Inilah Posisi Pemain Voli yang Perlu Diketahui!

Bola voli adalah permainan bola yang berisi 2 regu dimana masing-maisng regu berisikan 6 orang pemain voli. Setiap pemain voli memiliki peranan masing-masing dimana semuanya harus bermain dengan saling bekerjasama dengan baik agar dapat memenangkan permainan. Untuk lebih mudah memahaminya, berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai posisi pemain voli:

1. Server

Server adalah pemain yang melakukan servis. Pulukan servis hanya dilakukan di awal permainan bola voli saja. Setelah selesai melakukan servis, maka server akan mengambil posisi lain seperti defender atau libero.

2. Smasher atau Spiker

Posisi pemain lain dalam bola voli adalah smasher atau spiker. Smasher atau spiker biasanya berada di depan net atau di samping tosser. Tugas dari seorang smasher atau spiker ada dua, yakni menyerang dan mempertahankan.

Seorang smasher atau spiker harus mampu melakukan smash untuk menyerang tim lawan. Smash adalah pukulan keras yang cepat ke arah lawan sehingga sulit untuk diprediksi.

Sedangkan tugas mempertahankan dilakukan dengan blocking. Meskipun sudah ada tosser, namun peran smasher atau spiker juga sangat penting dalam menahan serangan.

3. Tosser atau Set Upper

Posisi pemain selanjutnya adalah tosser atau set upper. Tosser atau set upper sangat penting dalam permainan bola voli. Pemain inilah yang nantinya akan menjalankan strategi permainan. Ia akan memberikan perintah untuk melakukan serangan dan bertahan.

Untuk menjadi seorang tosser atau set upper, pemain diharuskan mampu memberikan umpan yang baik kepada rekan satu timnya. Jika tidak, maka lawan akan dapat dengan mudah menambah nilai.

4. Defender atau Libero

Sesuai dengan namanya, defender atau libero bertugas untuk menjaga pertahanan dengan menerima serangan dari tim lawan. Serangan dari lawan akan diterima kemudian diteruskan kepada tosser untuk diumpankan pada smasher.

Maka dari itu, defender atau libero wajib menguasai teknik passing atas maupun passing bawah sehingga mudah untuk menerima dan mengoperkan bola kembali. Posisi defender bersifat bebas sehingga ia dapat masuk kemana saja, namun ia dilarang untuk membantu melakukan blocking.

Itulah penjelasan singkat mengenai posisi pemain dalam permainan bola voli. Meskipun berbeda tugas, namun semuanya wajib bekerjasama dengan baik agar mencapai kemenangan. Demikianlah artikel yang singkat ini. Semoga dapat menambah wawasan kita semua tentang bola voli.