Inilah Cara Melakukan Lompat Tali Beregu yang Benar!

Lompat tali adalah salah satu olahraga yang menggunakan bantuan alat dalam pelaksanaannya. Olahraga lompat tali tak hanya dapat dilakukan sendirian, tapi juga beregu. Bermain lompat tali dengan beregu justru terasa lebih menyenangkan. Bagi kamu yang ingin mencobanya, berikut ini adalah cara melakukannya:

1. Pemain

Dalam permainan lompat tali beregu, diperlukan minimal 3 orang. Dua orang akan berdiri saling berhadapan dengan jarak tertentu sambil memegang tali. Sedangkan satu orang lagi akan melompat. Tiap pemain akan mendapatkan gilirannya masing-masing.

2. Persiapan

Buatlah jarak yang cukup pada tali agar kepala dapat masuk melewati tali yang berputar. Berdiri tegak lurus di tengah tali diantara dua pemain lainnya. Fokus pada tali dan tunggu hingga kedua pemain di samping memutar talinya.

3. Lompatan

Kedua pemain yang memegang tali mulai memutar tali setinggi mungkin. Putaran dilakukan dengan memutar lengan dalam posisi lurus searah jarum jam. Ketika tali berada di ketinggian maksimal, pemain yang akan melompat mulai agak membungkukkan badan untuk bersiap melompat.

Fokuskan pandangan pada arah tali, kemudian tunggu hingga tali mendekati bagian bawah kaki. Ketika tali akan melewati kaki, lakukan lompatan dengan menolak kedua kaki sambil melewati tali tersebut.

4. Pendaratan

Kedua pemain terus memutar tali hingga tali melewati kaki sedangkan pemain yang melompat bersiap untuk mendarat. Lakukan pendaratan dengan menggunakan kedua kaki sambil ditekuk sedikit. Kemudian kembali bersiap melakukan lompatan yang selanjutnya. Tetap fokus ke arah tali untuk memulai lompatan selanjutnya.

Perhatikan arah datangnya tali baik sesudah maupun sebelum melompat. Dapatkan tempo melompat yang tepat agar lebih mudah menerka lompatan selanjutnya.

Jika ingin melakukan lompat tali beregu dengan dua pemain yang melompat, pastikan pemain pertama telah mendapatkan tempo lompatan yang pas terlebih dahulu barulah masuk pemain kedua ke dalam putaran tali. Namun gunakan tali yang lebih panjang jika ingin melakukan lompat tali dengan dua orang sekaligus di dalamnya.

Itulah cara melakukan lompat tali beregu yang baik dan benar. Untuk mendapatkan lompatan yang tepat, peran pemain yang memutar tali juga sangat penting. Maka dari itu, pilih pemain yang benar-benar mampu menyelaraskan putaran agar lompatan lebih mudah dilakukan.