Badminton Asia Championships 2019: Tommy Shesar Melaju Ke Babak 16 Besar, Greysia / Apriyani Kalah Dari Pasangan Tiongkok

Badminton Asia Championships 2019: Tommy Shesar Melaju Ke Babak 16 Besar, Greysia / Apriyani Kalah Dari Pasangan Tiongkok

Sejak pagi jam 10 waktu setempat, beberapa wakil Indonesia telah bermain. Beberapa diantaranya ada yang berhasil melaju kebabak selanjutnya, namun ada juga yang terhenti.

Pasangan ganda putri Yulfira Barkah / Jauza Fadhila Sugiarto menjadi wakil pertama yang bertanding di pagi hari. Keduanya juga menjadi yang pertama gagal setelah dikalahkan pasangan asal Malaysia.

Menyusul kemudian pasangan ganda putra Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira / Ade Yusuf Santoso yang mengalahkan pasangan asal Sri Lanka dalam 2 gim langsung. Pasangan Ahsan / Hendra yang menjadi unggulan keempat turnamen pun melaju ke babak selanjutnya setelah mengalahkan pasangan asal Cina Taipei hanya dalam 25 menit.

Sayangnya Ahsan / Hendra mendadak walk over setelah memastikan Hendra Setiawan tidak dalam kondisi fit untuk bertanding keesokan harinya. Kondisi ini menjadikan pasangan muda Malaysia, Aaron Chia / Soh Wooi Yik, yang mengalahkan pasangan Thailand, otomatis menang dan langsung melaju ke babak perempat final.

Beberapa pemain tunggal pun turut gagal melenggang. Anthony Sinisuka Ginting kembali dikalahkan Ng Ka Long Angus, sementara Ruselli Hartawan digagalkan pemain Korea Selatan Kim Ga Eun. Sama halnya dengan Fitriani dan Jonatan Christie yang turut terhenti.

Untungnya masih ada Choirunnisa, Gregoria Mariska Tunjung, dan pasangan Fajar Alfian / Muhammad Rian Ardianto yang berhasil mengkandaskan lawan – lawannya dan bergabung dengan wakil Indonesia lainnya yang lebih dulu memastikan tempat di babak 16 besar.

Beranjak siang masih ada lima wakil Indonesia yang masih akan bermain. Mereka adalah Tommy Sugiarto, Greysia Polii / Apriyani Rahayu, Kevin Sanjaya / Marcus Fernaldi, Shesar Hiren, dan Agatha Imanuela / Siti Fadia Silva Ramadhanti.

Tommy Sugiarto berhasil menambah kemenangan Indonesia dengan mengalahkan pemain asal Hong Kong hanya dalam waktu 19 menit. Tommy tidak terlalu bersusah payah untuk menang dengan skor 21 – 12, 21 – 6.

Sayangnya dua wakil ganda putri yang tersisa, Greysia / Apriyani dan Agatha / Siti gagal setelah dihentikan oleh pasangan asal Tiongkok dan pasangan asal Thailand. Keduanya hanya bermain dalam dua set.

Walaupun demikian, sektor tunggal putra kembali menambah wakilnya setelah Shesar Hiren menghentikan perlawanan unggulan kelima turnamen, Kidambi Srikanth dengan dua set langsung dalam waktu 44 menit dengan catatan skor 21 – 16, 22 – 20.

Pasangan andalan Indonesia, Kevin / Marcus pun turut melaju ke babak selanjutnya setelah berhasil mengalahkan pasangan asal Singapura, Danny Bawa Chrisnanta / Hee Yong Kai Terry hanya dalam 22 menit dengan skor 21 – 12, 21 – 17.

Selanjutnya para wakil Indonesia akan kembali berlaga keesokan harinya di babak 16 besar. Semoga tidak ada lagi wakil yang gugur dan melenggang hingga podium.