Ketahui Dulu Posisi Pemain Voli, Sebelum Memainkannya!

Permainan bola voli dimainkan oleh dua tim yang mana setiap tim terdapat 6 pemain yang siap bertanding. Setiap pemain memainkan peranannya masing-masing. Sebelum mengenal permainan bola voli lebih jauh, berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai posisi pemain voli yang harus diketahui:

Server

Pemain yang ada di posisi server adalah pemain yang akan melakukan servis. Servis adalah pukulan yang diarahkan ke tim lawan dan dilakukan pada awal permainan. Setelah server melakukan servis, maka server boleh mengambil posisi lain di dalam tim. Pemain yang melakukan server sebaiknya merupakan pemain yang menguasai passing bawah sehingga pukulan server lebih kuat.

Smasher

Pemain selanjutnya adalah smasher. Posisi smasher sangat penting di dalam tim. Smasher memiliki tugas ganda yang tidak dapat digantikan pemain lain, yakni melakukan blocking atau menghalangi bola yang dilempar oleh lawan dan melakukan smash.

Smash adalah pukulan yang keras dan sangat cepat yang diarahkan ke daerah tim lawan agar lawan tidak dapat memprediksi arah datangnya bola. Seorang smasher harus memiliki teknik smash yang baik dan kuat agar dapat melakukan smash dengan benar. Smasher akan mendapatkan operan bola dari tosser yang kemudian akan diteruskan sebagai smash ke arah lawan.

Defender

Defender adalah pemain yang menjaga pertahanan tim dari serangan lawan. Meskipun tugasnya menjaga pertahanan tim, namun ia dilarang untuk melakukan blocking sebagaimana yang dilakukan oleh smasher. Ia harus menerima serangan bola kemudian mengopernya pada tosser.

Seorang defender harus mampu menguasai teknik passing atas dan passing bawah yang baik dan benar agar kendali pada bola voli tetap stabil dan operan tepat sasaran. Defender biasanya berada di dekat net atau di sebelah tosser.

Tosser

Tosser adalah kepala dari tim voli. Ia akan memberikan komando strategi untuk dapat memenangkan pertandingan. Tosser juga menjadi pemain yang melakukan operan untuk diteruskan pada smasher yang akan mengeksekusi serangan. Tosser wajib memiliki kendali operan yang baik karena disinilah penentuan dari kemenangan sebuah tim.

Serangan tidak akan dapat ditentukan oleh pemain lain selain tosser sehingga pemain ini juga harus memiliki daya analisa yang kuat. Ia harus mampu beradaptasi dengan kondisi dalam waktu yang sangat singkat.

Itulah penjelasan singkat mengenai posisi pemain voli yang perlu diketahui. Meskipun setiap pemain memiliki tugas yang berbeda. Namun semuanya wajib bekerjasama dengan baik agar pertandingan dapat dimenangkan.