Home » Olahraga A - Z » Golf » Teknik Flop Shot dalam Permainan Golf

Teknik Flop Shot dalam Permainan Golf

by Elang Hendy Brata

Di dalam permainan golf, ada beberapa teknik yang perlu pemain kuasai. Salah satu teknik yang sering dilakukan adalah Flop Shot.

Perlu Anda ketahui bahwa teknik Flop Shot tidak mudah dilakukan. Bahkan, tidak semua pegolf mampu melakukan teknik satu ini.

Sangat Dibutuhkan keseriusan, fokus, latihan keras, hingga percaya diri tinggi agar teknik flop shot bisa sempurna.

Pada dasarnya, Teknik Flop Shot dalam olahraga golf merupakan sebuah teknik pukulan agar bola melambung lurus tinggi ke atas. Akan tetapi, bola akan berhenti sesaat ketika jatuh ke tanah.

Penggunaan Teknik Flop Shot hanya dilakukan saat tertentu saja. Contohnya ketika pegolf ada di area hijau dengan menggunakan pin.

Untuk bisa mempelajari teknik Flop Shot, ikuti caranya di bawah ini.

1.Siapkan Stuk Wedge

Ilustrasi Stuck Wedge

Trik pertama saat melakukan teknik flop shot adalah menyiapkan stuk wedge yang mempunyai sudut 60 derajat.

Selain itu, Anda bisa gunakan stik lainnya seperti high wedges. Hal tersbeut bisa menghasilkan pukulan flop shot secara maksimal.

2. Posisikan Bola di Tengah Badan

Anda bisa posisikan bola di depan sela-sela kaki. Hal tersebut dilakukan agar dapat menghasilkan pukulan sempurna.

3. Arahkan Bagian Depan Stik Golf Ke Atas

Teknik tersebut dilakukan seperti Anda sedang membuat segelas air yang seimbang di atas permukaan stik.

Saat Anda melakukan teknik flop shot, maka permukaan dari stik tersebut akan menghadap di sebelah kanan target.

Untuk posisi pinggang, kaki dan juga bahu, nantinya akan menghadap samping dan sejajar dengan stik golf. Posisi tersebut berfungsi untuk menghasilkan pukulan yang tinggi hingga melambung.

4. Tambah Garis Bantuan

Cara menambah garis bantuan adalah dengan menempatkan sebuah stik golf di sepanjang garis untuk Anda pukul. Hal itu membuat bola dapat mengarah langsung ke target.

Anda juga bisa tempatkan satu stik lagi pada garis kaki. Hal tersebut membuat posisi Anda terlihat sejajar dengan garis dari stik golf sebelumnya.

5. Fokus Pada Satu Ayunan Penuh

Fokus Pada Satu Ayunan Penuh

Anda perlu fokus pada satu ayunan penuh sebelum melakukan pukulan. Sesuaikanlah dengan garis kaki ketika ingin melakukan teknik flop shot.

Selain itu, Anda juga harus yakin bahwa ayunan tersebut mampu mendorong bola dekat pin.

6. Berlatih Cara Mendorong Bola yang Tepat

Berlatih Cara Mendorong Bola

Terakhir, Anda harus tahu cara mendorong bola yang tepat. Kunci teknik flop shot adalah mengharuskan bola terdorong ke atas dan bukan ke depan.

Tujuannya adalah bola dapat melambung lebih tinggi dan sampai pada area dekat dengan pin.

Hal yang Harus Diperhatikan saat Melakukan Flop Shot

Jika teknik flop shot dilakukan dengan baik dan benar, maka bola bisa sampai ke area tujuan dengan cepat serta tepat. Saat Anda melakukan teknik flop shot, perhatikan 3 hal sebagai berikut:

  • Yakin dan Percaya Diri

Seperti yang disinggung sebelumnya bahwa pegolf harus yakin dan percaya diri saat melakukan teknik flop shot. Jika masih ragu, disarankan untuk gunakan teknik pukulan lainnya

Perhitungan jarak juga tidak boleh meleset. Jika Ayunan tidak tepat, maka hanya buang-buang waktu dan kesempatan.

  • Gunakan Teknik Pukulan Lain    

Anda juga perlu menerapkan teknik pukulan lain untuk mendekatkan bola pada pin. Apalagi teknik flop shot hanya bisa dilakukan pada kondisi tertentu. Gunakan teknik pukulan lain yang Anda rasa jauh lebih akurat dan juga tepat.

  • Lakukan Dengan Santai dan Fokus 

Ketika melakukan teknik flop shot, Anda harus fokus dan tetap santai. Janganlah terlalu kaku saat melakukan pukulan tersebut.

Anda juga bisa melakukan variasi kekuatan dan kecepatan ayunan. Dengan melakukan latihan Anda bisa paham tenaga yang dibutuhkan untuk melakukan flop shot. 

You may also like