Singapore Open 2019: Catatan Hari Kedua, Indonesia Loloskan Sembilan Wakilnya

Singapore Open 2019: Catatan Hari Kedua, Indonesia Loloskan Sembilan Wakilnya

Hari kedua turnamen Super 500 kembali digelar. Setelah di hari pertama meloloskan empat wakil Indonesia, yang diantaranya adalah pasangan Ricky Karandasuwardi / Angga Pratama, Marcus Gideon / Kevin Sanjaya, Yulfira Barkah / Jauza Fadhila, dan Mohammad Ahsan / Hendra Setiawan, kini wakil Indonesia lainnya akan mencoba peruntungannya.

Pada hari kedua turnamen Singapore Open, beberapa wakil Indonesia dipastikan akan tampil.  Mereka adalah pasangan Fajar Alfian / Rian Ardianto, Ricky Karandasuwardi / Angga Pratama, Rinov Rivaldy / Pitha Haningtyas, Gregoria Mariska, Lyanny Alessandra Mainaky, Fitriani, Jonathan  Christie, Yulia Yosephin, Hafiz Faizal / Gloria Widjaja, Praveen Jordan / Melati Daeva, Anthony Ginting, Tommy Sugiarto, Ronald / Annisa, Alfian Eko / Marsheilla Gischa, dan Ricky Karandasuwardi / Pia Zebadiah.

Ricky / Angga menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang lolos dari babak kualifikasi. Sayangnya di hari kedua, keduanya terpaksa harus menjalani partai perang saudara melawan pasangan Fajar Alfian / Rian Ardianto. Fajar / Rian yang menjadi unggulan kedelapan turnamen berhasil memenangkan pertandingan dalam dua set langsung.

Pasangan ganda campuran Rinov / Pitha menjadi partai kedua untuk wakil Indonesia. Keduanya menghadapi pasangan asal Thailand, Nipitphon Phuangphuapet / Savitree Amitrapai. Hanya dalam waktu setengah jam, pasangan Rinov / Pitha berhasil mengkandaskan perjuangan lawannya dalam dua set langsung dengan skor 21 – 17, 21 – 17.

Di waktu yang sama dengan pertandingan Rinov / Pitha, ada wakil tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung, yang menghadapi perwakilan Denmark, Mia Blichfeldt. Walaupun unggul secara peringkat dan head to head, Gregoria Mariska tidak mampu mempertahankan keunggulannya. Gregoria harus menyerah kalah untuk pertama kalinya dengan skor 21 – 16, 22 – 20.

Selain Gregoria Mariska, ada Lyanny Alessandra Mainaky yang turut bertanding di lapangan sebelah menghadapi pemain unggulan keempat asal India, Pusarla V. Sindhu. Sayangnya Sindhu memang masih terlalu kuat untuk ditaklukkan. Lyanny harus berbesar hati menerima kekalahan dengan skor yang cukup tragis 21 – 9, 21 – 7.

Wakil tunggal putri Indonesia lainnya, Fitriani, pun tidak mampu untuk memutus rantai kekalahan sektor tunggal putri. Berhadapan dengan pemain unggulan kelima turnamen asal Thailand, Ratchanok Intanon, Fitriani belum mampu membalas kekalahannya dari Ratchanok di pertemuan – pertemuan sebelumnya. Kekalahan Fitriani kali ini menjadikan rekor pertemuan keduanya 6 – 0 tentunya untuk keunggulan Ratchanok.

Ruselli Hartawan menjadi satu – satunya wakil sektor tunggal putri yang berhasil lolos ke babak berikutnya setelah berhasil mengalahkan pemain asal Singapura dalam tiga set permainan. Sebelumnya Yulia Yosephin mengikuti jejak Lyanny Mainaky dengan takluk dari pemain India lainnya, Saina Nehwal.

Sementara itu sektor tunggal putra dan ganda campuran setidaknya memberikan angin segar bagi tim Indonesia. Jonathan Christie dan Anthony Ginting berhasil melaju ke babak selanjutnya setelah mengalahkan masing – masing pemain asal Thailand dan Cina Taipei.

Disusul kemudian pasangan ganda campuran Praveen Jordan / Melati Daeva, Ronald / Annisa, dan Ricky Karandasuwardi / Pia Zebadiah yang juga mengikuti jejak Christie dan Ginting ke babak selanjutnya.

Sayangnya pasangan ganda campuran lainnya Alfian / Marsheilla serta wakil sektor tunggal putra, Tommy Sugiarto gagal ke babak selanjutnya setelah dikalahkan masing – masing oleh pemain asal Cina dan Malaysia.