Marc Marquez Puncaki Free Practice 3, Jack Miller Betah di Posisi Kedua

Marc Marquez Puncaki Free Practice 3, Jack Miller Betah di Posisi Kedua

Sesi latihan bebas MotoGP yang ketiga telah rampung digelar. Beberapa perubahan menghiasi hasil sesi latihan bebas ketiga ini. Sebelumnya disesi latihan bebas kedua pebalap tim Ducati, Andrea Dovizioso berhasil mencatatkan namanya sebagai pebalap tercepat dengan catatan waktu 1 menit 39.181 detik.

Pada sesi latihan bebas ketiga ini, Marc Marquez kembali membuktikan kemampuannya. Setelah sebelumnya di sesi latihan bebas kedua Marquez hanya mampu finish di urutan ke 8, kini dirinya mampu menutup balapan dengan finish di posisi pertama. Marquez mencatatkan waktu 1 menit 38.471 detik.

Marquez sendiri berhasil menjadi pebalap tercepat pada  sesi latihan bebas pertama. Ia mencatatkan waktu 1 menit 39.827 detik. Sayangnya catatan waktunya ini tidak lebih baik dibandingkan dengan raihannya di sesi latihan bebas kedua.

Walaupun keberuntungan tidak berpihak padanya disesi latihan kedua, namun catatan waktunya masih lebih baik. Pada sesi latihan bebas kedua Marc Marquez berhasil mencatatkan waktu 1 menit 39.497 detik.

Sementara itu, pebalap tim Pramac Racing, Jack Miller mencetak hattrick. Pebalap asal Australia ini kembali berhasil menempatkan dirinya pada urutan kedua di tiga sesi latihan bebas yang digelar di Sirkuit Termas de Rio Hondo Argentina.

Jack Miller sepertinya paham betul akan kondisi sirkuit ini. Bagi sebagian pebalap, kondisi sirkuit yang licin dan cukup tricky kurang mendukung performa mereka.

Namun tampaknya hal tersebut tidak berlaku bagi Jack Miller. Buktinya selain berhasil menempatkan dirinya diurutan kedua pada tiga sesi latihan bebas, Miller juga tercatat pernah menempati posisi pole position di Sirkuit ini pada balapan musim lalu.

Pada sesi latihan bebas pertama Miller mencatatkan waktu 1 menit 40.180 detik, hanya berbeda +0.353 detik dari Marc Marquez. Kemudian pada sesi latihan kedua, Miller mencatatkan waktu yang lebih baik yaitu 1 menit 39.190 detik, berbeda +0.009 detik dengan Andrea Dovizioso yang berada di posisi pertama. Dan pada sesi latihan bebas ketiga ini dirinya mampu meraih posisi kedua dengan catatan waktu 1 menit 38.677 detik. Berbeda +0.206 detik dari Marc Marquez.

Hal mengejutkan lainnya datang dari rekan Miller di Ducati, Danilo Petrucci. Setelah sempat terpuruk di sesi latihan kedua, Petrucci berhasil melesak naik ke posisi lima dengan catatan waktu 1 menit 38.869 detik. Padahal sebelumnya di sesi latihan kedua, Petrucci harus bersusah payah untuk sampai diposisi ketigabelas.

Hasil yang diraih Petrucci menunjukkan performa yang meningkat. Pada sesi latihan bebas pertama Ia hanya mampu finish di posisi ke 20. Posisinya sedikit membaik di sesi latihan bebas kedua dengan berakhir di urutan ke 13.

Semoga catatan positif beberapa pebalap ini terus berlanjut hingga balapan  resmi dimulai pada Minggu (31/03/2019) waktu setempat.