Petronas Yamaha : Musim Balap 2019 Begitu Fantastis

Petronas Yamaha : Musim Balap 2019 Begitu Fantastis

Seri balapan pekan lalu, British Grand Prix di Sirkuit Silverstone menjadi penanda genap setahun bergabungnya tim Petronas Yamaha di MotoGP. Team Principal Petronas Yamaha, Razlan Razali berharap ketika timnya kembali menjajal Sirkuit Silverstone musim depan, hasil yang lebih baik dengan memenangkan balapan bakal diraih para pebalapnya.

Jika dirunut ke belakang, Petronas Yamaha baru menjalani 12 seri balapan hingga kini. Keduabelas seri balapan tersebut memberikan hasil di luar ekpektasi tim. Fabio Quartararo, pebalap rookie Petronas Yamaha asal Perancis, sukses merengkuh tiga podium dan tiga kali pole positions. Sementara Franco Morbidelli, walaupun belum sesukses capaian Quartararo, namun telah membuktikan betapa kompetitif dirinya.

“Kami tidak pernah menyangka akan apa yang kami raih selama 12 seri balapan musim ini. Kami awalnya berharap Franky mampu setidaknya tampil baik di enam seri balapan sementara Fabio menargetkan rookie of the year. Sungguh apa yang keduanya raih selama ini diluar ekspektasi kami dan kami senang dan puas dengan pencapaian mereka.”

“Tidak diragukan lagi kejutan paling besar datang dari Fabio. Saat kami mengumumkannya sebagai pebalap kedua kami, banyak pihak yang  menyayangkan keputusan kami – tapi saat ini semua orang sepakat dengan apa yang putuskan dulu.”

“Dia (Fabio Quartararo) memberikan kejutan terbesar tahun ini, dengan rentetan podium, pole positions, lima besar dan sepuluh besar. Dia sangat hebat dan penuh talenta. Berada di pole positions dan finish di posisi kedua di Sirkuit Jerez sangat diluar dugaan.” Ujar Razlan

Namun tentu saja kesuksesan yang diraih saat ini berarti semakin besar pula ambisi untuk musim depan bagi tim Petronas Yamaha. Razlan mengakui bahwa untuk musim depan timnya akan menerapkan standar patokan untuk tim yang baru sehingga tentu saja tekanan akan semakin besar. Tim Petronas Yamaha ingin menjadi lebih baik di musim depan, dan Razlan yakin para pebalapnya pun akan terus tampil mengagumkan.

“Saya berharap saat kami meniti musim depan ambisiku adalah setidaknya memenangkan satu balapan MotoGP. Saat Anda pernah merasakan suatu kesuksesan apakah itu sebuah podium, pole positions, atau bahkan kemenangan, Anda akan terus merasa kurang. Akan tetapi tidak peduli apapun yang telah kami raih, tujuan – tujuan kami tetaplah sama dan penting bagi kami untuk tetap menjaga fokus dan tujuan kami.”

“Saya pun sangat menginginkan sebuah kemenangan dan podium di Malaysian Grand Prix.”

Petronas Yamaha belum berniat mengganti line-up para pebalapnya di MotoGP. Fabio Quartararo pun rencananya akan mendapatkan motor yang spesifikasinya setara dengan tunggangan Franco Morbidelli. Peningkatan spesifikasi motor Quartararo tidak lepas dari penampilannya yang brilian selama musim ini.

Sementara itu untuk Moto3, Petronas Yamaha memastikan John McPhee sebagai pebalapnya. Namun tandem McPhee nantinya di Moto3 serta para pebalap di Moto2 belum dikonfirmasi hingga saat ini.