8 Peraturan Permainan Golf bagi Pemula

Dalam setiap olahraga, tentunya ada peraturan yang perlu diikuti. Tak hanya peraturan permainan sepak bola atau peraturan permainan bola basket, olahraga dengan bola yang juga memiliki aturan tersendiri adalah golf. Jenis olahraga yang kelihatan eksklusif ini dapat dimainkan oleh siapa saja tentunya. Namun ketika Anda menjadi seorang pegolf pemula, ada peraturan-peraturan permainan golf yang perlu diperhatikan.

Permainan golf pada umumnya memiliki 2 tipe permainan, yaitu match play dan juga stroke play di mana terdiri juga dari 18 lubang. Setelah mengetahui tentang hal ini, maka kita dapat beranjak pada peraturan-peraturan penting dalam permainan yang perlu diketahui sekaligus dipelajari agar tidak terjadi kesalahan saat bermain.

Baca juga:

  1. Pukulan Pertama Dimulai dari Teeing Ground

Pukulan pertama pada permainan golf selalu dimulai dari teeing ground, tapi apabila permainan golf yang dilakukan adalah foursomes yang terdiri dari 2 tim dengan masing-masing 2 orang, tentu pukulan harus dilakukan secara bergantian oleh setiap anggota tim. Tiap anggota tim perlu memukul menggunakan 1 buah bola saja dari teeing ground dengan jenis pukulan golf yang dinamakan dengan tee shot.

  1. Pukulan Tersedikit yang Menjadi Pemenang

Berbeda dari permainan olahraga lainnya, dalam permainan golf aturan utamanya adalah jumlah pukulan tersedikitlah yang akan menjadikan pemainnya seorang pemenang. Kalau olahraga lain mengutamakan skor terbanyak dalam penentu kemenangan, dalam golf pemenangnya adalah yang memukul paling sedikit.

Maksudnya di sini adalah tiap pemain perlu memasukkan bola ke dalam lubang di mana jumlah pukulan harus paling sedikit. Itulah mengapa tiap pemain amat dituntut supaya mempunyai skill yang bagus berikut juga dengan feeling yang baik supaya penentuan arah bola berjalan sempurna. Dengan begitu, pukulan pun tak perlu dilakukan berkali-kali.

  1. Berjalan Kaki untuk Pukulan Selanjutnya

Berjalan kaki adalah hal yang biasa dilakukan para pegol, terutama ketika hendak melakukan pukulan selanjutnya. Ini membuktikan bahwa memang olahraga atau permainan golf adalah kegiatan yang santai sehingga memang untuk menuju pada tempat pukulan berikutnya bisa cukup berjalan kaki.

(Baca juga: peraturan lompat galahstrategi permainan sepak bola – teknik dasar tenis meja)

  1. Skor

Dalam permainan golf, skor pemain memang perhitungannya agak rumit dibandingkan permainan olahraga lain. Bahkan dalam peraturan skor, kemungkinan untuk pemain mendapatkan skor minus pun ada. Berikut adalah sedikit penjabaran tentang skor dalam permainan golf yang perlu diketahui oleh para pemula.

  • Tiga pukulan di bawah par disebut dengan albatros atau Double Eagle di mana skornya adalah -3.
  • Dua pukulan di bawah par disebut dengan Eagle di mana skornya adalah -2.
  • Satu pukulan di bawah par disebut dengan Birdie di mana skornya adalah -1.
  • Jumlah pukulan sama dengan par disebut dengan par di mana skornya adalah 0.
  • Satu pukulan di atas par disebut dengan Bogey di mana skornya adalah +1.
  • Dua pukulan di atas par disebut Double Bogey di mana skornya adalah +2.
  • Tiga pukulan di atas par disebut dengan Tripple Bogey di mana skornya adalah +3.
  • Proses memasukkan bola dari teeing ground hingga ke lubang yang dipukul hanya sekali saja disebut dengan hole in one.
  1. Aturan Penalti

Dalam olahraga permainan golf pun, dikenal juga istilah penalti yang tentunya memiliki aturan berbeda dari penalti olahraga lainnya. Untuk memperjelas, berikut adalah sedikit informasi tentang penalti selama permainan berlangsung.

