Sponsors Link

6 Pertandingan Asian Games Cabang E-Sport Terbaru

Sponsors Link

Pada pertengahan Agustus nanti, Indonesia akan menjadi tuan rumah bagi pertandingan Asian Games 2018. Ada yang baru dari Asian Games kali ini, yaitu dibukanya 6 cabang olahraga elektronik atau e-Sport. Cabang olahraga baru ini masih dalam tahap demonstrasi atau uji coba. Akan ada kemungkinan diteruskan atau malah dihentikan pada Asian Games selanjutnya. Semua itu tergantung dari hasil uji coba pada Asian Games kali ini.

ads

Berikut ini merupakan daftar dari 6 pertandingan cabang e-Sport yang akan digelar di Palembang dan di Jakarta nanti:

1. Starcraft 2

Gim daring yang merupakan kelanjutan dari starcraft ini dikembangkan oleh Blizzard. Pada Starcraft 2, terdapat fitur-fitur baru yang tidak ditemukan pada Starcraft sebelumnya. Bisa dikatakan bahwa versi yang ke 2 ini merupakan versi yang lebih update dari beberapa sisi.

2. Clash Royale

Permainan gim daring kedua yang dimasukkan ke dalam 6 pertandingan cabang e-sport terbaru yaitu Clash Royale. Cara main dari permainan ini yaitu dengan menghancurkan Menara milik lawan main. Di Google Play Store sendiri, gim daring ini telah dindur sekitar 100 juta pengguna Android.

3. Hearthstone 

Permainan gim daring kartu ini dimainkan oleh lebih dari dua orang. Di Google Play sendiri, Hearthstone telah diundur oleh sekitar 10 juta pengguna Android. Melihat popularitas dari game ini, maka tidak heran jika permainan ini diikutsertakan dalam pertandingan e-sport Asian Games tahun ini

4. Pro Evolutioner Soccer

Pro Evolutioner Soccer atau yang sering disingkat PES, merupakan gim daring yang telah diunduh sekitar 10 juta pengguna Android. Kabar gembira bagi penggemar permainan ini, PES akan diikutsertakan dalam salah satu pertandingan e-sport pada Asian Games 2018 bulan ini.

5. Leages of Legend

Leages of Legend atau LoL merupakan gim daring yang sangat populer di seluruh dunia. Gim ini juga menjadi salah satu cabang e-sport Asian Games terbaru yang akan diikutsertakan. Permainan ini merupakan permainan multiplayer atau membutuhkan jumlah pemain yang lebih dari satu untuk memainkannya. Dibutuhkan strategi yang baik ketika memainkan permainan ini. Untuk bisa menang, pemain harus bisa mengalahkan lawan.

6. Arena of Valor

Arena of Valor atau yang biasa disingkat AoV masuk dalam daftar e-Sport yang akan memeriahkan acara Asian Games 2018. Permainan yang dibuat salah satu perusahaan Tiongkok, Tencent ini memiliki popularitasnya sendiri di kalangan pecinta gim daring. Pasalnya, gim ini memiliki tampilan grafik yang memukau dan stabil. Gim ini sendiri diunduh sekitar 10 juta pengguna Android.

10 Pertandingan Asian Games 2018 Terbaru Lainnya

1. Pencak Silat

Komite Olimpiade International atau OCA memasukkan Pencak Silat sebagai salah satu cabang pertandingan terbaru dalam Asian Games di Jakarta dan Palembang. Popularitas Pencak Silat saat ini memang sedang mengalami peningkatan, khususnya di wilayah Asia Tenggara dan Asia pada umumnya. Maka tidak heran jika akhirnya beladiri ini dimasukkan dalam daftar pertandingan Asian Games 2018. Salah satu alasan lainnya adalah, sebagai tuan rumah acara, Indonesia berhak mengajukan 3 cabang olahraga baru. Indonesia memilih Pencak Silat sebagai salah satunya.

Sponsors Link

2. Jiu Jitsu

Jiu Jitsu merupakan cabang olahraga beladiri yang diikutsertakan dalam Asian Games 2018 selain Pencak Selat. Saat ini, Jiu Jitsu sendiri memiliki induk olahraga resmi yang dinaungi oleh Pengurus Besar Jiu Jitsu Indonesia (PB-JI). Indonesia sendiri akan menurunkan 11 atletnya dalam pertandingan Jiu Jitsu pada Asian Games ini. Sembilan dari atlet putri, dan dua dari atlet putri. Sangat diharapkan kalau pada Asian Games kali ini, Indonesia mendapatkan medali emas pada cabang ini.

