Inilah Cara Bersepeda Gunung yang Benar yang Wajib Diketahui!

Salah satu jalur bersepeda yang paling mengasyikkan adalah pegunungan. Selain cukup menantang, pemandangan alam yang sangat indah membuat kegiatan olahraga ini menjadi semakin menyenangkan.

Namun bersepeda di gunung bukanlah perkara yang dapat dilakukan sembarangan. Kamu harus mematuhi beberapa cara bersepeda gunung yang benar agar tidak terjadi masalah. Berikut ini adalah beberapa cara bersepeda gunung yang benar yang perliu diketahui:

1. Siapkan sepeda dengan baik

Dimana pun kamu bersepeda, sebaiknya periksa kondisi sepeda sebelum memulai perjalanan. Berikan pelumas pada rantai agar tidak berat ketika mengayuh nanti. Periksa pula kenyamanan jok sepeda karena akan ada banyak jalanan bebatuan yang dilewati nanti. Sebaiknya bawa beberapa peralatan kecil untuk memperbaiki sepeda kalau-kalau ada masalah di jalan.

2. Gunakan pengaman

Bersepeda di gunung memiliki resiko yang lebih besar dibandingkan bersepeda di jalan biasa. Jalanan yang tidak rata akan membuat perjalananmu menjadi lebih beresiko. Untuk mencegah hal yang tidak diingingkan. sebaiknya gunakan atribut pengaman yang lengkap.

Gunakan helm, pelindung siku dan lutut, serta sepatu yang pas untuk memastikan bahwa tubuh sudah terlindungi dengan baik. Jangan sepelekan atribut keamanan ini karena masalah bisa datang kapan saja dan pada siapa saja, bahkan meskipun ia adalah pesepeda profesional sekalipun.

3. Bawa bekal

Perjalanan di gunung tentu berbeda dengan perjalanan bersepeda di jalan perkotaan. Di pegunungan, kamu tidak akan menemukan toko yang menjual berbagai kebutuhan yang kamu inginkan. Maka dari itu, bawalah bekal secukupnya.

Bawa air putih dan beberapa makanan selama bersepeda di gunung. Namun ingatlah untuk tidak membawa bekal terlalu banyak karena akan membuat tubuh menjadi mudah lelah akibat beban yang terlalu berat. Selain itu, kendali ketika bersepeda akan berantakan akibat beban yang sulit ditopang.

4. Konsentrasi

Jalanan yang terjal dan penuh dengan akar tanaman serta bebatuan membuat trek yang ada di pegunungan sangat menantang. Hal yang paling penting ketika bersepeda di gunung adalah konsentrasi pada trek yang akan dilewati.

Jangan mengalihkan perhatian pada pesepeda lainnya karena jika tidak fokus sekali saja, kamu dapat beresiko jatuh. Apalagi di pegunungan banyak terdapat lereng yang curam sehingga sangat berbahaya jika tidak fokus pada lintasan.

5. Menggunakan gear yang tepat

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jalanan di pegunungan penuh dengan penurunan dan tanjakan. Pemakaian gear yang tepat sangat dibutuhkan disini. Latihlah penggunaan gear sebelum memulai perjalanan di pegunungan agar tidak mudah lelah ketika bersepeda gunung.

Itulah beberapa cara bersepeda gunung yang perlu diketahui. Lakukan latihan terlebih dahulu sebelum bersepeda gunung agar perjalanan menjadi lebih lancar.