16 Posisi Pemain Sepak Bola dan Penjelasannya

Posisi Pemain Sepak BolaPosisi pemain dalam sepakbola ada empat sektor, kiper, pertahanan, tengah, depan. Diantara empat sektor itu diperlukan kekuatan pada masing-masing individu untuk membentuk tim tangguh dan bermental juara. Selain mengenali setiap aturan permainan, pengenalan akan peran dan posisi pemain sepak bola juga penting seperti sebagai berikut.

(Baca juga: peraturan permainan sepak bola)

1. Kiper/Penjaga Gawang

Kiper adalah posisi yang bertempat dibawah mistar gawang dan bertugas menjaga agar gawang tidak disusupi bola oleh tim lawan, kiper boleh menggunakan seluruh tubuhnya untuk menjaga gawang selama ia berada di kotak penalti dan lazimnya mesti mempunyai tendangan yang bagus karena sering melakukan tendangan gawang juga fisik yang tinggi untuk menghindari bola atas. Pada sektor ini hanya ada satu posisi, kiper dengan macam rolenya.

  • Kiper

Peran ini berfokus pada peran simpel dan meminimasilir resiko terhadap pengunaan bola, dengan kiper yang sederhananya mengawasi bola agar jauh dari gawang dengan mengopernya ke pemain yang bebas. Jika tidak ada pemain yang bebas, kiper akan memainkannya ke depan dengan aman.

  • Sweeper-Kiper

Sweeper kiper menampilkan dua peran. Disamping menjadi kiper standar, dia akan menyapu bola di depan dan area lebar di sekitar kotak penalti dan menginisiasi serangan balik.

2. Pertahanan

Sektor ini bertugas mempertahankan bola tetap diluar kotak penalti dan mencegah tim lawan melancarkan serangan balik, biasanya bertempat di depan kiper, kiper biasanya bertugas mengomunikasikan taktik bertahan. Perlu fisik yang bagus dan mempunyai agresivitas yang terkontrol. Berikut ada lima posisi, sweeper, bek, bek sayap, gelandang bertahan, gelandang bertahan sayap dengan perannya.

3. Sweeper

Sweeper ini adalah posisi bertahan yang sangat kritis dan punya tanggung jawab besar terhadap pertahanan, tanggung jawabnya hampir sama dengan kiper dalam menjaga gawang, posisi ini biasanya dipakai jika tim lemah melawan tim yang jauh lebih kuat.

Sweeper adalah pemain yang posisi utama selalu ada di lubang antara kiper dan bek tengah, di belakang barisan pertahanan, bertujuan menyapu bola sejauh mungkin, mengaba-abai penyerang sebanyak kesempatan yang mungkin untuk serangan balik dan menyelamatkan gawang dengan blok, tekel, dan intersep.

4. Bek/Libero

Bek adalah pemain yang berada di depan kiper sebagai pertahanan  apabila bola lolos ke kotak penalti. Fungsi lazimnya bukan untuk distributor bola, walau kadang tim yang dinamis sering menggunakan bek tengah sebagai patokan distribusi bola. Berikut macam perannya:

  • Bek Tengah

Pekerjaan utamanya adalah menghentikan serangan dan menghentikan laju bola yang diusung lawan serta membebaskan bola dari bahaya bila diperlukan.

  • Pengolah Bola/Ball Playing Defender

Pekerjaan utama pengolah bola adalah menghentikan permainan penyerang lawan. Walau begitu, tidak seperti bek tengah standar, pemain yang berperan ini mendorong agar bola dibawa jauh dari area pertahanan dan memainkan serangan balik dari dalam.

  • Bek Terbatas/Limited Defender

Pekerjaan utamanya adalah menghentikan serangan dan menghentikan laju bola yang diusung lawan serta membebaskan bola dari bahaya bila diperlukan. Tujuannya adalah merebut bola tanpa mengakibatkan tendangan bebas bagi lawan dan membuatnya aman dan bebas ke tengah lapangan tanpa pelanggaran.

(Baca juga: latihan fisik sepak bola)

5. Bek Sayap

Bek sayap adalah pemain bertahan yang bertugas mengawal aliran bola dan mengawal pertahanan, biasanya para sayap bertahan yang mempunyai tendensi untuk menyerang akan menjadi primary outlet yang mengatur irama penyerangan. Sayap ini sangat penting untuk mencegah umpan ke tengah dan melakukan intersep. Berikut macam role bek sayap:

  • Bek Penuh

Bek penuh adalah pemain kunci dalam persepakbolaan modern, harus menyokong peran bek pertahanan biasa dengan dukungan sayap yang tumpang tindih/berlapis dengan gelandang agar tim bisa membuat bola maju ke depan dan memulai serangan pada sepertiga lapangan.