3. Bridge

Permainan kartu yang melibatkan kecerdasan otak ini juga masuk ke dalam daftar cabang olahraga terbaru pada Asian Games kali ini. OCA menyetujui usulan dari PB GABSI pada 2016 silam untuk memasukkan cabang olahraga kartu remi ini. Bridge sendiri nantinya akan terdapat enam nomor yang ikut bertanding, yaitu tim pria, tim wanita, tim gabungan, tim gabungan super, mixed pair, dan men pair.

4. Basket 3×3

Jika umumnya basket memiliki 5 pemain dalam satu tim, namun kali ini akan dipangkas menjadi 3 pemain saja pada setiap timnya. Karena pemainnya juga dipangkas, lapangan yang digunakan untuk bertanding pun juga dipangkas setengahnya. Sementara itu, hanya terdapat tiga babak dalam keseluruhan permainan. Masing-masing babak diberikan waktu bermain sekitar 10 menit, mulai dari babak awal, semifinal, dan free throw. 

5. Rollersport

Olahraga yang di dalamnya terdapat skateboarding dan rollerskate ini memiliki banyak peminat di kalangan anak muda. Salah satu alasan OCA akhirnya memasukkan cabang olahrga ini adalah untuk menarik minat dari para anak muda. Selain itu, sebagai salah satu bentuk dukungan bagi para peminat olahraga yang populer di kalangan anak muda ini.

6. Jet Ski

Pertandingan Jetski akan dilangsungkan di Pantai Ancol, Jakarta pada tanggal 23-26 Agustus 2018. Terdapat total sekitar 4 nomor yang akan dipertandingkan dalam cabang ini, di antaranya yaitu runabout 1100 stock, runabout limited, endurance runabout open, dan ski modified. Ada sekitar 12 medali yang nanti akan diperebutkan dalam pertandingan ini. Menurut Ketua Pengurus Pusat Indonesia Jetsport and Boating Assosiation (IJBA), Saiful Sutan Aswar, kesiapan venue untuk pertandingan Jetski sudah siap di atas 90%.

7. Sambo

Satu lagi seni beladiri yang akan dimasukkan ke dalam cabang olahraga baru pada Asian Games 2018, yaitu Sambo. Sambo merupakan cabang beladiri dari Rusia yang diperkenalkan oleh Vasili Oshcepkob dan Viktor Spiridonov. Sambo sendiri merupakan akronim dari Samooborona Bez Oruzhiya dalam bahasa Rusia. Arti dari akronim tersebut yaitu “bela diri tanpa senjata”. Seni beladiri ini merupakan adaptasi dari gulat tradisional asal Armenia, Uzbekistan, Moldova, Azerbaijan, dan lain-lain. 

Sponsors Link

8. Panjat Tebing

Olahraga yang mengandalkan kekuatan otot ini merupakan olahraga yang juga dimasukkan oleh OCA pada Asian Games kali ini. Panjat Tebing sendiri akan diadakan di Sport Climbing Arena, Palembang pada 23-27 Agustus 2018. Terdapat enam nomor kategori dalam pertandingan ini, masing-masing untuk kategori putra dan putri, yaitu speed, combined, dan speed relay.

9. Kurash

Kurash mengklaim dirinya sebagai seni beladiri tertua di dunia. Seni bela diri ini memiliki kemiripan pola dengan Judo gulat. Kemiripan ini terlihat pada teknik membanting lawan. Seni beladiri ini berasal dari wilayah Uzbekistan, Asia Tengah. Pada cabang olahraga baru ini, Indonesia sendiri akan menurunkan 8 atlet terbaiknya untuk memeriahkan Asian Games 2018.

10. Paralayang

Pertandingan ini menggunakan parasut sebagai medianya dan keberanian sebagai modal utama yang harus dimiliki. Penetapan Paralayang  sebagai cabang baru pada Asian Games 2018 ini merupakan hasil penetapan bersama pada Sidang Umum OCA di Vietnam tahun 2016 lalu. Indonesia mengikutsertakan Rika Wijayanti sebagai atlet pada nomor perorangan. Indonesia menargetkan Wijayanti dapat menyabet medali emas pada cabang olahraga ini.

Nah, itulah tadi 6 cabang e-sport terbaru dan 10 cabang olahraga terbaru lainnya yang akan diikutsertakan pada Asian Games bulan Agustus ini. Area bertanding dibagi menjadi dua, yaitu di Palembang dan di Jakarta. Ayo, dukung semua atlet Indonesia dalam Asian Games kali ini! Tiketnya bisa didapatkan secara online maupun secara langsung.

Sponsors Link
,
Post Date: Sunday 05th, August 2018 / 02:46 Oleh :
Kategori : Asian Games