Peran Penting Pengumpan Dalam Bola Voli

Permainan bola voli adalah permainan olahraga beregu yang mengandalkan kerjasama tim yang baik agar dapat memenangkan pertandingan. Dalam satu regu, terdapat 6 pemain yang memainkan peranannya masing-masing.

Namun pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai posisi pemain voli yang cukup banyak memainkan perannya yakni pengumpan. Pengumpan dalam permainan bola voli disebut juga dengan setter, set-upper atau tosser. Tugas utama seorang pengumpan adalah memberikan umpan kepada rekan satu timnya dengan berbagai teknik atau gaya agar lawan terkecoh sehingga sulit untuk memprediksi arah datangnya bola.

Posisi pengumpan merupakan posisi yang sangat vital dalam voli. Tidak mudah untuk menjadi seorang pengumpan. Banyak syarat yang harus dipenuhi agar seseorang dapat terpilih sebagai pengumpan. Seorang pengumpan harus memiliki kemampuan yang baik dalam mengendalikan bola agar umpan yang diberikan dapat diterima dengan baik. Salah satu kemampuan yang wajib dikuasai oleh seorang pengumpan adalah passing atas.

Untuk bisa mendapatkan kemampuan passing atas yang baik, berikut ini adalah beberapa caranya:

  1. Melakukan passing atas dengan menggunakan bantuan tembok berkali-kali hingga mendapatkan posisi bola yang pas di telapak tangan
  2. Melakukan latihan passing atas dengan menggunakan bola basket sebagai penggantinya. Bola basket memiliki berat yang lebih besar dibandingkan dengan bola voli sehingga jari-jari akan menjadi lebih kuat.
  3. Melakukan latihan push up dengan menggunakan jari-jari agar kekuatan jari terlatih
  4. Melakukan latihan pergelangan tangan dengan bantuan botol. Isi botol kosong dengan pasir hingga penuh, kemudian putar-putar botol dengan menggunakan pergelangan tangan. Latihan ini membantu meningkatkan kestabilan dalam mengoper bola.
  5. Melakukan latihan lompat tali. Latihan lompat tali akan membantu meningkatkan kelincahan ketika bermain voli.
  6. Melatih insting. Selain latihan teknik, melatih insting juga sangat penting.

Itulah beberapa cara untuk mendapatkan kemampuan passing yang baik bagi seorang pengumpan. Namun tak hanya harus mampu melakukan passing yang baik, seorang pengumpan juga wajib memiliki kemampuan blocking.

Pertahanan tim juga sangat bergantung pada kemampuan blocking pengumpan. Pengumpan harus dapat melakukan block ketika bola masuk dari arah yang tidak dapat dijangkau pemain voli lainnya.