  • Bek Sayap

Bek sayap ini biasanya bermain melebar tanpa dukungan pemain sayap lain. Bek sayap harus memenuhi semua peran defensif dan menyerang, baik sayap maupun menjadi bek penuh.

6. Gelandang Bertahan

Gelandang bertahan disebut juga gelandang angkut air adalah posisi dimana sang pemain harus multitasking menjadi distributor bola maupun menjadi pertahanan, biasanya hanya pemain berfisik tangguh dan skill tinggi yang bermain di posisi ini. Berikut macam perannya:

  • Gelandang

Gelandang yang bertanggung jawab untuk rajin menyediakan jalan distribusi antara pernyerangan dan pertahanan yang serbaguna. Diharapkan menampilkan berbagai macam tugas menyebrangi lapangan, gelandang diharapkan berkemampuan terhadap kewaspadaan taktis dan kemampuan teknis untuk menyokong pertahanan maupun penyerangan.

  • Deep Playmaker/Inisiator Permainan

Tugas dari deep playmaker adalah mencari tempat diantara pertahanan dan barisa gelandang untuk menginisiasi serangan melalui operan yang mengarah dengan tepat kepada pemain yang berada dalam posisi barisan para penyerang.

  • Ball-Winning Mid/Perebut Bola

Fungsi utama dari role ini adalah pemain yang bertujuan memulihkan bola di lini tengah, dengan tujuan memotong lawan. Begitu dia melucuti lawan dan memiliki bola, tujuan selanjutnya adalah meneruskan bola langsung ke playmaker depan.

Karena ini, praktislah bahwa pemain jenis ini ada di sisinya sebagai rekan setim yang bisa bermain dari area lini tengah. Juga bisa menggunakan gelandang perebut bola ini untuk menandai lawan secara individu di lini tengah. Peran dalam menyerang tidak ada, karena jarang mencetak gol. Biasanya digunakan pada serangan balik.

7. Bertahan Sayap

Gelandang ini biasanya dipakai untuk mengawal pertahanan dan menginisiasi penyerangan. Tugasnya hampir sama dengan bek sayap. Bek sayap ini biasanya bermain melebar tanpa dukungan pemain sayap lain. Bek sayap harus memenuhi semua peran defensif dan menyerang, baik sayap maupun menjadi bek penuh.

8. Sektor Tengah

Sektor ini bertugas mengolah bola dan mendistribusikan bola ke barisan penyerangan. Biasanya mereka mencetak gol atau mengasssist para penyerang. Gelandang ini biasanya berisi barisan pemain berstamina dan berkemampuan besar. Makanya, banyak gelandang muda yang bersinar, Renato Sanches misalanya, stamina anak mudanya tentu sangat besar, belum lagi ia memang berkemampuan. Pada sektor ini ada empat posisi, gelandang tengah, gelandang tengah sayap, gelandang serang, sayap.

9. Gelandang Tengah

Gelandang tengah adalah posisi yang mewajibkan para pengisinya agar memiliki komunikasi dengan kedua sektor yang baik, berlari melintasi lapangan untuk menggilir bola ke penyerang sehingga membuahkan gol, gelandang ini harus oportunis dan mahir dalam operan. Berikut macam-macam peran gelandang dengan 3 macam peran sama dengan gelandang bertahan:

  • Gelandang Tengah

Gelandang yang bertanggung jawab untuk rajin menyediakan jalan distribusi antara pernyerangan dan pertahanan yang serbaguna. Diharapkan menampilkan berbagai macam tugas menyebrangi lapangan, gelandang diharapkan berkemampuan terhadap kewaspadaan taktis dan kemampuan teknis untuk menyokong pertahanan maupun penyerangan. Peran yang sama seperti gelandang bertahan.

  • Deep Playmaker/Inisiator Permainan

Tugas dari deep playmaker adalah mencari tempat diantara pertahanan dan barisa gelandang untuk menginisiasi serangan melalui operan yang mengarah dengan tepat kepada pemain yang berada dalam posisi barisan para penyerang.

  • Ball-Winning Mid/Perebut Bola

Fungsi utama dari role ini adalah pemain yang bertujuan memulihkan bola di lini tengah, dengan tujuan memotong lawan. Begitu dia melucuti lawan dan memiliki bola, tujuan selanjutnya adalah meneruskan bola langsung ke playmaker depan.
Karena ini, praktislah bahwa pemain jenis ini ada di sisinya sebagai rekan setim yang bisa bermain dari area lini tengah. Juga bisa menggunakan gelandang perebut bola ini untuk menandai lawan secara individu di lini tengah. Peran dalam menyerang tidak ada, karena jarang mencetak gol. Biasanya digunakan pada serangan balik.

