Inilah 40 Cabang Olahraga Asian Games yang Paling Ditunggu

Pesta olahraga terbesar di Asia akan segera diselenggarakan tahun ini. Terdapat setidaknya 40 cabang olahraga Asian Games 2018 yang akan dilaksanakan di dua tempat di Indonesia, yaitu di Jakarta dan Palembang. 10 di antaranya merupakan cabang olahraga baru, seperti pencak silat, paralayang, panjat tebing, basket 3×3, dan lain-lain. Indonesia sendiri akan menurunkan setidaknya sekitar 938 atletnya untuk memeriahkan Asian Games kali ini.

Di dalam 40 cabang olahraga yang akan ditandingkan tersebut, Indonesia menargetkan medali emas setidaknya pada 10 cabang olahraga. Salah satu di antaranya yaitu pada cabang olahraga bulu tangkis ganda campuran. Berikut ini merupakan daftar lengkap 40 cabang olahraga Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang nanti. 10 di antaranya akan diulas lebih banyak.

1. Angkat Besi

Pada Asian Games kali ini, PB PABBSI menurunkan sebanyak 15 atletnya untuk bertanding pada cabang angkat besi. Eko Yuli Irawan dan Sri Wahyuni Agustian masing-masing memiliki track record sebagai peraih medali emas dalam cabang olahraga angkat besi. Pada Asian Games kali ini diharapkan keduanya dapat meraih medali emas lagi untuk Indonesia.

2. Atletik

Cabang atletik merupakan salah satu cabang olahraga yang diharapkan untuk meraih medali emas. Nama Lalu Muhammad Zohri muncul sebagai atlet atletik yang diunggulkan untuk meraih medali emas. Hal ini mengingat atas prestasinya baru-baru ini sebagai peraih medali emas pada Kejuaraan Dunia Atletik U-20 di Tampere, Finlandia untuk kategori lari 100 meter.

3. Badminton

Pada Asian Games ke-17 di Incheon, Korea Selatan, Indonesia meraih medali emas pada cabang olahraga Badminton. Tahun ini, diharapkan Indonesia akan meraih medali emas lagi dengan mengunggulkan atlet ganda campuran, yaitu Liliana Natsir & Tantowi Ahmad. Secara keseluruhan, Indonesia sendiri menurunkan 20 atletnya untuk bertanding pada Asian Games kali ini untuk cabang Badminton. Penyelenggaraannya sendiri dilaksanakan di Istora Senayan, Jakarta pada 19-28 Agustus 2018.

4. Bela Diri

Cabang bela diri terdiri dari tiga nomor, yaitu Jujitsu, Pencak Silat, dan Wushu. Pencak Silat dan Jujitsu merupakan salah dua dari 10 olahraga baru yang dimasukkan ke dalam Asian Games kali ini, berdasarkan hasil keputusan Olympic Council of Asia (OCA). Pada cabang Jujitsu, Indonesia menurunkan Imam Mastur, Cornelia Tobing, M. Ariq Noor, dan Ananda Mauludy Iksan sebagai atletnya. Sedangkan pada cabang pencak silat Indonesia menurunkan 16 atletnya. Sementara itu, Lindswell Kwok digadang-gadang sebagai atlet Wushu yang akan membawa medali emas untuk Indonesia.

5. Bola Basket

Ada yang baru dalam cabang olahraga basket kali ini. Jika sebelumnya yang dipertandingkan hanya basket 5×5, kali ini ada kategori basket 3×3. Perbedaan keduanya terletak pada jumlah pemain, luas lapangan, dan babak pertandingan. Meskipun salah satu olahraga populer di Indonesia, pada Asian Games kali ini tampaknya Indonesia mencoba realistis. Tim basket Indonesia tidak mengharapkan meraih medali emas, namun setidaknya dapat masuk ke dalam delapan besar.

6. Bola Voli

Bola voli menjadi salah satu olahraga populer di Indonesia, selain sepak bola dan badminton. Di Asian Games, cabor Bola Voli bukanlah olahraga yang baru lagi. Pada Asian Games kali ini, PBVSI sendiri akan menurunkan total 14 atletnya, untuk kategori voli putra dan voli putri. Belum lama ini, sejumlah atlet voli putri Indonesia sudah melakukan uji coba di Kazakhstan. Diharapkan pada kategori voli indoor, Indonesia dapat mendapatkan medali mengingat ke-14 atlet ini dianggap memiliki performa dan koordinasi yang baik satu sama lain. Meskipun begitu, Indonesia akan menghadapi lawan berat, yakni Tiongkok, Thailand, dan Korea Selatan.

