Meskipun Kalah 4-3 Atas City, Tottenham Tetap Lolos ke Semifinal Liga Champions

Seluruh laga perempat final liga champions telah rampung digelar, beberapa kejutan terjadi dari klub yang sebelumnya tidak diprediksi akan melaju jauh malah bisa sampai ke semifinal. Salah satu klub tersebut ialah Tottenham Hotspur, The Lilywhites masuk ke babak 4 besar setelah berhasil menumbangkan klub satu negaranya yaitu Manchester City.

Pada leg kedua yang dilangsungkan di markas City yakni Etihad Stadium, Spurs sebenarnya kalah 4-3 dari tuan rumah namun dari segi agresifitas gol Spurs menang. Pada laga leg pertama lalu, City tak mampu mencetak sebiji gol pun ke gawang Spurs sementara The Lilywhites berhasil menyarangkan satu gol. Hal tersebut lah yang menjadikan Spurs lolos meskipun agregat menunjukkan hasil imbang 4-4.

Babak Pertama Kedua Tim Saling Serang

Manchester City yang sedang dalam keadaan tertinggal mampu mengambil alih permainan terlebih dulu dengan dukungan ribuan fans di tribun. Namun armada Mauricio Pochettino pun tak mau kalah, mereka berhasil mengimbangkan permainan menyerang yang coba dikembangkan tuan rumah. Alhasil jual beli serangan pun terjadi dengan tempo cepat.

Fernando Llorente Menjadi Penentu Kelolosan Tottenham
Fernando Llorente Menjadi Penentu Kelolosan Tottenham

Laga baru berjalan sekitar 4 menit, Manchester City membuka keunggulan menjadi 1-0 berkat tendangan melengkung dari Raheem Sterling. Pemain timnas Inggris tersebut melepaskan sepakan dari sisi kanan pertahanan Spurs dan tak mampu dihalau oleh bek maupun penjaga gawang.

Tottenham yang sadar agregat menjadi seimbang tidak tinggal diam, mereka langsung menyamakan kedudukan menjadi 1-1 di menit ke-7 lewat gol yang diukir Son Heung-Min. Son mendapat bola mentah dari kesalahan bek City, bola yang mengarah ke arahnya langsung ia teruskan dengan tendangan keras yang mampu mengecoh Ederson Moraes.

Tidak lama kemudian, Spurs berbalik unggul melalui gol kedua Son Heung-Min. Tendangan ke sisi pojok kiri gawang City sukses ia jadikan gol untuk membawa agregat semakin jauh. Semenit berselang, kedudukan kembali imbang setelah Bernardo Silva melepaskan tendangan yang mengenai kaki Danny Rose dan berbelok ke arah sebaliknya dari pergerakan Hugo Lloris.

City kembali unggul di menit ke-21, Raheem Sterling menorehkan gol keduanya yang membuat anak asuh Pep Guardiola semakin percaya diri. Sterling mencetak gol setelah mendapatkan umpan cantik dari Kevin De Bruyne. Setelah itu tidak ada lagi gol tercipta hingga babak pertama usai.

Babak Kedua Berjalan Semakin Panas

Manchester City yang tengah unggul 3-2 hanya butuh satu gol lagi untuk memastikan diri lolos ke babak semifinal dengan catatan Spurs tidak menambah gol lagi. Hasilnya, tim biru langit menaikkan tempo permainannya dengan sukses mengreasikan banyak peluang emas. Klimaksnya terjadi di menit ke-59, penyerang andalan mereka Sergio Aguero yang mendapat asisst berkelas dari De Bruyne tidak menyia-nyiakan peluang untuk mencetak gol. Aguero melepaskan tendangan keras ke arah Hugo Lloris, kiper timnas Prancis tersebut tak mampu menahan bola karena pergerakannya cukup cepat.

Seketika itu publik Etihad Stadium bersuka cita dan optimis kalau timnya bakal lolos. Namun petaka untuk City terjadi di menit 73, striker pengganti Harry Kane yaitu Fernando Llorente menjadi pembeda. Melalui sepak pojok yang dilakukan Trippier, Llorente berhasil menyentuh bola menggunakan badannya untuk meneruskan menjadi gol. Hasil 4-3 bertahan hingga akhir pertandingan.