6 Perlengkapan Olahraga Lari yang Wajib Bagi Pemula dan Profesional

Lari merupakan salah satu jenis olahraga atletik yang banyak menggunakan kekuatan kaki. Selain memahami teknik, ada hal penting lainnya yang perlu diperhatikan, yaitu perlengkapan. Perlengkapan lari berfungsi untuk menunjang performa dan memaksimalkan kenyamanan ketika lari. Berikut ini adalah macam-macam perlengkapan olahraga lari yang penting diketahui dan disiapkan sebelum memulai lari:

  1. Sepatu

Perlengkapan olahraga lari yang pertama yaitu sepatu. Miliki sepatu olahraga yang nyaman dikenakan agar tidak membuat kaki lecet dan sakit. Ketahui juga cara memilih sepatu lari yang tepat. Pilih sepatu lari yang memiliki sol berbahan karet kualitas baik. Hal ini untuk menghindari tergelincir ketika alas sepatu bergesekan dengan tanah maupun aspal. Selain itu, gunakan sepatu yang memiliki ukuran yang pas di kaki. Jangan gunakan sepatu kebesaran atau kekecilan. Hal ini karena dapat mempengaruhi performa lari Anda.

  1. Kaos Kaki

Perlengkapan kedua yang perlu disiapkan yaitu kaos kaki. Selain sepatu yang nyaman, juga penting untuk menggunakan kaos kaki yang tepat. Kaos kaki yang tepat yaitu yang dapat menyerap keringat dan memiliki ketebalan yang pas. Jangan menggunakan kaos kaki yang terlalu tebal dan terlalu tipis. Kaos kaki yang terlalu tebal hanya akan membuat kaki semakin berkeringan dan lembab. Sedangkan kaos kaki yang terlalu tipis hanya akan membuat kaki lecet akibat gesekan antara jari kaki dan sepatu yang masih terasa.

  1. Pakaian

Gunakan pakaian olahraga yang tepat. Untuk iklim tropis seperti Indonesia, pilihlah bahan yang nyaman dikenakan dan menyerap keringat. Hal ini sangat penting karena ketika lari Anda akan mengeluarkan banyak keringat. Jika pakaian lari yang Anda kenakan tidak menyerap keringat, maka Anda akan merasa tidak nyaman. Hal itu akan berdampak pada turunnya performa lari Anda. Saat ini sudah banyak yang menjual variasi pakaian lari yang lengkap dan murah. Anda bisa mendapatkannya di toko-toko perlengkapan olahraga terdekat di tempat Anda tinggal.

  1. Aksesoris Lari

Akserois lari yang perlu Anda siapkan adalah topi atau kacamata. Dua-duanya adalah perlengkapan opsional yang bisa Anda ikuti atau tidak. Namun jika mengingat kondisi iklim di Indonesia yang tropis, maka Anda mungkin akan membutuhkannya. Topi membantu melindungi Anda dari sinar matahari yang dapat menyilaukan pandangan. Selain itu, juga dapat menghindari paparan sinar matahari langsung yang dapat merusak kulit. Sedangkan kacamata agar pandangan mata Anda tidak silau. Gunakan topi dan kacamata yang nyaman agar tidak jatuh ketika lari.

  1. Air Minum

Anda akan mengeluarkan banyak cairan melalui keringat ketika lari. Oleh karena itu penting juga membawa air minum yang cukup agar terhindar dari dehidrasi. Anda bisa meminumnya ketika mengalami kelelahan atau haus. Namun jangan terlalu banyak minum air berlebihan jika Anda tidak ingin mengalami mual atau muntah-muntah. Sebaiknya minumlah air ketika Anda sudah selesai lari. Jangan banyak minum ketika Anda masih ingin melanjutkan lari.

  1. Handuk Kecil

Perlengkapan terakhir yang juga perlu Anda disiapkan yaitu handuk kecil. Handuk kecil ini bisa Anda gunakan ketika Anda merasa berkeringat banyak dan gerah. Handuk yang baik adalah yang berbahan lembut dan menyerap keringat. Anda bisa menyampirkannya di pundak atau leher selama Anda melakukan lari. Dengan begitu, Anda tidak harus merasa panas dan gerah terlalu lama dengan sesekali mengelapkannya. Anda juga tidak perlu berhenti terlalu lama hanya untuk mengeringkan keringat.

