Sarana dan Prasarana Lari Marathon yang Perlu Diketahui

Lari marathon adalah salah satu nomor lari dalam cabang atletik. Untuk bisa melaksanakan lari marathon, maka diperlukan sarana dan prasarana yang mampu menunjang. Berikut ini adalah beberapa sarana dan prasarana dalam lari marathon:

Sarana

1. Sepatu

Sepatu dalam lari marathon sangatlah penting. Sepatu yang digunakan haruslah mampu membuat pelari menjadi nyaman dan semakin menambah kecepatan saat berlari. Pilih sepatu yang pas di kaki. Jangan menggunakan sepatu yang sempit karena akan membuat kaki cepat lelah dan mudah cedera. Sepatu yang kebesaran juga akan memperlambat kecepatan.

Gunakan pula sepatu dengan bahan yang membuat kaki mudah bernafas sehingga tetap nyaman digunakan meskipun kaki berkeringat. Perhatikan pula sol sepatu. Pastikan tidak licin dan mudah mencengkeram jalan saat berlari.

Selain itu, pilih sepatu yang ringan. Beberapa sepatu memiliki berat yang dapat mengurangi kecepatan saat berlari, hindari sepatu jenis ini. Cobalah berjalan atau berlari ketika akan melakukan pembelian sehingga dapat menemukan sepatu yang pas.

2. Kaos

Kaos olahraga merupakan hal penting lain yang tidak boleh disepelekan. Gunakan kaos olahraga yang menggunakan bahan breathable sehingga badan tetap nyaman dan dingin saat berlari. Kini kaos olahraga yang beredar di pasaran pun semakin banyak ragam modelnya sehingga tetap modis saat berolahraga.

Tidak ada aturan khusus mengenai kaos yang digunakan dalam pertandingan lari marathon. Namun jika panitia telah menyediakan kaos khusus, maka para atlet lari harus menggunakan kaos tersebut.

Prasarana

1. Jalan

Lari marathon dilakukan di jalan raya sepanjang 42,195 km. Jalan yang digunakan haruslah memiliki struktur yang baik dan tidak berlubang atau rusak. Jalan yang digunakan tidak harus selalu lurus, tapi bisa juga memiliki kelokan.

Ketika perlombaan lari marathon dipertandingkan, akses umum di jalan raya tersebut biasanya ditutup sehingga bisa digunakan dengan leluasa oleh para atlet lari. Daerah pinggir jalan juga biasanya diberikan tanda agar atlet lari tidak bingung dengan rutenya.

Itulah beberapa sarana dan prasarana yang digunakan dalam lari marathon. Untuk bisa melaksanakan pertandingan lari marathon dengan baik, maka seluruh fasilitas tersebut hendaknya dicek ulang sebelum pertandingan berlangsung.