Kemenangan Wahyu / Ade Pastikan Satu Wakil Indonesia di Perempat Final Swiss Open 2019

Hari kedua turnamen Yonex Swiss Open 2019 menuai hasil positif bagi para wakil Indonesia. Terutama bagi para wakil di sektor ganda putra. Setelah Berry Angriawan / Hardianto yang kemudian disusul oleh pasangan Fajar Alfian / Rian Ardianto yang sama – sama memulangkan lawan mereka asal Jepang, kini giliran pasangan Wahyu Nayaka / Ade Yusuf yang mengikuti jejak rekan – rekannya. Wahyu / Ade berhasil menyusul rekan – rekannya ke babak kedua dengan merebut kemenangan dari pasangan Belanda, Jacco Arends / Ruben Jille.

Laga kali ini menjadi pertemuan keduanya. Sebelumnya Wahyu / Ade bertemu untuk pertama kalinya dengan pasangan Belanda pada saat gelaran turnamen Yonex Dutch Open 2018. Pertemuan pertama mereka dimenangkan oleh pasangan Wahyu / Ade dengan perjuangan yang cukup berat. Wahyu / Ade saat itu akhirnya berhasil mengkandaskan perjalanan Jacco / Ruben melalui tiga set dengan skor akhir 21 – 15, 15 – 21, dan 22 – 20.

Pertemuan pertama mereka seharusnya menjadi bahan koreksi dan pembelajaran bagi Wahyu / Ade. Sehingga pada pertemuan selanjutnya setidaknya Wahyu / Ade dapat dengan mudah mengalahkan pasangan Belanda tersebut. Namun apa yang terjadi di lapangan hanya kembali mengulang laga terakhir mereka sebelumnya.

Wahyu / Ade kembali melakoni partai sengit kali ini. Set pertama pertandingan dihiasi dengan kedua pasangan yang terus – menerus menukar poin satu sama lain. Pasangan Jacco / Ruben bahkan memaksa pasangan Indonesia untuk match point dua kali. Namun pada akhirnya Wahyu / Ade masih lebih tangguh dengan menutup set pertama dengan skor 23 – 21.

Set kedua pun berjalan dengan kondisi tidak beda jauh dari set pertama. Kedua pasangan masih tetap saling kejar – mengejar skor. Namun di menit – menit terakhir set kedua tampaknya Wahyu / Ade sedikit mengalami penurunan. Efeknya poin keduanya stagnan di angka 16 sementara pasangan Belanda terus menyusul. Wahyu / Ade sempat berhasil menambah perolehan dua poin hingga mencapai poin 18, namun perolehan tersebut tidak cukup membendung laju pasangan Belanda. Wahyu / Ade harus rela melepas set kedua dengan skor 18 – 21.

Wahyu / Ade mengejar ketertinggalan mereka di set terakhir pertandingan. Keduanya membuka laga dengan selisih poin yang cukup signifikan. Namun di pertengahan set ketiga, pasangan Belanda kembali merepotkan keduanya. Susul – menyusul skor terjadi lagi. Untungnya Wahyu / Ade menunjukkan kualitas mereka dengan memenangkan pertandingan dengan skor akhir 23 – 21, 18 – 21, dan 21 – 19. Dengan kemenangan yang diraih oleh Wahyu / Ade memastikan satu tempat bagi Indonesia di babak perempat final. Hal ini karena di babak kedua nantinya pasangan Wahyu / Ade akan melakoni laga perang saudara dengan pasangan Berry Angriawan / Hardianto.