10 Pebulutangkis Terbaik Dunia – Pemain Tunggal Putra dan Putri

Bulutangkis tak salah lagi menjadi salah satu cabang olahraga yang kerap membawa nama Indonesia pada ajang Olimpiade. Bulutangkis tak hanya populer di Indonesia, namun juga di berbagai negara dan semakin banyak memang kompetisi yang diselenggarakan pada berbagai negara oleh Federasi Bulutangkis Dunia. Dan karena popularitas yang makin tinggi, tentu makin banyak pula penggemar olahraga ini yang penasaran tentang siapa saja nama yang termasuk dalam daftar pebulutangkis terbaik dunia 2017.

  1. Lee Chong Wei (Malaysia)

Lee Chong WeiPemain bulu tangkis asal Malaysia ini kini berusia 35 tahun dan hingga kini ia dikenal sebagai satu-satunya pebulutangkis Malaysia peringkat satu dunia dari periode Agustus 2008 hingga Juni 2012. Bahkan ia memperoleh gelar ini pun sebagai seorang pemain tunggal putra.

Mampu meraih 3 buah medali perak pada ajang Olimpiade serta dikenal sebagai pemain bulu tangkis keenam yang mengantongi medali Olimpiade dari Malaysia, tentunya hal inilah yang membawa namanya makin tinggi. Meski sewaktu kecil sempat menggemari olahraga bola basket, namun berkat ibunya ia pun beralih pada bulu tangkis yang kini membuat namanya dikenal dunia.

  1. Chen Long (China)

Chen LongPebulutangkis yang mendapat julukan Lin Dan junior ini berasal dari China yang kini berusia 28 tahun. Pemain tunggal putra ini berada di peringkat kedua dunia dengan teknik dasar permainan bulu tangkisnya yang hebat berikut juga gayanya bermain yang sangat mengesankan.

Betapa mengejutkan bahwa ia mampu mengalahkan Lee Chong pada Olimpiade 2016 dalam peraihan medali emas Olimpiade sehingga terbukti sudah bahwa Chen Long layak untuk mendapatkan salah satu gelar pebulutangkis paling baik di dunia. Diakuinya pula bahwa Lin Dan dan Lee Chong Wei merupakan bintang bulu tangkis yang ia idolakan dan ikuti.

  1. Lin Dan (China)

Lin DanPebulutangkis asal China yang kini berusia 34 tahun masih aktif dalam dunia bulu tangkis dan menjadi nama yang populer untuk disebut sebagai pebulutangkis terbaik di dunia. Tak mengherankan karena mengingat prestasinya dalam menyabet gelar juara Olimpiade 2 kali.

Tak hanya itu, prestasinya ia buktikan pada 5 kali gelar juara dalam Kejuaraan Dunia berikut 6 kali All England sehingga tak lagi diragukan bahwa pebulutangkis ini merupakan pemain tunggal putra paling besar dalam sejarah. Bahkan Peter Gade (salah seorang lawannya) menjulukinya dengan sebutan Super Dan sesudah meraih kemenangan final All England 2004.

  1. Viktor Axelsen (Denmark)

Viktor AxelsenPebulutangkis tunggal putra ini berasal dari Denmark yang kini berusia 23 tahun. Masih teramat muda, namun ia berjuang dan mampu membuktikan bahwa ia bisa meraih gelar Eropa pertamanya pada Mei 2016 lalu setelah berhasil mengalahkan Jan Ø. Jørgensen yang merupakan  rekan senegaranya berikut juara bertahan pada ajang tersebut.

Tahun 2010, ia berhasil menjarai World Junior Champion dengan di babak final mengalahkan Kang Ji Wook, sehingga menjadikannya pemain Eropa prtama yang mengantongi gelar juara. Mengejutkannya, pada Kejuaraan Dunia BWF 2017 yang diadakan di Scotland (Glasgow), ia mampu mengalahkan Lin Dan dan meraih gelar juara.

  • Jan Ø. Jørgensen (Denmark)
  • Jan Ø. JørgensenJan Ø. Jørgensen merupakan pebulutangkis asal Denmark juga di mana prestasi yang membuat namanya makin besar adalah ketika ia memenangkan Kejuaraan Eropa di tahun 2014. Pada Kejuaraan Bulutangkis Eropa tahun 2008 dan 2012 pun ia sebenarnya sudah sempat juga memenangkan medali perunggu.

    Bukan hanya itu, Jan Ø. Jørgensen yang kini berusia 29 tahun ini juga sempat mendapatkan medali perak pada Kejuaraan Bulutangkis Eropa 2010 dan 2016 lalu. Selain itu, diketahui pula bahwa ia pun menjadi wakil SIF dan bermain di Liga Denmark Badminton. Pebulutangkis yang baru saja melepas masa lajangnya ini bila ditotal telah mampu mengantongi 7 gelar dalam karirnya.

