Apakah Bersepeda Bisa Meninggikan Badan? Inilah Jawabannya!

Beberapa olahraga dipercaya dapat menambah tinggi badan seperti berenang dan bola basket. Kebanyakan olahraga tersebut adalah olahraga yang mengandalkan lompatan dan hentakan kaki sehingga dapat menambah tinggi badan. Tapi apakah olahraga bersepeda juga dapat ikut meninggikan badan? Sedangkan dalam bersepeda tidak ada unsur lompatan.

Ternyata bersepeda juga dapat menambah tinggi badan kita. Bagaimana bisa? Hal ini dikarenakan gerakan kaki ketika kita bersepeda. Ketika kita bersepeda selama 10 hingga 15 menit, maka otot kaki akan mengalami peregangan sehingga kaki dapat memanjang.

Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu harus meninggikan posisi sadel sepeda. Ketika posisi sadel menjauh, maka kaki akan ikut berusaha menjangkau dengan meregangkan otot betis. Di saat inilah kaki dapat bertambah panjangnya.

Kamu juga tidak harus bersepeda dengan kecepatan tinggi. Cukup lakukan bersepeda dengan santai namun rutin dalam durasi yang konsisten. Meskipun pelan, namun jika dilakukan rutin akan tetap memberikan hasil memanjangkan kaki sehingga tubuh tampak lebih tinggi.

Bersepeda juga akan meningkatkan metabolisme tubuh dan merangsang produksi beberapa hormon, termasuk hormon pertumbuhan yang berperan penting dalam meninggikan badan. Dengan metabolisme yang baik, tubuh akan lebih mudah untuk berkembang.

Selain menambah tinggi badan, bersepeda juga akan menguatkan otot kaki. Kayuhan sepeda akan membuat otot betis menegang dan mengeras sehingga menjadi lebih kuat. Bahkan tak hanya kuat, bentuk kaki akan menjadi lebih indah karena akan tampak lebih ramping dan panjang layaknya seorang model. Namun pastikan untuk melakukan stretching terlebih dahulu sebelum bersepeda agar tidak mengalami kram.

Bersepeda juga membuat kamu mendapatkan berat badan yang ideal. Bersepeda akan membuat tubuh mengeluarkan keringat yang sangat banyak. Keringat ini menandakan kalori yang terbakar cukup besar sehingga timbunan lemak akan luntur dan berat badan kembali ke angka yang tepat.

Bersepeda juga dapat menguatkan tulang kaki. Bahkan pertumbuhan tulang kering pada kaki akan lebih optimal. Hal ini dikarenakan gerakan mengayuh sepeda akan memberikan ruang untuk pertumbuhan tulang kering di balik lutut.

Begitu banyak manfaat dari bersepeda yang dapat kita rasakan. Selain sehat, bersepeda juga dapat mengurangi dampak lingkungan sehingg sangat baik diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sehat, ramah lingkungan, dan hemat. Jadi, tunggu apalagi untuk bersepeda?