New Zealand Open 2019 : Jonatan Pupuskan Asa Jepang, Ahsan / Hendra Pun Kandaskan Goh / Tan

New Zealand Open 2019 : Jonatan Pupuskan Asa Jepang, Ahsan / Hendra Pun Kandaskan Goh / Tan

Indonesia memastikan empat wakilnya di babak semi final turnamen New Zealand Open 2019. New Zealand Open yang telah digelar sejak 30 April lalu akan berakhir pada 5 Mei esok hari. Turnamen level Super 300 ini akan memperebutkan total hadiah sebesar $150,000.

Empat wakil yang berhasil melaju hingga ke babak semifinal ini adalah pasangan ganda campuran Praveen Jordan / Melati Daeva, Hafiz Faizal / Gloria Emanuelle, Jonatan Christie serta pasangan ganda putra Mohammad Ahsan / Hendra Setiawan.

Keempat wakil Indonesia tersebut sudah bertanding pagi tadi. Praveen / Melati berhasil mengamankan satu tiket pertama Indonesia di babak final esok hari. Sayangnya Hafiz Faizal / Gloria Widjaja gagal melaju. All Indonesian Final untuk sektor ganda campuran gagal diwujudkan. Praveen / Melati akan menghadapi pasangan Malaysia Chan Peng Soon / Goh Liu Ying di babak final.

Sementara itu dilapangan lainnya ada wakil sektor tunggal putra, Jonatan Christie yang berjuang melawan wakil Jepang, Kanta Tsuneyama. Jonatan dan Kanta telah bertemu dua kali sebelumnya. Masing – masing di turnamen Victor China Open dan Victor Korea Open tahun lalu. Jonatan memenangkan dua partai tersebut.

Turnamen kali ini Jonatan kembali menambah keunggulan head to head terhadap Kanta. Jojo, panggilan akrab Jonatan, berhasil menang dalam dua set langsung dengan skor 21 – 12, 21 – 15.

Menang atas Kanta Tsuneyama, Jojo berhak untuk melaju ke babak final keesokan harinya. Hal ini mengulang kejadian tahun lalu di turnamen yang sama. Namun yang berbeda saat itu Jojo berhadapan dengan Lin Dan dibabak final dan berhasil dimenangkan oleh Lin Dan.

Namun kali ini Jojo tidak akan melakoni partai final dengan melawan Lin Dan. Lin Dan, sang juara  bertahan, harus takluk dari wakil Hong Kong, Ng Ka Long Angus di partai semifinal.

Rekor pertemuan Jojo dan Ng Ka Long Angus tidak terlalu baik. Dari enam kali pertemuan, Jojo hanya berhasil merebut dua kemenangan, pada dua pertemuan awal mereka. Selebihnya empat pertemuan terakhir dimenangkan oleh Ng Ka Long Angus.

Namun jika Jojo konsisten dengan penampilannya saat melawan Kanta, bukan tidak mungkin Jojo akan memenangkan pertandingan melawan Ng Ka Long Angus.

Sementara itu pasangan Ahsan / Hendra pun turut melenggang ke partai final setelah mengalahkan Goh V Shem / Tan Wee Kiong. Selanjutnya di partai final ‘the daddies’ akan bertemu dengan Hiroyuki Endo / Yuta Watanabe asal Jepang.

Terakhir kalinya Ahsan / Hendra bertemu dengan lawannya adalah di ajang HSBC BWF World Tour Finals 2018 lalu. Saat itu Ahsan / Hendra harus menelan kekalahan. Semoga pertemuan kali ini menjadi kesempatan bagi Ahsan / Hendra untuk merebut kemenangan.