  • Box-to-box Midfielder

Posisi dinamis yang bekerja non-stop ini memungkinkan untuk berkontribusi besar baik bagi penyerangan ataupun pertahanan, harus mempunyai energi yang besar agar bisa menyandang peran dalam penyerangan jika ball posession tinggi dan langsung bertahan apabila ball posession turun.

  • Advanced Playmaker

Posisi ini bertujuan untuk mengisi lubang antara pergelandangan dengan pertahanan yang memungkinkan operaan kawan mengarah kepadanya dan itu semua bertujuan agar pertahanan tim tiba-tiba menjadi perlawanan.

(Baca juga: teknik dasar permainan sepak bola)

10. Gelandang Sayap

Gelandang sayap ini biasanya mencoba mengatur serangan dan mengawal gelandang tengah, karena begitu permainan menjadi menyerang, mereka akan bersiap mendapat operan dan ada juga peran sayap ini untuk memaksimalkan pertahanan. Peran posisi ini, antara lain:

  • Sayap

Peran sayap bertujuan untuk mengalahkan pemain lawan dan perlu kecakapan teknis untuk melakukannya. Sayap mesti berada dekat dekat garus tepi apabila tim sedang menyerang, bersiap untuk mencari tempat dan menyerang dari pinggir.

  • Gelandang Lebar

Gelandang lebar adalah bagian penting dari tim manapun. Banyak pemain merasa bahwa karena mereka tidak bermain di tengah lapangan, mereka merasa tidak penting bagi tim. Bermain di posisi gelandang sepak bola yang lebar, Anda akan memiliki banyak peluang di sekitar gawang lawan untuk mencetak gol. Pemain lebar diharapkan bisa mengirimkan umpan silang yang akurat ke dalam kotak, mampu mengalahkan lawan lawan satu lawan satu, dan bermain baik ofensif maupun defensif.

  • Sayap Bertahan

Sayap bertahan bertujuan untuk menekan pertahanan lawan, memenangkan bola lagi dan tetap mempertahankannya, menggulir bila dari tepi atau dengan operan silang cepat kepada pemain depan.

11. Sayap

Sayap ini biasanya digunakan tim bermental menyerang, karena laih-alih mengawal pertahanan, mereka sebetulnya berada di barisan serangan yang mengawal dan mengumpan para penyerang, seringkali mereka sendiri mencetak gol. Berikut perannya:

  • Sayap

Peran sayap bertujuan untuk mengalahkan pemain lawan dan perlu kecakapan teknis untuk melakukannya. Sayap mesti berada dekat dekat garus tepi apabila tim sedang menyerang, bersiap untuk mencari tempat dan menyerang dari pinggir.

  • Inside Forward

Bertujuan untuk memotong jalan lawan dari sisi lapangan dan berlari tepat mengarah ke pusat pertahanan lawan.

  • Advanced Playmaker

Posisi ini bertujuan untuk mengisi lubang antara pergelandangan dengan pertahanan yang memungkinkan operaan kawan mengarah kepadanya dan itu semua bertujuan agar pertahanan tim tiba-tiba menjadi perlawanan.

12. Gelandang Serang

Gelandang serang atau disebut juga second striker adalah posisi dimana kita menjadi lubang antara distribusi bola dan diri kita sendiri. Posisi ini sangat membebaskan untuk mencetak gol, dan lazimnya sekarang memang dijadikan pos paling dinamis, contoh yang terkenal, Lionel Messi. Berikut macam perannya:

  • Gelandang Tengah

Gelandang yang bertanggung jawab untuk rajin menyediakan jalan distribusi antara pernyerangan dan pertahanan yang serbaguna. Diharapkan menampilkan berbagai macam tugas menyebrangi lapangan, gelandang diharapkan berkemampuan terhadap kewaspadaan taktis dan kemampuan teknis untuk menyokong pertahanan maupun penyerangan. Peran yang sama seperti gelandang bertahan.

  • Advanced Playmaker

Posisi ini bertujuan untuk mengisi lubang antara pergelandangan dengan pertahanan yang memungkinkan operaan kawan mengarah kepadanya dan itu semua bertujuan agar pertahanan tim tiba-tiba menjadi perlawanan.

  • Inside Forward

Bertujuan untuk memotong jalan lawan dari sisi lapangan dan berlari tepat mengarah ke pusat pertahanan lawan.

13. Sektor Penyerangan

Pada sektor ini akan kita jumpai bintang-bintang terkenal, karena biasnaya pemain-pemain bagus berposisi sebagai penyerang, tebtu dianggap bagus karena produksi gol mereka, apalagi di tim-tim yang berkelas dunia. Di sektor ini ada sebanyak dua buah posisi, penyerang (Centre Forward), penyerang sayap.

