Duo Minion Kokoh di Peringkat BWF 2019

Ganda putra kebanggaan Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo, semakin memperkokoh posisi keduanya di jajaran pemain top dunia. Peringkat 1 BWF masih berada di genggaman Minions, sapaan akrab keduanya.

Badminton World Federation (BWF) lewat situsnya di bwfbadminton.com kembali merilis peringkat para pemain. BWF sendiri tiap pekan rutin merilis peringkat para pemain lengkap dengan capaian poin masing – masing.

Pada pekan keenam ini, Kevin Sanjaya dan Marcus Fernaldi bertengger di puncak dengan raihan poin 104,483. Raihan poin keduanya terpauh cukup jauh dengan peringkat kedua yang ditempati ganda putra asal Cina, Li Junhui dan Liu Yuchen. Ganda putra asal Cina ini berhasil mengumpulkan poin sebesar 84,395.

Dari awal pekan pertama di awal tahun 2019 ini pada kenyataannya ganda peraih medali emas Asian Games 2018 ini telah bercokol di peringkat pertama. Pekan – pekan berikutnya pun hingga pekan keenam ini per tanggal 6 Februari 2019, Kevin Marcus  masih betah di puncak.

Kemenangan keduanya di ajang Daihatsu Indonesia Masters 2019 setelah mengandaskan rekan senegaranya Hendra Setiawan / Mohammad Ahsan dengan skor 21 – 17, 21 – 11 semakin meneguhkan posisi keduanya di puncak peringkat Federasi Bulu tangkis Dunia.

Di tahun 2019 ini, turnamen Perodua Malaysian Masters 2019 menjadi ajang pertama yang diikuti Marcus Gideon dan Kevin Sukamuljo. Pada turnamen Super 500 tersebut duo minion berhasil menjadi juara setelah mengalahkan pasangan asal Malaysia, Ong Yew Sin dan Teo Ee Yi, hanya dalam dua set langsung dengan skor 21 – 15, 21 – 16. Perjalanan Kevin Marcus di Malaysian Masters 2019 terhitung tanpa aral, hanya saat bertemu ganda Jepang di babak perempat final, keduanya harus melakoni 3 set sebelum memastikan tempat di semifinal.

Ganda Jepang unggulan ke 7 turnamen Malaysian Masters 2019, Takuto Inoue / Yuki Kaneko memberikan perlawanan sengit. Babak pertama berhasil dimenangkan dengan cukup mudah oleh pasangan Kevin Marcus. Namun di babak kedua, keadaan berbalik. Inoue Kaneko berhasil memaksa Kevin Marcus untuk bermain rubber setelah keduanya mengakhiri babak kedua dengan skor 25 – 23. Pasangan Jepang tidak lama berada di atas angin, ketika babak ketiga Kevin Marcus kembali ke performa terbaiknya dan akhirnya mengakhiri pertandingan dengan skor akhir 21 – 14.

Masih di bulan yang sama, Kevin Marcus kembali turun ke lapangan untuk berlaga di turnamen Daihatsu Indonesia Masters 2019. Di turnamen ini Kevin Marcus sempat terlibat permainan seru dengan ganda asal Jerman, Mark Lamsfuß / Marvin Emil Seidel. Permainan tiga set terpaksa dilakoni Kevin Marcus sebelum akhirnya melaju ke babak kedua dan bertemu dengan wakil Indonesia lainnya, Wahyu Nayaka / Ade Yusuf. Berhasil menumbangkan Wahyu / Ade, Kevin Marcus telah ditunggu oleh rekan senegara yaitu Fajar / Rian di babak perempat final. Fajar / Rian pun turut memaksa Kevin Marcus bermain hingga 3 set walaupun pada akhirnya harus mengaku kalah. Setelahnya langkah Kevin Marcus cukup mulus untuk meraih gelar Indonesia Masters 2019.