Selamat Ulang Tahun, Takeshi Kamura

bwfbadminton.com

Takeshi Kamura, pemain bulu tangkis ganda putra asal Jepang ini genap berusia 29 tahun pada hari ini, Kamis, 14 Februari 2019. Berpasangan dengan Keigo Sonoda di nomor ganda, Takeshi Kamura cukup memiliki banyak penggemar di Indonesia.

Pemain yang lahir di Perfektur Saga, Jepang ini tercatat pertama kali memulai karirnya sebagai pebulutangkis profesional di tahun 2008. Saat itu, Kamura berlaga di turnamen Osaka International Challenge 2008, bagian dari International Series. Di turnamen tersebut dirinya diturunkan di dua nomor sekaligus yaitu nomor ganda putra dan ganda campuran. Di ganda putra Takeshi berpasangan dengan Keigo Sonoda, dan harus mengaku kalah dari pasangan Thailand, Jongjit Maneepong / Boonpan Pollawat di babak 32 besar. Sementara itu, masih pada turnamen yang sama, Takeshi dipasangkan dengan Yui Nakahara, dan kalah di babak 16 besar dari pasangan asal Korea Selatan, Ha Jung Eun / Kwon Yi Goo.

Kamura pernah diturunkan dalam beberapa sektor. Baik sektor ganda putra, ganda campuran, bahkan tunggal putra. Spesialisasinya sendiri adalah di sektor ganda putra, dengan pasangan tetapnya saat ini adalah Keigo Sonoda.

Sebelum resmi menjadi pasangan tetap Keigo Sonoda, Kamura beberapa kali dipasangkan dengan pemain lain, baik dinomor ganda putra maupun ganda campuran. Di tahun awalnya sebagai pemain profesional, selain berpasangan dengan Yui Nakahara di nomor ganda campuran, Kamura pun sempat dipasangkan dengan Koharu Yonemoto, Shiho Tanaka, Misato Aratama, dan Shizuka Matsuo. Pada nomor ganda putra, beberapa pemain pun pernah menjadi rekannya di lapangan diantaranya adalah Sho Zeniya, Takume Ueda, dan Yuta Yamasaki.

Beberapa kali Kamura coba diturunkan diberbagai sektor, dan di sektor ganda putralah Kamura berhasil tampil gemilang. Keigo Sonoda, yang usianya hanya berjarak 6 hari dengannya,  adalah rekan yang paling mengimbangi Kamura di lapangan. Terbukti dengan beberapa kali berhasil menjadi pemuncak di beberapa kejuaraan. Mulai pada tahun 2015, seperti yang dilansir di situs bwf.tournamentsoftware.com tampaknya Kamura tidak lagi diturunkan disektor lainnya selain ganda putra dan tidak lagi dipasangkan dengan pemain lain selain Keigo Sonoda.

Bersama Keigo Sonoda, Takeshi Kamura berhasil menjadi ganda putra asal Jepang yang saat ini termasuk diwaspadai oleh lawan – lawannya. Pertemuan keduanya dengan ganda nomor 1 dunia asal Indonesia, Kevin Sanjaya / Marcus Gideon, selalu menjadi laga yang menarik untuk ditonton dengan permainan cepat dan tidak ragu untuk jatuh bangun di lapangan yang selalu mereka tampilkan.

Saat ini, Takeshi Kamura bersama rekannya, Keigo Sonoda berhasil menempati peringkat 3 dunia BWF, dan pernah menempati peringkat 2 dunia pada tahun 2017 lalu. Selain berhasil menjadi peringkat 3 dunia, Kamura bersama Sonoda pun berhasil menorehkan beberapa prestasi lainnya baik dalam ajang tahunan BWF, maupun ajang diluar BWF.

Berikut beberapa prestasi Takeshi Kamura bersama Keigo Sonoda :

  1. Juara Canada Open 2012,
  2. Juara US Open 2013,
  3. Juara German Open 2014,
  4. Juara Hongkong Open 2016,
  5. Juara Australian Open 2017,
  6. Juara Thailand Open 2018,
  7. Juara Malaysia Open 2018,
  8. Medali Emas Thomas Cup 2014,
  9. Medali Emas Asian Mixed Team Championship 2017.

Semoga di tahun 2019 dan kedepannya, Takeshi semakin berprestasi dan selalu memberikan yang terbaik dalam setiap pertandingan yang diikuti. Selamat Ulang Tahun, Takeshi.