4 Teknik Dasar Bola Voli yang Harus Dikuasai Pertama Kali

Bagi pemula, permainan bola voli mungkin terdengar cukup sulit. Namun sebenarnya jika seorang pemain voli pemula bisa menguasai teknik dasar dalam permainan bola voli dengan baik, maka ia akan lebih mudah bermain voli. Untuk lebih mudah memahaminya, berikut ini adalah beberapa teknik dasar bola voli yang harus dikuasai pertama kali:

Teknik servis

Teknik servis adalah teknik yang pertama kali harus diketahui oleh seorang pemain voli. Teknik servis dilakukan untuk melakukan lemparan pertama ke dalam daerah lawan sehingga sangat menentukan poin yang akan didapatkan. Servis terdiri dari dua jenia, yakni servis atas dan servis bawah. Namun kekuatan servis atas biasanya jauh lebih kuat dibandingkan servis bawah.

Teknik servis atas dilakukan dengan berdiri tegak dengan salah satu kaki berada di depan dan satunya lagi di belakang. Salah satu tangan memegang bola sedangkan tangan lain berada di belakang dengan sedikit terangkat ke atas.

Lempar bola ke atas lalu gerakkan tangan yang di belakang ke depan untuk memukul bola. Pukul bola sekuat mungkin dengan telapak tangan. Fokuskan pandangan ke depan.

Teknik passing

Teknik passing adalah teknik yang dilakukan untuk memberikan operan bola kepada teman. Passing juga terdiri dari dua jenis yakni passing atas dan passing bawah.

Passing atas dilakukan untuk mengambil bola yang berada di atas dan mengoperkannya kembali. Teknik ini dilakukan dengan berdiri menghadap ke arah datangnya bola dengan kedua tangan terbuka ke atas dan jari-jari membentuk mangkuk untuk siap menampung bola.

Ketika bola datang, tangkap dengan menjerat bola dengan jari-jari. Tekukkan sedikit kedua kaki untuk menyeimbangkan badan lalu segera operkan kepada teman satu regu.

Teknik smash

Teknik smash adalah memberikan pukulan ke dalam daerah lawan dengan tenaga yang paling kuat. Tujuan dari smash sendiri dilakukan untuk membuat lawan kewalahan dalam mendapatkan bola sehingga harus dilakukan dengan kekuatan penuh.

Cara melakukan smash adalah dengan berdiri tegak menghadap arah datangnya bola. Ketika bola akan datang, tekukkan kedua kaki untuk bersiap melompat. Dorong tubuh ke atas dengan menggunakan kedua kaki, pukul bola dengan kekuatan penuh ke daerah lawan yang sulit dijangkau. Lalu kembali turun dengan kedua kaki sedikit ditekuk agar tubuh tetap seimbang.

Teknik block

Teknik ini digunakan untuk menahan serang bola dari lawan sehingga bola tidak bisa masuk ke dalam daerah yang kosong atau tidak terlindungi. Block sangat penting dalam permainan bola voli untuk mempertahankan posisi tim. Teknik block bisa dilakukan dengan berdiri menghadap arah datangnya bola, lalu segera menghadang bola dengan melompat dan pukul bola dengan kedua telapak tangan agar bola tidak jadi masuk ke dalam daerah kita.

Itulah beberapa teknik dasar dalam permainan bola voli yang wajib dikuasai oleh pemula. Untuk bisa menjadi pemain yang lebih mahir lagi, jangan lupa pula untuk selalu berlatih secara rutin.