Oscar De La Hoya Sebut Nama Errol Spence Jr. Sebagai Kandidat Penantang Saul Canelo Alvarez

Oscar De La Hoya Sebut Nama Errol Spence Jr. Sebagai Kandidat Penantang Saul Canelo Alvarez

CEO Golden Boy Promotions, Oscar De La Hoya baru – baru ini menyebut nama Errol Spence Jr. yang digadang – gadang sebagai kandidat penantang anak didiknya, Saul Canelo Alvarez. Oscar menuturkan hal ini di ESPN bahwa dirinya ingin menginisiasi negosiasi pertemuan Canelo kontra Spence untuk September mendatang.

Pertemuan antara Canelo kontra Spence mungkin saja terjadi asalkan Spence berkesempatan untuk naik kelas ke middleweight. Seperti diketahui Spence saat ini berada di kelas welterweight. Sayangnya Oscar tidak merinci langkah apa saja yang dilakukannya untuk menjembatani perbedaan kelas di antara Canelo dan Spence.

“Saya ingin memberitahukan pada Anda bahwa kami tentunya menyukai laga tersebut dan seperti yang selalu saya katakan mengenai Errol Spence adalah salah satu petinju berbakat,” terang Oscar pada Dan Rafael ESPN.com.

“Tidak ada alasan yang menghambat Spence untuk naik kelas ke middleweight sedangkan Mikey Garcia juga melakukan hal yang dengan naik kelas dari lightweight ke welterweight saat Garcia bertemu Spence. Tentunya laga Spence kontra Canelo akan menghasilkan lebih banyak uang dibandingkan laga – laganya selama ini.

Untuk menjembatani perbedaan kelas Canelo dan Spence, keduanya sebaiknya menggelar catchweight di berat 155 lbs. Hal ini untuk menjamin keadilan bagi keduanya. Selain itu, kemungkinan akan ada pemberlakuan klausa rehidrasi.

Seperti yang dikatakan Oscar, pertarungan antara Canelo kontra Spence (25-0, 21 KO) kemungkinan akan menarik banyak penonton untuk pihak DAZN. Antusias penonton untuk menyaksikan keduanya di atas ring bisa dikatakan cukup besar.

Kemungkinan hal tersebutlah yang Oscar sadari. Sebelumnya Oscar menyebutkan empat nama calon penantang Canelo di bulan September nanti, mereka diantaranya adalah Gennady Golovkin, Callum Smith dan Sergey Kovalev.

Namun  kemungkinan Callum Smith kurang begitu dikenal di publik pecinta tinju Amerika. Walaupun tidak dipungkiri Callum Smith adalah petinju yang berbakat. Begitu pula dengan Sergey Kovalev. Kovalev diharuskan menggelar pertandingan mandatory melawan Anthony Yarde dalam waktu dekat ini, sehingga cukup sulit baginya untuk kembali menantang Canelo di bulan September.

Lepas dari keinginan Oscar untuk mempertemukan Canelo dan Spence, semuanya kembali lagi pada Spence. Spence sendiri masih akan disibukkan dengan pertandingan – pertandingan di kelas welterweight. Alangkah lebih baik jika Spence fokus dikelasnya saat ini.

Jika Spence merasa suatu saat nanti telah cukup berpetualang di kelas welterweight, tidak ada masalah baginya untuk mencoba naik kelas. Saat itu tiba mari berharap Canelo masih dikelas yang sama dan dalam kondisi yang tidak jauh berbeda dari saat ini. Pertemuan keduanya di kelas yang sama tentunya lebih menarik untuk disaksikan.

Spence masih harus membuktikan bahwa dirinya adalah petinju terbaik di kelas 147 saat ini. Merujuk pada laga yang dilakoninya, tercatat Spence belum pernah bertemu petinju top sebelumnya. Walaupun dirinya memang telah bertemu dengan Mikey Garcia, Chris Van Heerden, Lamont Peterson, dan Brook.