Ada Apa Di Balik Moncernya Prestasi Ganda Putri Jepang

Ganda putri Jepang beberapa tahun belakangan ini tidak diragukan lagi mendominasi peta persaingan bulu tangkis dunia utamanya di sektor ganda putri. Bahkan tidak jarang ganda putri Jepang harus adu kuat antar sesama di partai final.

Hingga saat ini tidak berlebihan jika dikatakan bahwa ganda putri Jepang belum mendapatkan lawan seimbangnya selain rekan senegaranya sendiri. Beberapa kali ganda putri asal Korea berhasil meredam keperkasaan mereka akan tetapi hal itu tidak berlangsung lama.

Keperkasaan ganda putri Jepang tidak hanya tersaji di lapangan kala melibas lawan – lawannya. Mereka pun mendominasi peringkat sektor ganda putri yang tiap pekan dirilis oleh Federasi Bulutangkis Dunia (BWF).

Seperti yang terlihat dalam rilisan peringkat yang dikeluarkan oleh Federasi Bulutangkis Dunia baru – baru ini, posisi puncak diduduki oleh pasangan asal Jepang, Yuki Fukushima dan Sayaka Hirota. Pasangan Yuki / Sayaka berhasil mencatatkan raihan poin hingga 98,758. Sejak musim 2018 hingga awal 2019 ini pasangan Yuki / Sayaka gemilang di lapangan, terbukti dengan kokohnya mereka di peringkat atas.

Tak hanya pasangan Yuki / Sayaka yang menjadi bagian dominasi Jepang di jajaran pemain ganda putri dunia, pasangan Misaki Matsutomo / Ayaka Takahashi pun turut menyumbang prestasi. Misaki / Ayaka konsisten berada di peringkat 2 dunia versi Federasi Bulutangkis Dunia, satu tingkat di bawah Yuki / Sayaka. Poin Misaki / Ayaka bahkan hanya selisih tipis jika dibandingkan raihan poin Yuki / Sayaka.

Selain kedua pasangan di atas, masih ada satu pasangan Jepang yang turut bertengger di peringkat top dunia. Mereka adalah Mayu Matsumoto / Wakana Nagahara. Mayu / Wakana mengekor kompatriotnya Yuki / Sayaka dan Misaki / Ayaka di posisi 3 besar dunia dengan mengumpulkan poin sebesar 90,390 berdasarkan data yang dirilis BWF pekan ini.

Dominasi Jepang tidak berhenti di 3 besar dunia. Jepang makin menunjukkan taringnya dengan menempatkan dua ganda putrinya masing – masing di posisi peringkat 7 dan 9. Peringkat 7 ditempati oleh pasangan Shiho Tanaka / Koharu Yonemoto, sementara itu 2 peringkat dibawahnya, ditempati oleh pasangan Ayako Sakuramoto / Yukiko Takahata. Total terdapat 5 pasangan ganda putri Jepang di peringkat 10 besar BWF hingga pekan ini. Suatu pencapaian yang luar biasa.

Lalu apa yang menjadi rahasia pasangan ganda putri Jepang hingga mampu merajai tangga peringkat dunia saat ini. Tentunya keberhasilan para pasangan ganda putri Jepang ini tidak lepas dari kondisi fisik yang prima. Untuk mencapai kondisi seperti itu tidak dilakukan hanya dalam waktu semalam. Seperti dilansir dari laman detiksport, para pemain Jepang diharuskan menjalani latihan dengan intensitas yang berat. Para pelatih pun berperan besar dengan mengawasi latihan para pemain secara ketat. Hal – hal tersebut akhirnya terbukti mampu menjadikan ganda putri Jepang bagaikan tembok besar yang sulit ditembus hingga saat ini.