Beginilah Teknik Jalan Sehat yang Baik dan Benar!

Jalan sehat adalah salah satu bentuk olahraga yang sangat ringan dan mudah. Kegiatan jalan sehat sendiri biasanya juga menjadi agenda tahunan dalam perusahaan mengingat pentingnya kesehatan bagi para pegawainya.

Meskipun olahraga ini cukup ringan, namun terdapat teknik tertentu dalam pelaksanaannya. Namun sudah tahukah kamu teknik jalan sehat yang baik dan benar? Jika belum, berikut ini adalah teknik jalan sehat yang perlu kamu ketahui:

1. Berdiri tegak

Teknik pertama yang penting dalam jalan sehat adalah berdiri dengan tegak. Untuk dapat berdiri tegak, luruskan punggung agar posisi badan tegak lurus. Buka lebar bahu agar postur tampak lebih tegap.

2. Perlahan namun cepat

Dalam jalan sehat, tidak diperlukan kecepatan yang tinggi untuk melakukannya. Kamu hanya perlu berjalan lebih cepat namun tetap santai dan tidak tertekan. Lakukan langkah yang kecil untuk berjalan lebih cepat. Dengan begini, tenaga yang kamu gunakan juga tidak terlalu besar sehingga tidak cepat lelah.

3. Ayunkan lengan

Jalan sehat bukan berarti kamu harus berjalan tegak lurus dan kaku. Berjalanlah dengan santai sebagaimana kamu berjalan seperti biasanya. Ayunkan lengan dengan rileks namun usahakan untuk mengayunkan lebih tinggi dari biasanya.

4. Variasi kecepatan langkah

Untuk membuat jalan sehat menjadi lebih sehat dan tidak membosankan, sebaiknya gunakan variasi kecepatan. Berjalanlah dengan langkah cepat dan pendek, setelah beberapa menit, lakukan langkah besar namun lambat. Perubahan kecepatan langkah seperti ini akan membantu meningkatkan kekuatan jantung sehingga sangat baik diterapkan.

Selain baik untuk jantung, variasi kecepatan langkah dalam jalan sehat juga lebih efektif membakar kalori. Bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan dengan olahraga yang tidak berat, maka gunakan teknik ini ketika jalan sehat.

5. Jatuhkan kaki di depan tubuh

Dalam jalan sehat, posisi telapak kaki juga sangat berpengaruh. Ketika berjalan, usahakan agar kaki dijatuhkan tepat di depan tubuh. Kemudioan bawa berat badan ke depan agar tubuh ikut terikut berjalan ke depan. Hal ini dilakukan dengan tujuan memudahkan tubuh untuk terus berjalan tanpa harus mengeluarkan banyak tenaga.

Itulah beberapa teknik jalan sehat yang perlu kamu coba. Jalan sehat dapat dilakukan oleh siapa saja baik tua maupun muda karena tidak memerlukan tenaga yang terlalu besar dan jauh lebih aman dibandingkan olahraga lainnya.