Ini Dia!14 Pemain Voli Wanita Tertinggi di Dunia

Sejak beberapa tahun terakhir, tercatat ada beberapa pemain voli wanita tertinggi di dunia. Bahkan ada yang tingginya hingga mencapai 2 meter lebih. Di antara pemain voli wanita ini, bahkan ada juga yang disebut sebagai salah satu pemain bola voli terbaik sepanjang masa. Karena tinggi badan yang tidak biasa tersebut mereka menjadi dikenal dunia. Berikut adalah daftarnya yang diurutkan mulai dari terendah dan tertinggi.

  1. Sabina Altynbekova

Sabina-Altynbekova

Sabina merupakan pemain voli putri dari Timnas Kazakhstan. Wanita cantik ini menjadi terkenal di dunia maya setelah mengikuti pertandingan pada Asian Junior Women’s Volleyball Championship di Taiwan tahun 2014 silam. Sabina sendiri merupakan seorang Muslim kelahiran Aktobe, Kazakhstan 21 tahun silam. Sabina memiliki tinggi badan 182cm. Perawakannya yang tinggi semampai dan wajah yang cantic mirip boneka membuat kepopulerannya meroket naik di kalangan para pria.

  1. Saori Kimura

Saori Kimura

Pemain voli putri berkebangsaan Jepang ini memiliki tinggi badan 185cm. Saat ini, usianya sendiri sudah 31 tahun. Saori Kimura tergabung dalam tim Toray Arrows dan pernah menjadi pemain timnas voli putri Jepang. Ia berhasil memenangkan bronze pada tahun 2012 silam pada kejuaraan Summer Olympic. Wanita yang memiliki nickname Japan’s future ini juga tercatat pernah bergabung dengan tim dari Turki, yaitu VakifBank dan Galatasaray pada tahun 2012-2014.

  1. Sheilla Castro
Sheila Castro
Foto:globoesporte.globo.com

Sheila Castro merupakan perwakilan timnas putri dari Brazil. Ia memiliki tinggi badan yang sama dengan Saori Kimura, yaitu 185cm. Ia tercatat pernah mengikuti Summer Olympic Games tahun 2008 di Beijing, Tiongkok dan Summer Olympic Games tahun 2012. Tim Brazil yang salah satunya diwakili oleh Castro, memenangkan medali emas pada dua kejuaraan tersebut. Wanita berusia 35 tahun ini diberi gelar “Most Valuable Player” pada kejuaraan FIVB World Grand Prix di Italia tahun 2006 lalu.

  1. Jaqueline Carvalho
Jaqueline Carvalho
Foto: pinterest.com

Pemain voli wanita tertinggi di dunia selanjutnya yaitu Jaqueline Carvalho dengan tinggi badan 186cm. Sama seperti Sheila Castro, wanita berusia 34 tahun ini juga merupakan permain voli putri timnas Brazil. Ia tercatat mengikuti kejuaraan Olympic Games di Beijing, Tiongkok tahun 2008 dan Olympic Games di London, Inggris tahun 2012. Pada tahun 2012, Carvalho memenangkan penghargaan Best Receiver dalam FIVB Club World Championship.

  1. Naz Aydemir
Naz Aydemir
Foto: alchetron.com

Wanita berusia 27 tahun ini merupakan pemain voli putri yang tergabung dalam timnas voli putri Turki dan VakifBank. Ia bersama dengan timnya, Fenerbahçe telah memenangkan dua liga pertandingan. Selain itu, ia juga memenangkan tiga liga pertandingan dengan tim Eczacıbaşı Zentiva. Aydemir memiliki tinggi badan 186cm dengan nomor punggung 11 dan posisi sebagai setter.

  1. Manon Nummerdor Flier
Manon Nummerdor Flier
Foto: auction.catawiki.com

Pemain voli putri asal Belanda ini memiliki tinggi badan 192cm. Ia digelari Most Valuable Player pada FIVB World Grand Prix tahun 2007 di Ningbo, Tiongkok. Pada kejuaraan tersebut, timnas Belanda mendapatkan medali emas. Wanita berusia 34 tahun ini juga memenangkan penghargaan sebagai Best Server pada Azerbaijan Super League tahun 2013-2014 di Baku, Azerbaijan. Sementara itu, timnas Belanda sendiri memenangkan medali bronze. Tahun 2014, ia menikah dengan seorang pemain voli pantai putra bernama Reinder Nummendor.

  1. Hui Ruoqi
Hui Ruoqi
Foto: volleywood.net

Hui Ruoqi merupakan mantan kapten ke-15 pemain timnas voli putri asal Tiongkok. Wanita berusia 27 tahun ini memiliki tinggi badan 192cm. Ia mengumumkan pensiun dari kegiatannya sebagai pemain voli putri pada tahun 2018. Ia mengawali karirnya dengan bergabung dengan tim professional Jiangsu ketika berusia 15 tahun. Timnas Tiongkok berhasil memenangkan medali emas pada kejuaraan Summer Olympic tahun ini.