14. Penyerang

Penyerang ini bertugas mengontrol penuh serangan, ada yang menunggu operan, ada yang membangun serangan, ada yang menunggu di depan gawang dan macam-macam lainnya, merekalah biasanya pahlawan pertandingan, karena merekalah pencetak golnya, berikut macam-macam perannya:

  • Poacher

Poacher biasanya berdiri di barisan pertahanan lawan dan selalu mengekor pertahanan terakhir, jika mendapat bola, ia langsung menerobos garis pertahanan itu. Dia jarang membangun serangan, dia lebih sering di garis pertahanan lawan dan mencari kesempatan begitu dapat di sekitar area penalti.

  • Target Man

Peran ini dapat merubah tim yang bermain biasa dan tiba-tiba bermain baik dengan menggunakan semata-mata kekuatan fisiknya untuk menggerocoki pertahanan lawan. Target man menggunakan kekuatan dan lompatan tinggi (sundulan) untuk membantu teman setim maju menyerang dan hanya perlu semata-mata kekuatan fisk daripada bergantung kepada kemampuan teknis.

  • Deep Lying Forward

Deep Lying Forward berfunsi utama sebagai orang yang menghubungkan barisan tengah ke barisan depan. Ia bertujuan untuk menggiring bola ke ruang bebas dan mempertahankannya sebelum mengopernya ke teman setim.

  • Advanced Forward

Peran utama dari peran ini adalah untuk memimpin barisan penyerang dan memelopori gerakan menyerang. Tuganya yang paling pertama adalah menjadi titik fokus rekan-rekannya terhadap gerakan menyerang dan harus mencetak gol dan mengakibatkan gol (misalnya mengassist).

  • Complete Forward

Seorang complete forward merangkap semua kemampuan teknis deep lying forward, kemampuan menceploskan bola poacher, dan kekuatan target man. Posisi ini sangat sulit dan membutuhkan pemain berfisik kuat dan berskill sangat baik. Pemain seperti ini mengatur sendiri taktiknya dan harus diperbolehkan melakukan keinginannya untuk menjalankan taktik tersebut.

  • Penyerang Bertahan

Tugas utama penyerang bertahan adaah untuk menenekan barisan pertahanan lawan, mengejar lawan yang sedang memegang bola, dan secara umum mencoba melepas lawan dari bola. Dalam gerakan menyerangnya, dia menjaga agar tetap sederhana dan lebih sering memberi rekan setimnya kesempatan daripada membuat kesempatan untuk dirinya.

  • Trequartista

Peran ini mirip advanced playmaker, yaitu ia bertujuan untuk menggilir bola ke pertengahan sampai pertahanan lawan, walau begitu ia tidak berperan dalam pertahanan dan lebih sering mencari ruang bebas apabila tim sedang kehilangan possesion.

15. Penyerang Sayap

Penyerang sayap tidak lazim digunakan tim masa kini, kecuali jika tim itu benar-benar merasa sangat kuat daripada tim lawan, biasanya formasi yang dipakai adalah 4-2-4 yang menjadikan penyerang sayap bergerak maju terus dan memungkinkan tim menyerang lagi, lagi, dan lagi. Perannya dibagi menjadi:

  • Inside Forward

Bertujuan untuk memotong jalan lawan dari sisi lapangan dan berlari tepat mengarah ke pusat pertahanan lawan

  • Deep Lying Forward

Deep Lying Forward berfunsi utama sebagai orang yang menghubungkan barisan tengah ke barisan depan. Ia bertujuan untuk menggiring bola ke ruang bebas dan mempertahankannya sebelum mengopernya ke teman setim.

  • Advanced Forward

Peran utama dari peran ini adalah untuk memimpin barisan penyerang dan memelopori gerakan menyerang. Tuganya yang paling pertama adalah menjadi titik fokus rekan-rekannya terhadap gerakan menyerang dan harus mencetak gol dan mengakibatkan gol (misalnya mengassist).

  • Complete Forward

Seorang complete forward merangkap semua kemampuan teknis deep lying forward, kemampuan menceploskan bola poacher, dan kekuatan target man. Posisi ini sangat sulit dan membutuhkan pemain berfisik kuat dan berskill sangat baik. Pemain seperti ini mengatur sendiri taktiknya dan harus diperbolehkan melakukan keinginannya untuk menjalankan taktik tersebut.

  • Penyerang Bertahan

Tugas utama penyerang bertahan adaah untuk menenekan barisan pertahanan lawan, mengejar lawan yang sedang memegang bola, dan secara umum mencoba melepas lawan dari bola. Dalam gerakan menyerangnya, dia menjaga agar tetap sederhana dan lebih sering memberi rekan setimnya kesempatan daripada membuat kesempatan untuk dirinya.

Selain mengetahui formasi sepak bola, setiap posisi pemain sepak bola pun perlu untuk dikenali sekaligus juga perannya masing-masing dalam sebuah tim. Dengan pemain mengenali posisi dan perannya masing-masing, permainan akan berjalan dengan baik.