5 Cara Bersepeda di Tanjakan yang Perlu Diketahui

Ketika bersepeda, lintasan yang kita lalui tidak selamanya mulus. Terkadang kita juga akan melewati lintasan yang cukup menantang seperti tanjakan. Untuk melewati tanjakan, kita tidak bisa mengayuh sepeda seperti biasanya.

Diperlukan teknik khusus untuk bisa melewati tanjakan. Apalagi jika tanjakan yang akan kita lalui memiliki sudut kemiringan yang cukup tajam. Berikut ini adalah beberapa cara bersepeda di tanjakan yang perlu diketahui:

1. Pindah rantai

Teknik yang pertama dilakukan sebelum melewati tanjakan adalah memindahkan rantai ke gigi ringan. Dengan begini, kayuhan pun akan menjadi lebih ringan dan cepat. Namun jika kamu tidak sempat memindahkan gigi, maka pindahkan secara perlahan satu persatu. Pindahkan gigi tanpa melepaskan power pada pedal sehingga laju sepeda tidak akan berhenti.

Jangan memindahkan rantai ke gigi selanjutnya dengan lompatan yang besar ketika kekuatan pedal dalam kondisi penuh. Hal ini dapat menyebabkan rantai menjadi slip atau bahkan putus.

2. Tenang

Cara yang paling penting ketika melalui tanjakan adalah tetap tenang. Meskipun lintasan terbilang berbahaya, namun tetap kontrol diri agar tetap tenang. Pikiran yang kalut dan bingung menghadapi tanjakan dapat mempengaruhi kekuatan kayuhan pada pedal sehingga sepeda tidak dapat melaju dengan baik.

3. Rendahkan kepala

Posisi kepala juga sangat mempengaruhi cara bersepeda di tanjakan. Ketika melaju di atas tanjakan, maka berarti kita akan melawan arah angin. Untuk mengurangi hambatan aerodinamis ini, rendahkan kepala agar sepeda dapat melaju leboh kencang.

4. Teknik kumparan

Cara lain yang perlu diperhatikan saat berada di tanjakan adalah teknik saat mengayuh. Teknik terbaik yang dapat dilakukan adalah teknik kumparan. Teknik kumparan adalah teknik mengayuh sepeda dengan kekuatan yang sama rata di setiap kayuhannya. Jangan melakukan hentakan di awal tarikan karena dapat menghabiskan energi sebelum sampai ke tujuan.

5. Jaga stamina

Sebelum bersepeda, tentu kita telah mengetahui rute mana saja yang akan kita lewati. Maka dari itu, sebaiknya persiapkan diri dengan baik sebelum memulai bersepeda. Jaga stamina dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan bawalah air putih sebagai bekal di perjalanan nanti.

Periksa pula kondisi sepeda sebelum digunakan, apalagi jika kamu ingin bersepeda dalam jarak jauh. Pastikan sepeda dalam kondisi yang baik pula.

Itulah beberapa cara bersepeda di tanjakan yang perlu diketahui. Demikianlah artikel yang singkat ini. Semoga dapat menjadi bahan tambahan latihan bersepeda kamu.