  1. Tijana Bošković
Tijana Bošković
Foto: rbcant.us

Pemain voli putri dari timnas Serbia ini memiliki tinggi 193cm. Ia memulai debutnya pada tahun 2014 lalu pada FIVB Volleyball Women’s World Championship. Saat ini, ia tergabung dalam klub Eczacıbaşı VitrA. Ia dan timnya memenangkan medali bronze dan ia sendiri mendapatkan penghargaan sebagai Best Opposite pada FIVP World Grand Prix tahun 2017 lalu.

  1. Jaja Santiago
Jaja Santiago
Foto: philstar.com

Pemain timnas Filipina berusia 22 tahun ini tergabung dalam klub PSL All Stars dengan tinggi badan 196cm. Ia memulai karirnya sebagai pemain voli bersama dengan tim UST Golden Tigresses bersama dengan adik perempuannya, Dindin. Santiago tercatat telah memenangkan banyak penghargaan individu, yang di antaranya adalah Rookie of The Year, Best Attacker, Most Valuable Player, dan penghargaan-penghargaan penting lainnya.

  1. Thaisa Menezes
Thaisa Menezes
Foto: alchetron.com

Satu lagi pemain voli putri dari timnas Brazil yang memiliki tinggi badan fantastis, yaitu Thaisa Menezes. Menezes saat ini berusia 31 tahun dan memiliki tinggi badan 196cm. Ia merupakan salah satu pemain timnas Brazil yang memenangkan medali emas pada Summer Olympic tahun 2008. Pada tahun 2012, ia mendapatkan penghargaan sebagaiBest Spiker pada FIVB Club World Championship di Doha, Qatar.

  1. Zhu Ting
Zhu Ting
Foto: alchetron.com

Pemain voli professional berusia 23 tahun asal Tiongkok ini memiliki tinggi badan 198cm. Ia ditunjuk sebagai kapten timnas voli putri Tiongkok. Saat ini, ia tergabung dalam klub VakifBank, Turki. Zhu Ting berhasil meraih medali emas pada kejuaraan Olympic Games tahun 2016 dan World Cup tahun 2015. Ia memulai debutnya pada 2011 dan telah berhasil setidaknya mendapatkan 10 kategori penghargaan pada semua level kompetisi.

  1. Dana Rettke
Dana Rettke
Foto: madison.com

Dana Rettke memiliki tinggi badan yang tidak biasa, yaitu 203cm. Tubuhnya yang tinggi tersebut telah berhasil membuatnya masuk sebagai salah satu pemain voli putri professional. Rettke tergabung dalam The Wisconsin Badgers, Amerika Serikat dengan posisi middle blocker. Ia telah menunjukkan kesukaannya pada olahraga voli sejak SMP. Pada tahun 2015, ia tercatat mendapat peringkat kedelapan pada klasifikasi Prep Volleyball Senior Ace.

  1. Yekaterina Gamova
Yekaterina Gamova
Foto: wikiwand.com

Mantan pemain voli putri professional asal Rusia ini memiliki tinggi badan 205cm. Ia dan timnya berhasil memenangkan medali emas pada FIVB Volleyball Women’s World Championship tahun 2006 dan 2010. Di timnya sendiri, Gamova berada di posisi sebagai opposite. Ia pernah mendapatkan penghargaan sebagai Best Opposite Spiker dan Most Valuable Player. Pada tahun 2016 lalu, Gamova mengumumkan pensiun dari dunia voli yang telah membesarkan namanya diakibatkan cidera yang dialaminya.

  1. Miranda Weber
Miranda Weber
Foto: renegadesvolleyball.ca

Miranda Webber berada pada posisi atlet voli putri tertinggi dalam daftar. Ia memiliki tinggi 223cm dan berhasil membuatnya menyandang gelar sebagai atlet voli putri tertinggi di dunia. Weber tergabung dalam tim voli Queen City asal Kanada. Usianya masih sangat muda, yaitu 17 tahun dan masuk ke dalam tim Black U17 tahun 2017 lalu.

Nah, itulah tadi daftar 14 pemain voli wanita tertinggi di dunia. Kebanyakan tinggi para atlet voli wanita ini yaitu di atas 180cm. Kebanyakan dari mereka juga memenangkan medali pada kejuaraan voli putri bergengsi di dunia, baik itu secara individu maupun tim. Apakah Anda tertarik untuk menjadi pemain voli profesional? Jika memang tertarik, setidaknya Anda memahami syarat menjadi pemain voli yang handal.