5 Perbedaan Lari Jarak Menengah dengan Lari Cepat yang Perlu Diketahui

Dalam olahraga cabang atletik, terdapat beberapa nomor lari. Namun ada nomor lari yang sering kali disamakan padahal kedua nomor lari ini berbeda, yakni nomor lari jarak menengah dengan lari jarak cepat atau jarak pendek. Keduanya justru memiliki perbedaan yang sangat banyak. Untuk lebih mudah memahaminya, berikut ini adalah beberapa perbedaan antara lari jarak menengah dengan lari cepat:

1. Jarak

Jarak tempuh dari lari jarak menengah dan lari cepat berbeda. Pada lari jarak menengah, atlet harus menempuh jarak sejauh 800 dan 1500 meter. Hal ini sangat berbeda pada lari cepat yang hanya memiki panjang lintasan lari sejauh 100, 200, dan 400 meter saja.

2. Teknik start

Selain jarak tempuh yang berbeda, teknik start yang digunakan pada kedua nomor lari ini juga berbeda. Pada lari jarak menengah, biasanya teknik start yang digunakan adalah start berdiri. Sedangkan pada lari cepat, start yang lebih sering digunakan adalah start jongkok. Start jongkok lebih sering digunakan karena tolakan kaki akan membuat kecepatan lari jadi lebih kuat.

3. Gerakan kaki

Ketika berlari, atlet lari jarak menengah menggunakan teknik berlari dengan posisi telapak kaki menapak sepenuhnya ke tanah. Sedangkan pada lari cepat, atlet harus membuat jari kaki selalu menghadap ke arah atas dan kaki tidak sepenuhnya menapak ke tanah. Hal ini ditujukan agar gerakan kaki menjadi lebih cepat.

4. Kecepatan

Selanjutnya perbedaan dari lari jarak menengah dan lari cepat adalah kecepatan. Kecepatan yang digunakan pada lari jarak menengah biasanya hanya ditingkatkan ketika sudah hampir mencapai finish. Sedangkan pada lari cepat, kecepatan penuh telah dikerahkan sejak awal melakukan tolakan. Hal ini dikarenakan jarak tempuh yang dimiliki lari cepat lebih pendek.

5. Sikap badan

Dalam lari jarak menengah, ketika sudah hampir mendekati garis finish, badan tidak terlalu dicondongkan ke depan. Sedangkan dalam lari cepat, badan harus dicondongkan ke depan ketika sudah hampir menyentuh garis finish. Dengan mencondongkan badan ke depan, maka kecepatan akan semakin bertambah.

Itulah beberapa perbedaan yang terdapat pada lari jarak menengah dan lari cepat. Meskipun berbeda, namun pada umumnya teknik yang digunakan adalah sama.