  • Bola bisa dianggap tak bisa dimainkan oleh pemain di dalam lapangan dalam posisi apapun. Pemain diwajibkan melakukan penalti satu pukulan supaya dapat memainkan bola. Pada penalti satu pukulan ini, artinya pemain perlu memainkan bola dari posisi bola terakhir kali pemain mainkan.
  • Pemain boleh membersihkan, mengangkat, dan juga mengganti bola ketika memperoleh penalti.
  1. Pendampingan Caddy

Pada waktu pemain harus berjalan kaki untuk memukul bola berikutnya, maka biasanya seorang caddy akan mendampingi. Seorang caddy tugas utamanya adalah membantu pegolf atau bisa juga dianggap sebagai asisten. Caddy pun dapat diandalkan oleh pemain karena caddy diperbolehkan untuk memberi saran ketika permainan sedang berlangsung.

Baca juga:

Aturan Selama Bermain Golf

Sebelum Bermain

  • Pemain harus bersiap untuk melakukan pukulan sesuai giliran dan perlu untuk menyiapkan perlengkapan golf untuk pemula atau juga profesional tergantung dari jam terbang Anda. Dan perlengkapan tersebut meliputi; bola, sarung tangan, club, dan juga tee supaya tempo permainan lebih cepat.
  • Ambil posisi berdiri dan rileks, namun pastikan bahwa posisi Anda tak menutupi garis pandang pemain lain.
  • Mematikan ponsel adalah keharusan agar tidak mengganggu konsentrasi Anda dan teman ketika bermain.
  • Saat memukul bola, tunggu sampai orang-orang yang berada di depan Anda cukup jauh.
  • Periksalah lebih dulu peraturan lokal tertulis pada bagian belakang kartu skor tepat sebelum memulai tee-off.

Saat Bermain

  • Pemain dengan pukulan bola terjauh dari lubang bisa bermain lebih dulu sesudah pukulan tee-off dilakukan.
  • Ketika melakukan divots, maka sisa divots sebaiknya Anda pasang kembali sambil juga memperbaiki bekas pukulan di bagian bunker sekaligus bekas bola pada wilayah green.
  • Jangan ambil posisi berdiri di garis pemain lain yang tengah proses melakukan putting serta terus perhatikan posisi tee selanjutnya sambil meninggalkan club pada sebelah green ketika ada di wilayah green.
  • Bola tidak masalah tidak di putt ketika sedang pada match play di mana pada umumnya terjadi ketika bola ada di area hole.
  • Ketika sedang tak dalam giliran bermain dan juga sedang tidak di area green, jangan lupa untuk mencatat skor pada kartu skor yang sudah Anda bawa pada tee selanjutnya.
  • Untuk menghemat waktu ketika bola hilang, mainkan saja bola kedua provisional di mana memainkannya pun harus dari tempat yang sama.
  • Ketika tanpa disengaja Anda melakukan pukulan dengan bola mengarah ke orang lain, teriakkan ‘Fore!’ untuk memberikan peringatan pada mereka.
  • Ketika pukulan bola Anda masuk ke dalam rough, coba lihat titik tempat baris sebelah mana bola terakhir terlihat dan langsung jemput ke sana.

Baca juga:

Ingat bahwa golf merupakan sebuah permainan yang sebenarnya bertujuan mempererat persahabatan sekaligus memperluas pergaulan. Maka menjaga tingkah laku dan sikap kita adalah hal penting, yakni dengan menahan emosi ketika gagal melakukan pukulan. Ini karena ketika ketenangan Anda hilang, maka hal tersebut otomatis mengurangi sisi keren Anda selama permainan.

Jika bola sempat hilang, maka hanya ada waktu 5 menit bagi setiap pemain untuk menemukannya kembali. Ada baiknya sesudah putaran permainan berakhir, lakukanlah jabat tangan dengan pasangan bermain Anda. Mengucapkan kata pujian terhadapnya juga sangat baik dilakukan untuk menjaga hubungan tetap harmonis.