya koordinasi 4 bek. Hal ini terlihat dari jumlah offside yang di peroleh Rennes (10), terbanyak musim ini dalam gelaran Liga Eropa.

Aubameyang mengakhiri perlawanan Rennes dengan mencetak gol kemenangan menit ke – 75 yang mengantarnya menjadi Man of the Match pertandingan. Selebrasi kemenangan Aubameyang cukup mencuri perhatian karena mengenakan topeng ‘Black Panther’, superhero multiras Marvel yang terkenal.

Unai Emery melihat permainan anak asuhnya

Setelah pertandingan, Unai Emery mengungkapkan pada media bahwa ia bangga dengan kemenangan ini dan berharap bisa mengikuti Liga Champions musim depan dengan menjuarai Liga Eropa.

Tersingkirnya Inter Milan secara mengejutkan oleh  Eintracht Frankfurt dan Sevilla dikalahkan Slavia Praha, membuat favorit juara Liga Eropa semakin mengerucut.

Dengan menyisakan Chelsea, Valencia, Napoli, Arsenal, Villareal, Benfica dan 2 nama sebelumnya, Arsenal menjadi kandidat terkuat juara Liga Eropa karena kemampuan sang pelatih. Unai Emery sudah memenangi 3 gelar Liga Eropa dan akan mengulanginya lagi musim ini untuk tiket Liga Champions musim depan.

“Liga Eropa memberikan kita banyak kesempatan menuju Liga Champions yaitu gelar juara. Hari ini saya katakan pada para pemain, sangat menyenangkan masih dalam kompetisi, tetapi tidak hanya menyenangkan bila dapat masuk Liga Champions melalui kompetisi ini, melainkan juga gelar juara yang didapat.” Ungkap Unai Emery seperti dikutip dari Sky Sports.