5 Peraturan Olahraga Petanque Yang Harus Dipahami

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan penjelasan kepada anda mengenai apa saja peraturan olahraga petanque yang mungkin banyak dari anda yang belum mencoba atau bahkan belum mengetahui olahraga yang satu ini. Pembahasan awal kita akan mengarah kepada definisi dan sejarah dari olahraga tersebut dan baru nanti anda harus memahami peraturan-peraturan yang ada seperti ketika anda mematuhi peraturan permainan rounders atau juga peraturan permainan golf yang sudah kita bahas sebelumnya.

Petanque merupakan sebuah olahraga yang pertama kali berasal dari Perancis yang kemudian seiring berjalannya waktu olahraga tersebut semakin lama semakin dikenal dan bahkan menyebar di negara lain, sampai dengan di Indonesia itu yang kemudian didirikanlah sebuah organisasi yang bernama Federasi Olahraga Petanque Indonesia atau yang disingkat dengan FOPI.

Olahraga petanque merupakan permainan boules yang dilakukan dengan tujuan melempar bola besi dengan jarak sedekat mungkin dengan bola kayu yang disebut dengan choconet atau Boka. Selain itu, kaki dari pemain petanque juga harus berada di dalam lingkaran kecil.

Umumnya petanque dimainkan di tanah, namun bagi anda yang ingin merasakan atau menggunakan arena lain maka anda bisa memainkan petanque di pasir, rerumputan, maupun juga pada permukaan lainnya yang tentu saja akan memberikan kesan tersendiri karena anda memainkan petanque di tempat yang jarang digunakan.

Seperti halnya dengan teknik dasar permainan sepak bola maupun juga teknik dalam permainan dodgeball, olahraga patenque juga memiliki teknik sendiri yang tentu saja harus dikuasai oleh setiap pemain jika mereka ingin menjadi pemain handal. Dan yang tidak kalah penting anda juga harus memahami apa saja peraturan olahraga patenque yang akan kami jelaskan di bawah ini.

1. Dimainkan dengan 1 lawan 1 atau 2 lawan 2

Peraturan dasar yang harus anda pahami jika anda ingin memainkan olahraga patenque adalah anda harus memahami bahwa olahraga ini harus dimainkan dengan 1 lawan 1, 2 lawan 2, maupun juga bisa dimainkan dengan 3 lawan 3. Seseorang yang memainkan bola ini akan diberikan 3 BOULE.

Namun jika ternyata patenque dimainkan dengan 3 lawan 3, maka pemain tersebut hanya akan diberikan BOULE sebanyak 2. Sekedar informasi yang juga tidak kalah penting bahwasanya patenque merupakan jenis olahraga yang tidak dibatasi oleh umur. Dengan kata lain, lawan anda kemungkinan bisa lebih muda atau bahkan bisa lebih tua dari anda.

2. Diawali dengan “Tos”

Seperti halnya peraturan yang ada pada sepakbola, olahraga patenque juga akan dimulai dengan “Tos” meskipun dengan cara yang berbeda yang dilakukan pada permainan sepak bola maupun olahraga yang lainnya. Pemain yang telah memenangkan tos akan dipersilahkan untuk melakukan lemparan boke ke dalam lingkaran yang nantinya akan disimpan pada salah satu sisi lapangan.

Adapun jaraknya sendiri yakni kurang lebih 6 sampai dengan 10 meter. Pemain tersebut juga nantinya akan diberikan kesempatan untuk melempar sebanyak 3 kali. Jika ia tidak memenuhi jarak yang telah ditentukan meskipu sudah melakukan lemparan 3 kali, maka secara otomatis pemain tersebut akan dinyatakan gagal dan kemudian kendali permainan akan diberikan kepada lawan.

3. Melempar sedekat mungkin ke boke

Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya bahwa pemain harus melakukan lemparan boule atau bola besar sedekat mungkin dengan jarak dari boke. Pada tahap ini tentu saja setiap pemain dituntut untuk memiliki skill yang mempuni karena ia hanya memiliki tiga kesempatan untuk melemparkan bola besar sedekat mungkin.

Dan jika ia malah tidak mencapai target, maka kemudian wasit akan menyatakan bahwa ia telah gagal dan kemudian permainan akan dialihkan ke pihak lawan. Namun yang harus diperhatikan bahwa lawan anda pun di sini memiliki kesempatan yang sama dimana ia bisa melakukan lemparan boule sedekat mungkin dengan boke atau bola kecil, atau malah ia melempar dan kemudian mengenai bola pemain pertama sehingga sampai jatuh.

4. Regu yang boulenya paling jauh dari boke, akan diberi kesempatan untuk main tersebut

Perlu anda ketahui bahwa jika ternyata regu yang bermain tersebut boulenya memiliki jarak yang paling jauh dari boke diantara regu atau pemain yang lainnya, maka ia akan tetap diberikan kesempatan untuk melanjutkan permainannya dan bahkan nantinya sampai jaraknya lebih dekat dengan boke regu tersebut dibandingkan dengan regu yang lain.

5. Skor maksimal 13 

Informasi lainnya yang harus anda pahami bahwa seorang pemain atau regu yang pertama kali mencapai angka atau skor 13, maka otomatis ia akan dinyatakan sebagai pemenang dari olahraga ini. Dengan kata lain, setiap pemain harus berlomba-lomba untuk mencapai skor 13 agar ia bisa langsung dinyatakan sebagai pemenang.

Demikian informasi dari kami mengenai peraturan olahraga petanque, namun anda jangan lupa bahwa anda harus melakukan beberapa pemanasan atau warming up seperti misalnya meragangkan tubuh sebagai pemanasan olahraga-olahraga yang umum dilakukan.