Inilah Manfaat Shooting Dalam Sepak Bola yang Sebenarnya!

Dalam sepak bola, dikenal beberapa teknik yang wajib dipelajari sebelum bermain sepak bola. Salah satu teknik yang sangat penting adalah teknik shooting. Shooting adalaah usaha pemain untuk menembakkan bola baik dengan menggunakan kaki atau kepala.

Teknik shooting atau menembak sendiri memiliki banyak manfaat. Untuk lebih mudah memahaminya, berikut ini adalah beberapa manfaat dari shooting yang perlu diketahui:

1. Mencetak gol

Manfaat utama dari teknik shooting dalam sepak bola adalah mencetak gol. Teknik shooting yang dilakukan dengan gerakan menendang bola ke arah gawang lawan tentu ditujukan untuk menciptakan angka. Untuk shooting yang ditujukan mencetak gol biasanya digunakan teknik shooting dengan menggunakan buku ibu jari kaki.

Tenaga yang digunakan saat melakukan shooting mencetak gol juga jauh lebih kuat. Tendangan dilakukan seperti akan mendobrak kaca atau pintu sehingga menjadi tendangan paling kuat dalam permainan sepak bola.

2. Mengoper bola

Selain untuk mencetak gol, shooting dalam sepak bola juga dilakukan dengan tujuan mengoper bola pada rekan satu tim. Shooting yang dilakukan untuk mengoper bola biasanya menggunakan teknik shooting yang lebih santai. Tenaga yang digunakan juga tidak sekuat shooting untuk mencetak gol.

Biasanya digunakan tenaga yang sesuai dengan jarak antara penendang dan penerima operan. Jika jaraknya dekat, maka tenaga yang digunakan kecil, namun jika jaraknya jauh, maka tenaga yang digunakan juga cukup besar.

3. Mengecoh lawan

Manfaat terakhir dari teknik shooting dalam sepak bola adalah untuk mengecoh lawan. Sebagaimana kita ketahui, ketika kita memiliki bola tentu lawan akan selalu ikut menggiring kita. Agar lawan tidak mengetahui ke arah mana bola sebenarnya akan dibawa, maka kita dapat melakukan teknik shooting.

Shooting yang ditujukan untuk mengecoh lawan dilakukan dengan melakukan operan kepada rekan lain terlebih dahulu atau dapat langsung mengarahkan bola ke arah lain dan kemudian langsung menjemputnya kembali.

Shooting yang dilakukan untuk mengecoh lawan biasanya dilakukan dengan menggunakan kepala sehingga bola lebih cepat kembali ke pemain yang menendang sebelumnya.

Itulah beberapa manfaat yang didapatkan dari shooting dalam sepak bola. Untuk dapat merasakan manfaat tersebut, latihan shooting sangat diperlukan. Dengan memeprbanyak latihan, tendangan akan jauh lebih akurat sehingga tidak akan melenceng dari target.