Konsumsi Makanan Ini Dulu Sebelum Lari Jarak Jauh!

Lari jarak jauh membutuhkan banyak energi dalam pelaksanaannya. Jika pelari tidak mendapatkan energi yang cukup, maka tentu lari jarak jauh tidak dapat diselesaikan dengan baik. Untuk dapat memenuhi kebutuhan energi tersebut, berikut ini adalah beberapa makanan yang sangat disarankan dikonsumsi sebelum pelaksanaan lari jarak jauh:

1. Oatmeal

Oatmeal adalah salah satu makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Tidak seperti nasi atau roti biasa, oatmeal membuat perut lebih mudah kenyang namun memiliki tenaga yang cukup besar dan tahan lama. Kandungan serat yang tinggi pada oatmeal membuat energi dari makanan ini sangat mudah diserap oleh tubuh.

2. Pisang

Pisang adalah buah yang memiliki kandungan gizi sangat tinggi. Kebanyakan atlet maupun profesi dengan jam terbang tinggi mengkonsumsi pisang sebelum melakukan kegiatan. Hal ini dikarenakan pisang mampu memberikan tenaga yang cukup besar serta membuat perut kenyang lebih lama.

Kandungan kalium dan vitamin B yang terkandung dalam pisang juga sangat efektif dalam meningkatkan daya tahan tubuh serta menjaga kadar gula dalam darah.

3. Roti gandum

Gandum yang terkandung dalam roti gandum mampu memberikan pasokan energi bagi otot ketika berlari. Gandum mengandung serat yang tinggi sehingga membantu mempercepat proses metabolisme. Dengan porses metabolisme yang lancar, otot yang digunakan ketika berlari akan dengan mudah mendapatkan pasokan energi yang cukup.

4. Selai kacang

Tak hanya enak dimakan, selai kacang juga sangat membantu meningkatkan daya tahan tubuh ketika berlari. Kandungan protein yang tinggi dalam kacang membuat otot lebih maksimal dalam bekerja. Kamu dapat menggabungkan selai kacang dengan roti gandum untuk mendapatkan energi yang luar biasa.

5. Yoghurt

Yoghurt tak hanya baik untuk kesehatan pencernaan, namun juga baik untuk menyuplai energi bagi tubuh. Kandungan protein dalam yoghurt mampu memberikan energi bagi otot ketika berlari.

Itulah beberapa makanan yang sangat baik dikonsumsi sebelum melakukan lari jarak jauh. Namun makanan tersebut bukan dikonsumsi tepat sebelum lari jarak jauh dilakukan, tapi dikonsumsi secara rutin beberapa hari sebelum lari.

Selain itu, makanan di atas sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah yang sesuai dengan saran ahlinya. Jika kamu terlalu banyak mengkonsumsi, maka kamu akan kelebihan gula dalam tubuh yang justru akan menghambat gerakan ketika berlari nantinya.