Cara Melakukan Latihan Passing Atas Dengan Duduk Selonjor Dalam Permainan Bola Voli

Latihan dalam permainan bola voli akan meningkatkan kemampuan pemain voli dalam bertanding. Tak hanya sekedar mengetahui bagaimana teknik voli dilakukan, namun juga melatih tubuh agar terbiasa mendapatkan serangan yang tiba-tiba sehingga mampu melakukan teknik yang telah dipelajari dengan baik.

Salah satu teknik dalam permainan bola voli yang wajib dilatih dengan baik adalah latihan passing atas dengan duduk selonjor. Latihan ini akan meningkatkan ketangkasan pemain voli dalam menerima operan bola dari atas.

Latihan ini dilakukan dengan bantuan teman satu tim. Latihan passing atas tidak dilakukan dengan berdiri melainkan dengan duduk selonjor di bawah untuk meningkatkan kewaspadaan pada arah datangnya bola ketika posisi pemain tidak sempurna.

Cara melakukan latihan ini adalah dengan duduk selonjor di lantai. Luruskan kedua kaki ke depan dan rapatkan. Kedua tangan berada di atas dengan jari-jari terbuka dan berada di depan dahi. Lalu salah satu teman akan memberikan bola ke tangan yang telah terbuka tadi sambil menekan bola. Hal ini dilakukan untuk memberikan sensasi tekanan pada saat akan melakukan passing.

Bola yang ditekan oleh teman harus ditahan dengan menggunakan jari-jari. Kemudian teman akan melepaskan tangannya sehingga bola akan memantul ke atas akibat tekanan dari tangan Anda.

Latihan selanjutnya dilakukan dengan salah satu teman naik ke atas kursi atau meja sambil memegang bola. Sedangkan Anda tetap berada di bawah dengan kaki lurus ke depan dan rapat. Kedua tangan menghadap ke atas dan bersiap untuk menerima bola. Kemudian teman yang berdiri di atas kursi akan menjatuhkan bola tepat ke telapak tangan Anda yang terbuka.

Terima bola dengan menahannya menggunakan jari-jari yang membentuk sebuah mangkuk. Kemudian passing atau lempar kembali ke atas. Lakukan latihan ini berulang kali hingga gerakan sempurna.

Latihan ini dilakukan agar pemain voli dapat terbiasa menerima operan dan mengoperkannya kembali dalam posisi apapun. Latihan yang dilakukan secara rutin akan semakin meningkatkan kemampuan pemain saat melakukan pertandingan yang sesungguhnya.