Hal-hal Yang Harus Dihindari Sebelum Lari

Selain menyiapkan perlengkapan olahraga lari yang dibutuhkan, penting juga mengetahui hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Hal ini untuk mencegah masalah yang muncul, khususnya masalah kesehatan dan kenyamanan. Berikut ini hal-hal apa saja yang sebaiknya Anda hindari sebelum Anda memulai olahraga lari:

  1. Tidak Melakukan Pemanasan Cukup

Melakukan pemanasan sebelum lari sangat penting. Hal ini untuk menghindari terjadinya cidera ketika lari. Sebelum mulai, cobalah lakukan pemanasan 10-15 menit terlebih dahulu. Lakukan pemanasan yang benar, salah satunya dengan melakukan lari di tempat. Lakukan cara lari di tempat yang benar agar otot-otot kaki mengalami peregangan. Selain menghindari cidera, pemanasan yang benar juga berguna untuk mencegah pegal-pegal pada persendian setelah lari.

  1. Kurang Tidur

Jangan sampai Anda memaksakan diri untuk lari ketika tubuh dalam keadaan kurang tidur. Kurang tidur dapat menyebabkan rasa pusing dan hilang fokus. Oleh karena itu, tidurlah yang cukup sebelum melakukan olahraga lari. Tidur yang cukup bagi orang dewasa sekitar 5-8 jam sehari, tergantung kondisi masing-masing. Tidur yang cukup dapat membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih sehat. Hindari kegiatan bergadang untuk hal-hal yang tidak perlu. Mulailah sayangi tubuh Anda.

  1. Kurang/Banyak Minum Air

Saat melakukan olahraga lari, tubuh sebaiknya tidak dalam keadaan dehidrasi. Tubuh harus mendapatkan cairan yang cukup, tidak kurang pun tidak berlebihan. Saat melakukan olahraga lari, tubuh akan banyak bergerak sehingga akan mengeluarkan banyak keringat. Melakukan olahraga lari saat kurang cairan hanya akan memperparah kondisi tubuh. Bisa-bisa Anda justru mengalami pingsan. Begitu juga ketika kebanyak minum air, nanti dapat menyebabkan mual dan kram perut.

  1. Banyak Makan

Jangan melakukan olahraga lari ketika tubuh dalam keadaan masih kekenyangan. Hindari makan banyak, paling tidak 2 jam sebelum lari. Perut yang penuh hanya akan menyebabkan pusing, mual, dan muntah jika dipaksa berolah raga lari. Oleh karena itu, makan secukupnya saja. Hindari juga makan makanan yang terlalu berlemak atau berminyak karena tidak baik bagi pencernaan. Bisa-bisa, sebelum mulai lari Anda malah terus pergi ke belakang. 


  1. Mengabaikan Kondisi Kesehatan

Perhatikan baik-baik kondisi kesehatan Anda sebelum melakukan olahraga lari. Jangan terlalu memaksakan diri kalau memang kondisi fisik sedang tidak baik. Kenali dan pahami tanda-tanda kesehatan pada tubuh Anda. Jika mengalami kelelahan atau sedang tidak terlalu sehat untuk berolahraga, sebaiknya istirahat yang cukup. Tetap berolahraga ketika tubuh sedang tidak fit hanya akan menyebabkan masalah kesehatan baru. Alih-alih jadi sehat, malah jadi semakin sakit.

Nah, itulah tadi perlengkapan olahraga lari yang penting diketahui dan disiapkan. Menyiapkan perlengkapan tujuannya agar lari Anda bisa maksimal dan terhindar dari macam-macam cidera olahraga seperti kram, salah satunya. Selain itu, penting juga untuk mengetahui hal-hal yang tidak boleh dilakukan sebelum melakukan olahraga lari. Hal tersebut juga supaya Anda terhindari dari cidera dan gangguan kesehatan. Namun di atas itu semua, melakukan olahraga yang baik dan benar supaya tubuh sehat dan terhindari dari berbagai macam penyakit.