Tips Latihan Lari 12 Menit Supaya Lebih Tahan Lama

Latihan lari 12 menit adalah salah satu tes kemampuan yang biasa digunakan untuk penyaringan anggota di bidang militer, seperti TNI dan Polri. Biasanya tes seperti ini disebut dengan tes samapta A dimana peserta akan diminta untuk melakukan lari sepanjang 3200 meter atau sekitar 8 kali putaran lapangan bola.

Bagi kamu yang ingin mengikuti tes lari 12 menit, kamu harus melakukan latihan yang ekstra. Berikut ini adalah beberapa tips untuk tetap kuat dalam latihan lari 12 menit:

Latihan Jogging

Jika kamu ingin mendapatkan stamina yang kuat dalam menjalani tes lari 12 menit, maka kamu harus mampu melakukan latihan lari. Latihan jogging adalah salah satu latihan yang sangat penting kamu lakukan untuk meningkatkan ketahanan tubuh dalam berlari.

Kamu tidak perlu melakukan latihan lari dalam porsi latihan yang berat, cukup lakukan latihan jogging selama 30 menit setiap harinya. Namun ingat, kamu harus melakukan latihan ini setiap hari tanpa henti.

Lari Tanpa Waktu

Selanjutnya biasakan diri untuk berlari di lapangan sebagaimana tes lari 12 menit dilakukan. Larilah memutari lapangan sebanyak 2 kali tanpa melihat waktu. Di hari berikutnya, tambah menjadi 3 hingga 4 putaran. Kamu tidak perlu berlari dalam kecepatan yang tinggi, cukup berlari seperti biasa. Hal ini dikarenakan latihan ini bertujuan untuk menguatkan otot kaki.

Di minggu ke-3, sebaiknya campur latihan lari ini dengan lari cepat. Lakukan 4 putaran dengan kecepatan lari sedang, kemudian 2 putaran dengan kecepatan lari yang ditambah setiap harinya. Dengan begini, kamu akan terbiasa untuk berlari cepat.

Konsumsi Makanan Bergizi

Daya tahan tubuh ketika berlari tidak bisa ditempa hanya dengan latihan lari saja. Kamu juga harus memberikan energi yang cukup bagi tubuh agar dapat berlari dengan baik.

Konsumsi makanan yang bergizi tinggi untuk menyuplai energi ke otot. Utamakan memakan makanan dengan kandungan protein yang tinggi. Ketika berlari, otot sangat membutuhkan zat protein untuk dapat bekerja dengan maksimal.

Hindari minuman diuretik

Minuman diuretik adalah minuman yang merangsang kamu untuk buang air kecil lebih banyak. Minuman ini adalah teh dan kopi. Kamu membutuhkan banyak cairan untuk berlari, jika kamu terlalu banyak meminum minuman ini, maka tubuh kamu akan mudah kekurangan cairan nantinya.

Itulah beberapa tips agar kamu dapat berlari dalam tes lari 12 menit dengan baik. Jangan lupa pula untuk terus memotivasi diri agar mampu menyelesaikan tes tersebut.