Onana, Wonderkid Berbakat Ajax Terget Buruan Banyak Klub

Bintang Ajax, Andre Onana diberitakan sedang terjebak pertarungan sengit klub-klub yang memperebutkannya. Klub yang sedang bertarung mendapatkannya adalah Barcelona, Arsenal, Tottenham Hotspur dan West Ham United.

Kiper asal Kamerun tersebut dulunya adalah pemain muda binaan Barcelona. Datang ke Ajax Amsterdam hanya dengan biaya 200 ribu Euro di tahun 2015 yang lalu. Setelah empat tahun bersama Ajax, harganya kini melonjak hingga 35 juta Euro! Nilai yang fantastis untuk kiper yang baru berusia 22 tahun. Kontraknya pun baru berakhir tahun 2021.

Kemungkinan, jika Barcelona mengizinkan Jasper Cillessen pergi ke Manchester City pada bursa transfer mendatang, mereka akan mendatangkan mantan kipernya tersebut kembali ke Camp Nou. Tetapi tidak semudah itu; trio Premiere League West Ham, Tottenham dan Arsenal juga sudah bersiap memboyong Onana.

Selain itu ada juga Chelsea dan Monaco ikut meramaikan perburuan ini. Onana pindah ke Ajax empat tahun silam adalah demi mengejar kedudukan sebagai kiper utama dan memenangi trofi. Dengan karakter ambisiusnya ini, kemungkinan besar Onana akan memilih klub yang mampu menawarinya tempat utama dan juga prestasi.

Andre Onana

Barcelona jelas masih mempunyai Ter Stegen dan Onana hanya akan menjadi pelapisnya. Di kubu The Hammers ada Lukasz Fabianski yang kontraknya baru habis tahun 2021. Tottenham juga masih punya Hugo Lloris sebagai kiper utama dengan kontrak sampai tahun 2022. Bernd Leno adalah kiper utama Arsenal yang kontraknya berakhir tahun 2023. Di Chelsea ada Kepa dan Caballero, jelas sulit untuk menembusnya. Kemungkinan besar justru Monaco yang bisa menawari Onana tempat utama karena kontrak Danijel Subasic akan berakhir pada tahun 2020 dengan umurnya yang sudah menginjak 34 tahun. Tetapi West Ham juga tengah mencari kiper utama untuk menggantikan Fabianski yang angin-anginan dan pada akhir musim nanti berumur 34 tahun.

Untuk prestasi dan trofi tentunya Barcelona mempunyai keunggulan dibandingkan para pesaingnya. Mereka adalah kandidat juara di semua kompetisi yang dijalaninya. Selama 4 tahun di Ajax, Onana telah bermain lebih dari 120 kali sebagai kiper utama di Eredivisie. Sungguh merupakan pencapaian yang fantastis untuk kiper muda tersebut. Selain itu dia juga telah mencatat 8 caps bersama Timnas Kamerun.

Barcelona kabarnya telah menawarkan biaya sekitar 20 juta Euro untuk memboyongnya, tetapi pihak Ajax keberatan dan meminta tambahan 10 juta Euro lagi untuk bisa mendapatkan tanda tangan wonderkid tersebut.

CEO yang juga legenda Ajax, Edwin Van der Sar menanggapi rumor kepindahan Onana, “Saya pikir Andre fantastis, dia datang ke Ajax pada umur 18 atau 19 tahun. Perkembangan dan bakat alami yang telah dipunyainya, kecepatannya, refleksnya dan saya pikir dia akan menjadi kiper yang hebat. Saya berpikir selalu ada banyak rumor tentang pemain Ajax.

“Kami mengembangkan pemain hebat, tidak hanya di Amsterdam tetapi juga di Cape Town dan ada banyak ketertarikan pada pemain-pemain kami, tetapi kami harus menjaga mereka selama yang kami bisa.”

Dua tahun yang lalu, Onana pernah mengatakan tentang kembali ke Spanyol, “ Saya akan sangat gembira untuk kembali karena La Liga adalah salah satu liga terbaik di dunia. Kita akan lihat akankah saya kembali ke Barcelona. Jika saya meninggalkan Ajax, saya akan bergabung dengan klub yang lebih besar.”