Waspadai Dampak Negatif Permainan Bola Voli Sebelum Bertanding!

Olahraga menjadi kegiatan yang banyak dilakukan karena memberikan manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Salah satunya adalah olahraga bola voli. Bola voli mampu membuat badan menjadi lebih sehat dan pikiran menjadi lebih tenang. Namun tahukah kamu bahwa ternyata permainan bola voli juga dapat memberikan dampak negatif?

Pada artikel kali ini, kita akan membahas secara singkat mengenai dampak negatif tersebut. Berikut ini adalah beberapa dampak negatrif permainan bola voli yang perlu diketahui:

1. Mudah terpapar sumber penyakit

Jika biasanya olahraga identik dengan kesehatan dan mencegah tubuh terkena berbagai penyakit, ternyata olahraga juga mampu menjadi sumber penyakit itu sendiri. Salah satu olahraga yang menjadi sumber penyakit adalah bola voli.

Permainan bola voli menjadi sumber penyakit karena peralatan yang digunakan terutama bolanya. Bola yang digunakan mengandung banyak kuman dan bakteri akibat terkena kontak dengan keringat dari tangan para pemain bola voli.

Salah satu bakteri yang perlu diwaspadai adalah bakteri S. aureus yang mampu bertahan pada permukaan bola hingga 72 jam. Maka dari itu, sangat penting untuk membersihkan peralatan olahraga setelah bermain serta membersihkan diri.

2. Sendi menjadi sakit

Permainan bola voli sangat baik untuk kesehatan tubuh, namun berdampak buruk bagi mereka yang terlalu lama bermain. Jika terllau lama bermain bola voli, maka persendian akan terasa sangat panas dan nyeri.

Persendian menjadi kelebihan beban akibat gesekan yang terlalu lama. Pelumas yang dihasilkan juga tidak mencukupi untuk melumasi sendi sehingga sendi akan terasa nyeri jika digerakkan. Sebaiknya mainlah dalam porsi yang sewajarnya. Lakukan istirahat yang cukup jika ingin melanjutkan permainan.

3. Cedera

Pada umumnya, dampak negatif dari olahraga adalah kemungkinan adanya cedera. Begitu pula dengan permainan bola voli. Cedera yang dialami oleh pamin voli biasanya terjadi pada tangan. Kesalahan melakukan operan atau tumpuan saat mendarat ketika terjatuh dapat menyebabkan cedera.

Namun sebagian besar cedera terjadi pada lutut yang mana biasanya terdapat keretakan yang dapat berujung pada arthritis. Hal ini sebenarnya dapat dicegah dengan mengguankan sepatu khusus permainan bola voli sehingga tumpuan badan menjadi lebih stabil.

Itulah dampak negatif yang biasanya didapatkan dari permainan bola voli. Setiap olahraga tentu memiliki dampak positif dan negatifnya. Meskipun terdapat dampak negatif, namun sebenarnya hal tersebut dapat dihindari dengan mempersiapkan peralatan dan tubuh dengan baik. Karena dampak positif yang didapatkan dari olahraga jauh lebih besar dibandingkan dampak negatifnya.