10 Syarat Menjadi Pemain Voli yang Handal

Menjadi pemain bola voli tidaklah sembarangan karena ada syarat-syarat menjadi pemain voli tertentu selain tentunya mengenal variasi permainan bola voli serta teknik dasarnya. Ini karena permainan yang maksimal dapat dilakukan hanya oleh pemain-pemain bola voli yang berbakat. Hal tersebut juga menjadi faktor penentu pencapaian prestasi yang maksimal. Bagi Anda yang tertarik sebagai atlet voli, maka sejumlah syarat menjadi pemain voli ini perlu diketahui.

  1. Anatomi Lengkap

Pemain voli yang baik adalah yang anatomi tubuhnya tentu lengkap dan tinggi badan pun mencukupi sebab permainan akan sangat dipengaruhi oleh tinggi badan serta sikap melompatnya. Setiap pemain voli tentunya bakal dinilai dari saat mengatasi ketinggian net sewaktu bermain berikut juga dilihat dari daya lompatan sewaktu melakukan blocking dan smash.

Anatomi lengkap dan baik di sini tak ketinggalan meliputi juga tangan panjang nan ramping yang bisa meraih bola di jarak yang jauh dari tubuh. Namun tentunya agar bola bisa terpukul secara keras sewaktu melakukan smash, daya ledak pemain juga harus besar dan ini menjadi salah satu syarat penting.

  1. Organ Tubuh Berfungsi Baik

Jika ingin menjadi seorang pemain voli yang baik, perlengkapan olahraga bola voli saja belumlah cukup untuk mendukung karena yang utama adalah memastikan bahwa jantung harus kuat supaya mampu berfungsi sebagai pemompa darah dengan baik. Tak hanya organ jantung, paru-paru pun perlu bekerja secara maksimal dalam mengambil oksigen berikut juga seluruh fungsi susunan syaraf.

Pemain voli bukan hanya tentang kondisi fisik yang baik, melainkan juga organ bagian dalam juga perlu dalam kondisi yang maksimal. Bahkan pencernaan makanan pun harus dalam keadaan sempurna. Karena organ dalam yang baik dan sehat akan menjamin performa organ fisik sewaktu seorang pemain bermain voli.

  1. Kekuatan Fisik

Seorang pemain voli handal tentunya harus memiliki kekuatan, yakni kemampuan otot yang bisa bergerak secara cepat dan dengan kekuatan maksimal. Kemampuan otot yang secara eksplosif melakukan kontraksi adalah inti dari poin ini sehingga seorang pemain bola voli bisa dikatakan profesional dan bisa diandalkan oleh teman setimnya sewaktu pertandingan.

  1. Keseimbangan Tubuh

Saat melakukan gerakan servislah keseimbangan tubuh paling dibutuhkan sehingga tak salah bila hal ini pun menjadi salah satu syarat untuk seseorang bisa menjadi pemain bola voli yang baik. Saat melakukan servis, tubuh pemain harus berkondisi stabil dan tepat pasca servis harus segera melakukan gerakan ke depan dengan cepat.

Tubuh dikatakan seimbang adalah ketika sikap tubuh bisa dipertahankan dengan baik dan secara tepat sewaktu melakukan gerakan teknik dasar permainan bola voli tertentu, dalam contoh di atas adalah gerakan servis. Karena itulah tubuh seorang pemain voli harus bisa seimbang kapanpun melakukan teknik-teknik dasar.

  1. Fleksibilitas Tubuh yang Tinggi

Syarat atau faktor berikutnya adalah fleksibilitas tubuh di mana hal ini juga dibutuhkan oleh para pemain bola voli supaya mampu menjadi penunjang ketika melakukan servis. Ruang gerak sendi seorang pemain voli sebaiknya memang cukup lentur sehingga setiap gerakan dan teknik bisa dieksekusi dengan baik yang tentunya berpengaruh terhadap penampilan dan aksinya di lapangan.

Saat tubuh memiliki kelenturan atau fleksibilitas yang baik, pemain voli akan lebih gampang bergerak dan gerakannya akan jauh lebih efisien. Ketika melakukan passing bawah, kelenturan tubuh sangatlah dibutuhkan apalagi saat tubuh dalam kondisi berdiri dan harus melaksanakan gerakan tersebut. Kelenturan atau fleksibilitas tinggi akan memampukan pemain supaya bisa bergerak dengan baik ke segala arah.

  1. Kelincahan

Kelenturan atau fleksibilitas bukan satu-satunya, masih ada lagi yang diperlukan seseorang untuk bisa menjadi seorang pemain voli handal dan profesional, yakni tingkat kelincahan tinggi. Itu artinya, kemampuan dalam hal menggerakkan tubuh bisa dilakukan secara efisien dan cepat ke posisi yang diinginkan. Pemain bola voli harus pandai menghindar dan juga merespon bola dari musuh. Untuk itulah, ada aktivitas pelatihan untuk meningkatkan kelincahan.

  1. Kecepatan

Tingkat kecepatan pemain voli haruslah baik, apalagi ketika servis dan smash. Pemain pun harus gerak cepat sewaktu mengembalikan atau mengoper bola. Reaksi dan gerakan tubuh adalah dua hal penting yang sangat perlu dimiliki oleh para pemain bola voli. Serangkaian latihan pun perlu untuk dilakukan demi membuat kemampuan kecepatan ini meningkat supaya bisa memenuhi syarat dalam menjadi pemain bola voli profesional.

  1. Daya Tahan Baik

Pertandingan voli pada umumnya dimainkan hingga poin mencapai 21 dan akan ada perpanjangan waktu apabila memang kedua tim meraih skor seri. Tentunya untuk bisa bermain dalam waktu yang lebih lama, seorang pemain voli harus memiliki ketahanan fisik dan mental yang baik.

Ketahanan yang dimaksud di sini bisa dikembangkan dengan cara melakukan latihan fisik bola voli seperti bersepeda, jogging, sit up, push up, bodyweight squat serta latihan voli dengan durasi yang lebih lama. Daya tahan yang baik pun tentunya diperlukan pada teknik dasar permainan sepak bola maupun jenis olahraga lainnya yang kiranya berpotensi mengadakan perpanjangan waktu pada pertandingannya.

  1. Kesehatan Jasmani dan Rohani yang Baik

Syarat lainnya yang perlu diperhatikan adalah seseorang perlu memiliki kesehatan jasmani dan rohani yang baik sehingga permainan bisa dilakukan secara maksimal. Ini karena seseorang yang memiliki gangguan kesehatan jasmani atau rohani tak akan mampu melakukan gerakan-gerakan permainan yang optimal seperti yang diharapkan.

  1. Psikologis Mendukung

Daya pikir, perasaan yang selalu stabil, konsentrasi yang baik, kedisiplinan, kemauan tingi dan tanggung jawab yang besar merupakan bagian dari aspek psikologis yang mendukung bagi seseorang untuk menjadi seorang pemain voli terbaik dan handal.

Itulah 10 syarat menjadi pemain voli handal yang perlu untuk dipenuhi bila Anda ingin menjadi seorang pemain atau atlet voli. Tak lupa juga, tentunya untuk menjadi pemain voli juga perlu memahami cara bermain bola voli yang benar.