Manchester City Tampaknya Harus Mengganti 5 Pemain Ini

Manchester City Tampaknya Harus Mengganti 5 Pemain Ini

Perjalanan Manchester City di Premier League musim 2019/2020 tampaknya belum seperti yang diharapkan. Dari delapan laga yang telah digelar, Manchester City telah menelan dua kekalahan dan sekali seri. Hasil tersebut memberikan akumulasi delapan poin untuk City di klasemen sementara.

Memang masih terlalu dini untuk menyerahkan gelar juara Liga Inggris dari sang juara bertahan, namun fakta bahwa City sedikit tergelincir di awal musim ini tentunya mengganggu sang pelatih, Pep Guardiola.

Pep Guardiola sedikit banyak berperan dalam kondisi City di awal musim ini. Kepergian Vincent Kompany dan pengaruhnya yang seharusnya memberikan perubahan dalam tubuh City. Sayang Pep tampaknya tidak melakukan apa – apa.

Belum lagi deretan pemain yang menjadi ujung tombak pertahanan City yang saat ini masih didera cedera seperti Leroy Sane, John Stones dan Aymeric Laporte. Jangan lupakan Benjamin Mendy dengan catatan cederanya. Hal ini berpengaruh ke Pep Guardiola yang akhirnya hanya punya sedikit pilihan untuk mengutak – atik lini belakangnya.

Mungkin jika Guardiola sempat memikirkan untuk mengganti beberapa pemain ditimnya untuk mengejar ketertinggalan musim ini, berikut nama – nama pemain yang sepertinya perlu dipertimbangkan Guardiola dilansir dari Sportskeeda.

Sergio Aguero

Mungkin agak aneh jika memasukkan Aguero dalam daftar ini. Pasalnya Aguero tampil gemilang di musim ini dengan koleksi delapan golnya dalam delapan laga terakhir.

Sejak kedatangan Guardiola di Stadion Etihad, Aguero telah bersinar. Gabriel Jesus yang digadang – gadang sebagai penggantinya sepertinya masih butuh tiga tahun untuk lebih matang. Aguero sendiri akan mengakhiri kontraknya dengan City pada 2021 mendatang, dan telah menjadi rahasia publik jika Aguero ingin kembali ke klub masa kecilnya, Indenpendiente.

Hal ini berarti Aguero mungkin saja akan bermain untuk terakhir kalinya di City hingga musim depan. City mungkin sebaiknya segera memikirkan penggantinya. Yang menjadi pertanyaan adalah siapa figur yang tepat menggantikan seorang Aguero yang telah berjasa besar untuk City ?

Pertanyaan tersebut akan menjadi tugas besar Guardiola dan Txiki Begiristain, Direktur Olahraga City. Untuk saat ini seorang pengganti Aguero mungkin saja akan bernilai ratusan juta poundsterling. Meski begitu, City tak diragukan lagi dengan kemampuan keuangannya.

Ilkay Gundogan

Mungkin kurang tepat jika kita mengatakan Ilkay Gundogan selama ini tidak cemerlang bermain di City. Namun mengatakannya sebagai pemain kunci di City juga kurang tepat.

Kedatangannya dari Borussia Dortmund ke City dihiasi dengan absen yang cukup panjang karena cedera. Gundogan memang berperan penting dalam perebutan beberapa gelar namun tidak sekrusial peran Kevin De Bruyne, Ederson, David Silva, Yaya Toure, Sergio Aguero dan Vincent Kompany.

Masa kontrak Gundogan masih tersisa tiga tahun di City. Mungkin ada baiknya memberikan kesempatan bagi Claudio, Gomes atau Aleix Garcia untuk menggantikan posisi Gundogan. Inter Milan sendiri sempat menaruh minat pada Gundogan walaupun belum ada langkah nyata terkait hal ini.

David Silva

Tak diragukan lagi jika David Silva adalah salah satu gelandang terbaik di Liga Inggris. Sejak kedatangannya di City sembilan tahun silam, Silva telah memberikan empat gelar Premier League untuk City.

Campuran teknik, passing, permainan bola dan skill yang dimilikinya telah berulang kali menyelamatkan City. Sayangnya, di musim terakhirnya dengan City Silva tak lagi sama seperti dulu kala.

Sementara itu, Guardiola memang menaruh perhatian pada De Bruyne. Di lain pihak Bernardo Da Silva menunjukkan bahwa dirinya lebih dari sekedar mampu untuk menggantikan Silva.

Darah muda lainnya, Phil Foden mulai berusaha tampil ke permukaan untuk membuktikan dirinya. Bintang muda Inggris ini mungkin dapat menjadi keputusan yang cerdas bagi Guardiola jika ingin menggantikan Silva. Jiwa muda dan hasratnya pada bola dapat menjadi keuntungan bagi City.

Fernandinho

Fernandinho kemungkinan menjadi pemain paling penting di City sejak kedatangan Guardiola. Pemain berusia 32 tahun ini seperti lem yang menyatukan keseluruhan tim. Kemampuan tackling, passing, marking dan intercepting-nya sangat membantu City dari berbagai serangan lawan.

Kedatangan Rodri dan cederanya Laporte dan Stones memaksa pemain asal Brazil ini berpindah posisi sebagai bek tengah. Fernandinho jelas mampu untuk posisi tersebut, namun kecepatannya tidak mendukung di posisi tersebut belum lagi Nicolas Otamendi yang sepertinya tidak dapat diandalkan.

Mungkin saatnya untuk melepasnya pergi, walaupun masih terbuka kesempatan untuk Fernandinho memperpanjang kontraknya. Ante Palavasera dapat menjadi pilihan City jika akhirnya memutuskan mengganti Fernandinho.

Nicolas Otamendi

Saat Laporte dan Stones kembali merumput, hampir dapat dipastikan akhir bagi Nicolas Otamendi. Terburu – buru, keras kepala dan kurangnya kewaspadaan seorang Otamendi sepertinya menjadi berkat tersendiri bagi lawan – lawan City.

Musim panas lalu saat Vincent Kompany meninggalkan City, banyak yang mengira jika Otamendi akan turut bersamanya, namun entah kenapa Otamendi tetap tinggal.