5 Cara Bersepeda yang Baik di Jalan Raya yang Wajib Dipatuhi

Bersepeda adalah salah satu olahraga yang sangat disukai oleh banyak orang. Selain mudah, bersepeda juga sangat menyenangkan. Terlihat dari banyaknya orang yang bersepeda di jalan raya saat ini, bahkan beberapa diantaranya adalah pekerja kantoran yang memilih bersepeda sambil pergi ke kantor.

Namun bersepeda di jalan raya tidak bisa dilakukan asal-asalan saja. Kamu harus mematuhi beberapa aturan yang sangat penting dipedomani ketika bersepeda di jalan raya. Berikut ini adalah cara bersepeda yang baik di jalan raya yang perlu diperhatikan:

1. Cek kondisi sepeda

Hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah kondisi sepeda sebelum dibawa pergi. Pastikan kondisi sepeda dalam keadaan baik. Periksa ban, rantai, dan bagian penting lainnya. Jangan sampai kamu bersepeda kemudian terjadi masalah di tengah jalan.

Meskipun ada kemungkinan bengkel atau semacamnya di pinggir jalan nanti, namun kamu tidak akan mau repot dan menghabiskan waktu hanya untuk sebuah masalah, bukan? Jadi persiapkan sepeda dengan baik.

2. Patuhi rambu

Sama seperti pengendara jalan lainnya, seorang pengendara sepeda harus mematuhi peraturan yang berlaku di jalan raya. Gunakan jalur khusus sepeda agar tidak mengganggu pengendara jalan lainnya. Jika tidak ada, maka melajulah di tepian jalan. Jangan pula menyalip kendaraan lain. Hal ini sangat beresiko dan dapat menyebabkan kecelakaan. Jaga jarak dengan pengendara lain agar tidak terjadi gesekan.

3. Gunakan atribut lengkap

Bersepeda di jalan raya bukan berarti kamu aman. Resiko disenggol oleh pengendara lain hingga terjatuh dan tertabrak kendaraan besar merupakan resiko yang harus kamu hadapi. Maka dari itu, gunakan atribut lengkap agar keamanan lebih terjamin.

Gunakan helm, pelindung lutut dan siku, sepatu, serta kaos yang tidak panas. Gunakan kaos dengan warna yang terang seperti jingga dan kuning agar lebih mudah terlihat oleh pengendara lain. Warna yang gelap dapat menyebabkan kamu sulit dilihat dan dihindari pengendara lain.

4. Fokus

Hal penting lain yang harus diperhatikan adalah selalu fokus ketika bersepeda di jalan raya. Kondisi jalan raya yang selelu padat dengan kendaraaan bermotor dengan kecepatan tinggi membuat kita wajib benar-benar fokus ketika bersepeda.

Jangan bersepeda sambil mendengarkan musik ketika di jalan raya karena dapat mengganggu pendengaran jika ada yang memberikan peringatan. Konsentrasi juga tidak dapat fokus ketika bersepeda yang akan meningkatkan resiko kecelakaan.

5. Menghargai pengendara lain

Meskipun kamu melaju di jalan raya dengan menggunakan sepeda, namun setiap hak dan kewajiban yang kamu miliki selama di jalan raya sama dengan pengendara lain. Jadi hormati dan hargai pengendara lain agar ketertiban tetap terjaga.

Itulah beberapa cara bersepeda di jalan raya yang perlu diketahui. Ingatlah untuk selalu waspada ketika bersepeda dimana pun kamu berada.