Fuzhou China Open 2019 : Hari Kedua Pelaksanaan, Empat Wakil Indonesia Tersingkir

Fuzhou China Open 2019 : Hari Kedua Pelaksanaan, Empat Wakil Indonesia Tersingkir

Hari kedua pelaksanaan turnamen Fuzhou China Open 2019, empat wakil Indonesia harus tersingkir. Total ada delapan wakil dari berbagai sektor yang mendapat giliran bermain di hari ini, Selasa (06/11).

Pasangan ganda campuran Hafiz Faizal / Gloria Emanuelle Widjaja menjadi pasangan pemain pertama dari Indonesia yang bermain. Keduanya menghadapi wakil tuan rumah, He Ji Ting / Du Yue. Secara head to head, keduanya telah bertemu tiga kali sebelumnya dan kesemuanya dimenangkan oleh pasangan Tiongkok.

Sayangnya Hafiz/Gloria kembali gagal balas dendam setelah kalah dua set langsung dengan skor 21 – 18, 21 – 14 dalam 44 menit. Jika dilihat dari peringkat, pasangan Indonesia masih unggul dengan berada diperingkat 8 dunia sedangkan lawannya di peringkat 12 dunia.

Setelah Hafiz/Gloria, giliran pasangan ganda campuran lainnya Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti untuk tampil. Juara Denmark Open 2019 dan French Open 2019 ini ditantang wakil Jepang, Takuro Hoki/Wakana Nagahara.

Pertemuan kedua pasangan ini di Fuzhou, Cina menjadi yang pertama kalinya. Pasangan Praveen/Melati pun sukses merebut kemenangan pertama Indonesia dihari kedua dalam dua set langsung dengan skor 21 – 17, 21 – 19 hanya dalam 32 menit.

Sayangnya keberhasilan Praveen/Melati ke babak selanjutnya tidak diikuti wakil tunggal putra, Tommy Sugiarto. Tommy menyerah kalah setelah bermain selama 52 menit dari wakil India, Sai Praneeth B dengan skor 15 – 21, 21 – 12, 21 – 10. Tommy dan Sai Praneeth memang telah bertemu beberapa kali dan sebelumnya imbang secara head to head.

Setelah kemarin pasangan ganda putri Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta dikalahkan wakil Jepang unggulan keempat, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi, kini giliran Greysia Polii/Apriyani Rahayu yang pun menyerah kalah dari wakil Malaysia peringkat 14 dunia, Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean.

Padahal dua pertemuan sebelumnya dimenangkan oleh Greysia/Apriyani. Perlawanan selama hampir satu jam berakhir dengan skor 21 – 19, 21 – 16 untuk kemenangan wakil Malaysia. Dengan demikian tidak ada wakil sektor ganda putri yang berhasil melaju hingga ke babak kedua di turnamen ini.

Pertandingan selanjutnya mempertemukan rekan senegara antara Jonatan Christie melawan Shesar Hiren Rhustavito. Vito tampak belum sepenuhnya mampu mengatasi Jonatan. Terbukti dari kalahnya Vito dalam dua set langsung dengan skor 21 – 18, 21 – 17.

Secara head to head Jonatan memang unggul. Belum lagi perbedaan peringkat yang cukup jauh dengan Jonatan yang saat ini di peringkat 7 dunia sementara Vito di peringkat 20 dunia. Namun begitu Vito sukses memaksa Jonatan bermain hingga 46 menit lamanya.

Berikutnya ada laga yang mempertemukan andalan Indonesia dari sektor ganda putra, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dengan Lee Yang/Wang Chi Lin.

Secara peringkat dan head to head, Ahsan/Hendra memang diunggulkan. Hal ini akhirnya terbukti dengan kemenangan Ahsan/Hendra dengan skor 27 – 25, 22 – 24, 21 – 17, walaupun harus bersusah payah terlebih dahulu selama 57 menit.

Kemenangan terakhir di hari ini dipersembahkan wakil ganda putra lainnya, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Keduanya melawan wakil Cina Taipei, Liao Min Chun/Su Ching Heng. Hanya dalam 26 menit Fajar/Rian sukses membungkam lawannya dengan skor 21 – 12, 21 – 12.

Pertandingan akan berlanjut keesokan harinya, Kamis (07/11) yang memasuki babak perempat final. Laga kali ini akan ditayangkan secara langsung di TVRI mulai pukul 08.45 – 17.00 WIB. Selamat menyaksikan.