5 Tips Jitu Ketika Mendaki Gunung Agar Tidak Cepat Lelah

Mengisi liburan dengan mendaki gunung adalah salah satu aktivitas yang sangat menyenangkan. Selain sehat untuk badan, mendaki gunung juga membantu menenangkan pikiran karena kita dapat melihat pemandangan yang indah selama mendaki.

Namun mendaki gunung sering kali terhambat dengan tubuh yang mudah lelah. Bagi kamu yang memiliki masalah ini ketika mendaki gunung, berikut ini adalah beberapa tips agar tidak mudah lelah ketika mendaki gunung:

1. Olahraga sebelum mendaki

Tubuh yang mudah lelah ketika mendaki gunung biasanya adalah tubuh yang tidak dilatih. Maka dari itu, sangat penting untuk melatih tubuh terlebih dahulu jauh hari sebelum hari pendakian. Lakukan jogging atau senam setiap hari selama setidaknya seminggu sebelum melakukan pendakian. Dengan begitu, otot tubuh akan menjadi lebih kuat.

2. Bawa air mineral

Mendaki membutuhkan tenaga yang sangat besar. Pendakian akan menyebabkan cairan tubuh berkurang sehingga tubuh menjadi mudah lelah. Bawalah air mineral selama perjalanan mendaki. Perbanyak minum air ketika tubuh terasa panas. Jangan menunggu haus untuk minum.

3. Istirahat

Ketika mendaki, jangan memaksa tubuh untuk terus bergerak. Berikan istirahat yang cukup agar pendakian dapat terus dilanjutkan. Istirahatlah dengan bersandar di pohon atau sekedar memapah tubuh dengan sebatang kayu. Dengan menenangkan otot sejenak akan membantu otot mendapatkan pendinginan yang cukup. Namun ingat untuk tidak duduk dalam posisi tertekuk karena akan membuat otot kaki meregang tiba-tiba.

4. Tetap makan

Mendaki membutuhkan tenaga yang super, maka kamu juga harus memiliki energi yang super pula. Siapkan cemilan sebanyak mungkin, namun yang berkalori tinggi seperti coklat, biskuit gandum, permen karet, atau apa saja yang ringan namun bertenaga. Kamu dapat mengunyahnya sambil mendaki sehingga tenaga tetap terisi selama perjalanan.

5. Bawa bawaan secukupnya

Ingatlah bahwa kamu ingin melakukan pendakian, bukan menginap di gunung. Jadi bawalah barang yang penting saja. Barang tersebut cukup berupa pakaian, makanan, obat-obatan, dan peralatan penting lainnya. Kamu juga dapat melihat beberapa tutorial menyimpan barang bawaan sesimpel mungkin pada beberapa video online. Semakin sedikit barang yang dibawa maka semakin ringan pula bebanmu.

Itulah 5 tips jitu mendaki gunung agar tidak mudah lelah. Namun dari semua tips di atas, hanya niat dan tekad yang kuat lah yang benar-benar mampu menghilangkan rasa penat dan letih yang dirasakan selama mendaki. Selamat mendaki!