Inilah Cara Ampuh Agar Tidak Cepat Lelah Saat Bermain Bola!

Menjaga stamina saat bermain bola sangatlah penting karena inilah senjata utama kita dalam memenangkan sebuah pertandingan. Agar tubuh tidak mudah lelah ketika bermain bola, kamu dapat mencoba beberapa cara di bawah ini:

1. Latihan rutin

Cara terbaik untuk mendapatkan stamina yang kuat ketika bermain bola adalah dengan berlatih secara rutin. Jika tubuh sudah terbiasa dengan permainan bola yang dilakukan dengan rutin, maka tubuh tidak akan lagi kaget dan lebih kuat ketika bermain bola.

Namun ingatlah untuk selalu melakukan pemanasan sebelum bermain bola. Lakukan pemanasan setidaknya sekitar 10 menit agar tubuh tidak tegang ketika latihan dan bermain bola.

2. Lakukan pola hidup sehat

Menjaga stamina berarti juga menjaga pola hidup sehat. Hindari merokok, minum alkohol dan makanlah makanan bergizi tinggi. Stamina yang diperlukan ketika bermain bola sangatlah besar sehingga kamu memerlukan kalori yang besar pula.

Konsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna untuk mendapatkan gizi yang seimbang. Jika porsi bermain bola yang kamu miliki cukup banyak, maka tambahkan pula tambahan kalori dalam menu seperti daging merah.

3. Latihan kardio dan wall sit

Selain melakukan latihan bola, cara lain agar tidak mudah lelah saat bermain bola adalah dengan melatih jantung. Jantung dapat kuat jika sering melakukan latihan kardio. Latihan kardio adalah latihan yang memacu jantung memompa darah ke seluruh tubuh dengan cepat. Latihan ini dapat berupa latihan lompat tali atau lari.

Selain latihan kardio, kamu juga dapat melakukan wall sit. Latihan wall sit akan membantu menguatkan otot bagian bawah terutama otot kaki. Cara melakukannya adalah dengan bersandar tegak lurus pada dinding dengan punggung yang menempel. Buka kaki selebar bahu, kemudian turunkan tubuh secara perlahan dengan menekuk kedua kaki hingga membentuk sudut 90 derajat.

4. Istirahat yang cukup

Selain berlatih dan menjaga pola hidup sehat, cara lain agar tidak mudah lelah adalah dengan mendapatkan istirahat yang cukup. Tidurlah paling tidak 6 atau 8 jam sehari. Istirahat yang cukup akan membantu tubuh meregenerasi sel tubuh sehingga tubuh kembali fit untuk beraktivitas.

Hindari begadang atau melakukan aktivitas tidak penting lainnya di malam hari. Kekurangan jam tidur tidak hanya membuat tubuh menjadi mudah lelah, tapi juga mengurangi konsentrasi ketika bermain bola.

Itulah beberapa cara agar tubuh tidak mudah lelah ketika bermain bola. Jika kamu sudah terbiasa untuk menerapkan cara di atas, maka bermain bola akan terasa lebih ringan dan mudah.