Inilah Cara Melakukan Medium Start yang Tepat!

Dalam cabang olahraga atletik dalam nomor lari, teknik start adalah salah satu teknik dasar yang wajib diketahui oleh setiap atlet. Teknik start dalam lari digunakan ketika melakukan awalan saat akan berlari. Adapun teknik yang sering digunakan adalah start jongkok. Teknik start jongkok terdiri dari 3 macam, yakni start pendek, start menengah, dan start panjang.

Untuk pembahasan kita dalam artikel kali ini, kita akan mengetahui cara melakukan start menengah atau medium start dalam lari. Medium start biasanya digunakan pada orang yang memiliki kaki yang tidak terlalu panjang atau tidak terlalu pendek. Untuk lebih mudah memahaminya, berikut ini adalah beberapa cara melakuykan medium start:

Posisi ‘bersedia’

Ketika panitia telah memberikan aba-aba ‘bersedia’, maka atlet harus segera berada di belakang garis start. Letakkan kedua tangan di belakang garis dengan jarak kedua tangan sedikit lebih lebar dari bahu. Bentuk huruf V dengan menggunakan jari.

Letakkan salah satu kaki sekitar 40 cm di belakang garis start. Sejajarkan lutuk kaki yang di belakang dengan jari kaki yang ada di depan. Jarak lutut dan ujung jari kaki depan hanya sekitar satu kepalan tangan saja. Lemaskan kepala dan fokuskan pandangan ke depan.

Posisi ‘siap’

Selanjutnya ketika panitia telah memberikan aba-aba ‘siap’, angkat pinggul agak ke atas sehingga posisi bokong lebih tinggi daripada bahu. Pindahkan seluruh tumpuan berat badan ke tangan sehingga badan terasa ringan.

Rendahkan posisi kepala, lalu pindahkan pandangan ke lintasan yang berjarak sekitar 1-1.5 meter dari garis start. Luruskan tangan untuk bersiap melakukan gerakan selanjutnya dan konsentrasi pada aba-aba berikutnya.

Posisi ‘ya’

Ketika panitia telah membunyikan tembakan atau memberikan aba-aba ‘ya’, maka segera angkat badan dan berlari sekuat mungkin dengan menolak badan menggunakan tumpuan kaki belakang. Condongkan badan ke depan untuk memaksimalkan kecepatan saat mulai berlari.

Itulah cara melakukan medium start dalam lari yang perlu diketahui. Untuk bisa mendapatkan posisi yang tepat dan kecepatan yang baik di awal lari, maka lakukan latihan sesering mungkin sehingga teknik start akan lebih sempurna saat bertanding.