    1. Carolina Marin (Spanyol)

    Carolina MarinPebulutangkis profesional asal Spanyol ini memang dikenal sebagai juara Olimpiade dengan prestasi pernah berada pada peringkat pertama BWF untuk pebulutangkis tunggal putri. Ia pun mengantongi 2 kali Juara Dunia berikut 3 kali Juara Eropa. Prestasi lainnya yang patut dibanggakan adalah ia menjadi pemain tunggal putri yang meraih Juara Dunia 2 kali berturut-turut di tahun 2014-2015.

    Bahkan belum lama ini pun Carolina Marin ada di peringkat keempat dunia oleh Federasi Bulutangkis Dunia di mana juga pada Juni 2017 lalu ia pun ditunjuk sebagai duta brand Melia Hitels International. Medali emas Olimpiade pertamanya ia raih saat bertanding melawan P.V. Sindhu dari India pada ajang Olimpiade Rio 2016 lalu.

    1. Li Xuerui (China)

    Li XueruiSatu lagi pemain bulu tangkis asal China yang paling baik di dunia, yakni Li Xuerui yang kini berusia 26 tahun. Ia berada di peringkat ketiga pemain tunggal putri dari Agustus 2016 lalu dan juga dikenal sebagai juara tunggal Olimpiade tahun 2012.

    Pemain bulutangkis wanita satu ini menjadi salah satu yang paling sukses dengan peringkat pertama dunia selama 3 tahun. Telah dikonfirmasi pula bahwa ia menjadi pemain wanita kedua dari China yang paling sukses mengikuti keberhasilan Wang Yihan pada turnamen Super Series.

    1. Tai Tzu Ying (Taiwan)

    Tai Tzu YingPebulutangkis tunggal putri asal Taiwan yang kini berusia 23 tahun ini diketahui sudah memenangkan gelar juara Taiwanese Ranking Competition saat usianya masih 16 tahun yang alhasil menjadikannya masuk menjadi pemain termuda no.1 dalam sejara bulu tangkis Taiwan. Bahkan 5 gelar Super Series pun ia kantongi berturut-turut di tahun 2016 dan 2017.

    Gaya bermain Tai Tzu Ying yang begitu tak terduga sekaligus juga spontan menjadi daya tarik dari pemain muda satu ini. Latihan fisik bulu tangkis pasti ia lakukan dengan sangat baik mengingat permainannya begitu menakjubkan sebab pernah juga menjadi juara internasional di usianya yang ke-17 pada ajang US Open Grand Prix Gold 2011.

    1. P.V. Sindhu (India)

    P.V. SindhuPemain bulu tangkis asal India yang saat ini berusia 22 tahun ini berada di peringkat ketiga pada Peringkat Dunia BWF. Ia pun dikenal pula menjadi pemain wanita bulu tangkis pertama dari India yang berhasil mengantongi medali perak pada 2016 Summer Olympics.

    Bukan hanya itu, Sindhu juga merupakan satu dari dua pebulutangkis asal India (selain Saina Nehwal) yang sudah pernah menjuarai medali Olimpiade. Medali perak juga pernah ia dapatkan saat bertanding di Kejuaraan Dunia BWF 2017. Bahkan ia adalah pemain India pertama yang menjadi juara pada Korea Open Super Series 2017.

    1. Ratchanok Intanon (Thailand)

    Ratchanok IntanonPebulutangkis tunggal putri asal Thailand berusia 22 tahun ini menjadi pemain asal Thailand pertama yang ada di peringkat pertama tunggal putri. Gerakannya saat bermain di lapangan sangatlah ringan dan memiliki gerakan yang begitu rileks namun mantap sehingga dideskripsikan seperti gerakan balet oleh Gillian Clark (komentator pada pertandingan bulu tangkis).

    Tak hanya itu, ia pun dikenal sebagai juara dunia pada pertandingan bulu tangkis tunggal putri pada tahun 2013. Walau sempat mengalami cedera lutut sehingga melewatkan partisipasi di the Thailand Masters, pada beberapa pertandingan terbuka pun ia mampu mengalahkan beberapa lawan tangguh, seperti Akane Yamaguchi di Denmark Open Premier Series, Saena Kawakami di Skycity New Zealand Open, serta Busanan Ongbumrungphan di SCG Thailand Open.

    Itulah beberapa nama pebulutangkis terbaik dunia tunggal putra dan tunggal putri yang tentu bagi sebagian besar dari kita sudah tak asing lagi. Beberapa nama lainnya yang juga besar antara lain adalah Akane Yamaguchi, Sung Ji Hyun, Son Wan Ho, serta Kidambi Srikanth.