8. Bridge

Bridge merupakan salah satu olahraga baru yang dimasukkan ke dalam cabang olahraga Asian Games tahun ini. Permainan kartu ini memiliki 10 total event. Pada cabang olahraga baru Asian Games ini, Indonesia juga mengharapkan bisa meraih setidaknya dua medali emas. Bert Toar Polii merupakan salah satu atlet yang akan diturunkan sebagai perwakilan Indonesia pada cabang ini.

8. Paralayang

Paralayang juga merupakan salah satu cabang olahraga baru pada Asian Games 2018. Lokasi Paralayang sendiri nantinya diselenggarakan di Puncak, Kabupaten Bogor, berlangsung mulai dari 18-31 Agustus 2018. Indonesia sendiri akan menurunkan 8 atletnya, 5 putra dan 3 putri. Untuk seluruh peserta Asian Games, terdapat sekitar 129 atlet dari 31 negara. Komposisinya terdiri atas 90 atlet putra dari 18 negaradan 39 atlet putri dari 13 negara. Lagi-lagi diharapkan Indonesia dapat membawa medali emas pada cabang olahraga ini. Para atlet putri diyakini akan memberikan peluang besar untuk meraih medali emas.

9. Panjat Tebing

Panjat tebing juga ditargetkan akan menjadi cabang olahraga yang menghantarkan Indonesia sebagai peraih medali emas, paling tidak dua untuk kategori speed. Salah satu cabang olahraga baru pada Asian Games ini akan diselenggarakan di Palembang, Sumatra Selatan. Pada kategori putra, Iran dan Tiongkok merupakan lawan tangguh yang tidak bisa dianggap remeh. Pada Asian Games kali ini, Indonesia akan menurunkan 20 atlet, yaitu 10 putra dan 10 putri.

10. Sepak Bola

Indonesia berharap banyak pada timnas sepak bola Indonesia pada Asian Games kali ini. Memang terlihat cukup peningkatan pada tim sepak bola Indonesia akhir-akhir ini, apalagi setelah melihat kemenangkan timnas U-19. Namun pada Asian Games 2018 kali ini, Indonesia akan menurunkan Timnas U-23. Timnas U-23 berada pada di grup A bersama dengan Laos, Taiwan, dan Hongkong. 


11. Taekwondo

Cabang Taekwondo menjadi salah satu dari 40 cabang olahraga dalam Asian Games. Untuk menyambut Asian Games kali ini, 19 atlet dari Timnas Taekwondo Indonesia mengikuti training camp di Korea Selatan pada bulan April hingga 28 Juli 2018 lalu. Diharapkan pada kejuaraan bergengsi di Asia kali ini, Taekwondoin Indonesia setidaknya bisa membawa beberapa medali, meskipun bukan medali emas.

Selain 10 cabang olahraga populer tersebut, terdapat 30 cabang olahraga lainnya. Berikut adalah 30 cabang olahraga Asian Games yang diselenggarakan di Palembang dan di Jakarta nanti.

12. Anggar

13. Balap Sepeda

14. Baseball/Softball

15. Berkuda

16. Bola Tangan

17. Bowling

18. Canoe/Kayak

19. Golf

20. Gulat

21. Hockey

22. Jet Ski

23. Judo

24. Kabadi

25. Karate

26. Layar

27. Menembak

28. Panahan

29. Pantathlon Modern

30. Renang

31. Rowing

32. Rugby 7

33. Senam

34. Sepak Takraw

35. Sepatu Roda

36. Squash

37. Tinju

38. Tenis Lapangan

39. Tenis Meja

40. Triathlon 

Nah, itulah tadi 40 cabang olahraga yang akan diselenggarakan pada Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. Indonesia menargetkan medali emas pada sejumlah cabang olahraga, di antaranya angkat besi, Wushu, Panjat Tebing, Paralayang, Bridge, dan atletik. Untuk peringkat sendiri, sebagai tuan rumah penyelenggara, Indonesia juga mengharapkan setidaknya masuk peringkat 10 besar. Tiket Asian Games sendiri dapat diperoleh secara online maupun datang langsung ke booth penyelenggara. Sebagai tuan rumah, mari kita dukung para atlet Indonesia di Asian Games 2018!